Skip to main content

FENOMENA - Gedung Runtuh

1.Gedung 18 Lantai di Brasil Roboh

Ilustrasi gedung runtuh. [google] Ilustrasi gedung runtuh. [google]
[SAO PAULO] Sebuah gedung berlantai 18 di Rio de Janeiro, Brasil, runtuh akibat ledakan besar yang belum diketahui asalnya. Lebih dari 10 orang diperkirakan cidera atau tewas dalam insiden itu.

Rekaman gambar televisi setempat menunjukkan reruntuhan gedung berserakan di mana-mana, sebagian menimpa mobil dan bus yang berada di sekitarnya. 

Jaringan televisi Brasil Globo News mengutip pernyataan seorang pejabat pertahanan yang mengatakan, ada 11 korban, baik yang meninggal dunia atau luka-luka. 

Gedung yang terletak di dekat alun-alun kota itu, roboh setelah sebuah ledakan keras yang memicu kepanikan di wilayah tersebut. Penyebab ledakan belum diketahui, tetapi sejumlah saksi mata mengatakan mereka mencium bau gas yang sangat menyengat. 

Sebelumnya, seorang anggota regu penyelamat mengatakan bahwa seorang pekerja bangunan terperangkap di dalam gedung. Saat ini puluhan pemadam kebakaran masih berada di lokasi. [BBC/L-8]

2.Gedung Runtuh di Yaman Tewaskan 8 Warga

Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist
SAN'A - Sebuah gedung tiga lantai runtuh dan menewaskan delapan orang yang berada di dalamnya. Runtuhnya gedung ini diduga akibat bahan peledak yang disimpan di bagian bawah gedung.

Pihak berwenang setempat hingga kini tidak mengetahui apa yang memicu bahan peledak itu bisa meledak di kota Taiz pagi ini waktu setempat. Diduga bagian bawah dari gedung tersebut digunakan oleh sindikat pemasok senjata untuk menyimpan barang dagangan mereka.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (2/3/2010), kekuatan ledakan tersebut sangat keras menerpa gedung itu. Akibatnya gedung itu pun akhirnya runtuh.

Hingga kini petugas masih terus melakukan operasi pencarian terhadap korban. Selain menewaskan delapan orang, 15 orang lain juga dikabarkan menderita luka-luka akibat akibat insiden ini.

Ledakan juga menyebabkan dua gedung lain yang berada di sekitar gedung mengalami kerusakan. Sementara penghuni dari gedung di sekitar ledakan terpaksa harus di evakuasi untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi.

3.Gedung Eks Prudential Diledakan

detail berita
Gedung Ex Prudential Houston diledakkan (Foto: AP)
HOUSTON - Sebuah gedung pencakar langit di kota Houston, Texas, Amerika Serikat dihancurkan menggunakan bahan peledak hingga runtuh berkeping-keping.

Jika di negara lain bangunan pencakar langit sedang marak dibangun, maka hal tersebut sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi pada salah satu skyscpare di Houston ini. Ternyata gedung setinggi 20 lantai tersebut sengaja dihancurkan pada bulan lalu untuk dibuat sebuah proyek bangunan baru.

Seperti dilansir dari Associated Press, Kamis (2/2/2012), bangunan yang dikenal sebagai MD Anderson Main Building yang telah berdiri sejak tahun 1952 tersebut, diledakkan menggunakan bahan peledak tingkat tinggi hingga menyebabkan gedung tersebut hancur dalam waktu sekejap.

Rencananya bekas lahan dari gedung ini akan didirikan fasilitas publik baru. Sebelumnya bangunan tersebut juga pernah menjadi gedung kampus Texas Medical Center yang resmi dibuka pada tahun 1952, kemudian Prudencial kembali menjual bangunan ini tahun 1975 kepada pihak baru, yakni MD Anderson.

Pemilik pertama The Prudential Insurance Co of America membangun bangunan seluas 46.450 meter persegi itu untuk menjadi markas regional mereka pada 1952. Kemudian, Pusat Kanker MD Anderson membeli gedung itu pada tahun 1974 sebelum mengosongkannya kembali pada April 2010 lalu.

4.Menara Kembar WTC Runtuh 
 

Setelah 9 tahun tragedi serangan teroris di gedung kembar menara WTC New York, baru baru ini foto foto detail saat momen runtuhnya menara kembar lambang kota New York itu di tunjukan kepada publik untuk kali pertama. Gedung pencakar langit yang menjulang tinggi tersebut dalam hitungan waktu singkat luluh lantak seakan tak berbekas bagai debu tertiup angin. Sulit dibayangkan sekitar 2.752 orang pria wanita, anak-anak hilang seketika musnah terbakar kobaran api yang terjadi akibat hujaman pesawat dengan muatan bahan bakar penuh tersebut.

Asap tebal membumbung melenyapkan simbol kebesaran kota New York di Manhattan




Atas permintaan ABC News demi menjunjung kebebasan pers maka akhirnya Kepolisian setempat memberikan foto-foto yang sangat dramatik tersebut dimana foto foto tersebut diambil oleh polisi dari kesatuan helikopter yang mengambil foto saat kejadian tersebut terjadi.





Terlihat di foto-foto tersebut bagaimana dasyatnya salah satu bangunan tertinggi di kota New York tersebut runtuh dan luluh lantak hilang tenggelam ditelan gumpalan asap pekat yang sangat tebal dan luas cakupannya. Begitu dasyatnya gumpalan asap tersebut hingga terlihat dari kejauhan. Mungkin ini merupakan salah satu tragedi besar bagi negara Amerika Serikat dan dunia barat.

Namun tragedi yang terjadi akibat dari tragedi itupun tidak kalah besar dan masih terjadi hingga kini, yaitu membabi butanya pemerintaan Amerika Serikat khususnya Presiden berkuasa kala itu George W Bush untuk memerangi terorisme hingga sampai saat ini secara kebijakan mereka mengakibatkan banyak prahara di Afghanistan juga Irak yang tidak berkesudahan. Bukan hanya penduduk setempat yang sangat sengsara nasibnya namun juga keluarga serdadu Amerika dan Sekutunya yang harus kehilangan suami, ayah dan anak serta saudara mereka yang tewas di medan perang, karena sampai saat ini serdadu sekutu yang tewas di medan pertempuran dari hari ke hari terus bertambah.



Yang pasti nasib ribuan bahkan jutaan bangsa di negara negara yang di intervensi oleh Amerika tersebut tidak jelas dan dalam keadaan keputusasaan yang mendalam dan berkepanjangan.

Semoga sejarah pahit kemanusiaan ini segera berakhir dengan kebesaran hati untuk menghapus dendam yang tidak berkesudahan.


5.Gedung Berlantai 20 di Rio de Janeiro Runtuh, 19 Orang Tewas

gedung pencakar langit runtuh Rio de Janeiro – Sembilan belas orang dilaporkan hilang, Kamis (26/1/2012) setelah tiga bangunan, salah satunya berlantai 20, ambruk di pusat kota Rio de Janeiro, Brazil, dan melukai lima orang lainnya.
Musibah tersebut, tampaknya disebabkan oleh masalah struktural, terjadi disaat Brazil berpacu untuk bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Musim Panas 2016. Event bergengsi itu diharapkan akan menyoroti kebangkitan ekonomi dan politik yang mulai tumbuh.
“Tiga bangunan ambruk: masing-masing gedung berlantai 10, 20 dan gedung lebih kecil berlantai tiga atau empat,” ujar walikota Rio, Eduardo Paes pada Rabu (25/1/2012) malam, memperbaharui estimasi kerusakan sebelumnya.
Menurut Paes, 19 orang yang berada di dalam bangunan itu belum pulang, sementara petugas pertolongan bersama anjing pelacak terus menyisir reruntuhan tadi. Gedung-gedung perkantoran itu sebagian besar kosong saat musibah ambruk itu terjadi pada malam hari.
Menteri Kesehatan Sousa Aguiar mengatakan, lima orang menderita luka ringan dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Insiden itu terjadi dekat teater perkotaan pada lapangan Cinelandia kota itu di lokasi bersejarah yang ramai pada siang hari tapi lengang pada malam hari.
Saksi-saksi melaporkan mendengar suara ledakan dan menggambarkan insiden tersebut mengingatkan serangan 11 September dengan tembok-tembok menjadi debu dan puing. Penyebab ambruknya gedung itu belum diketahui, tapi kemungkinan besar disebabkan “masalah struktural.”
Allesandro da Silva Fonseca, yang sempat terperangkap di elevator saat berusaha menyelamatkan diri bersama empat pekerja bangunan mengatakan, dia nyaris tersedak akibat debu.

Itulah Beberapa Gedung yang runtuh

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html