Skip to main content

10 Lagu Dangdut Paling Legendaris


Buat kamu-kamu yang skeptis duluan setelah baca judul di atas, NYUNYU persilakan kalian minggir melipir karena artikel ini khusus buat kalian yang berpikiran terbuka tidak mengotak-ngotakkan musik sesuai genrenya. Musik itu bahasa universal! Seorang anak metal sah-sah saja mendengarkan marawis dan seorang anak marawis juga sah-sah saja mendengarkan Sigur Ros, arrrriba!

Kita semua tau bahwasanya dangdut adalah warisan budaya dunia yang sudah diakui secara internasional dan berasal dari Indonesia, tentunya ini sangat mengasyikkan karena kita bisa bangga sok-sokan ke teman-teman kita yang berasal dari luar negeri (kalo punya). Namun sayangnya, NYUNYU prihatin, saat ini stigma dan stereotype musik dangdut di masyarakat sudah mengalami pergeseran ke arah negatif seperti erotis, kampungan, dan kekerasan. Ya bukan salah orang-orang juga sih, emang seniman dangdut sekarang aja yang kurang kreatif, doyannya ngejual goyangan aja, tapi kualitas musiknya dinomorduain.

Padahal kalo mau ditengok (duileh bahasanya ditengok) jauh ke belakang, banyak banget lagu dangdut yang berkualitas baik dari segi musik dan dari segi lirik. Dan padahal lagi, di dalam dangdut itu terkandung makna perubahan-perubahan sosial yang terekam dalam bentuk lagu. Bahkan kata seorang peneliti dari Universitas Pittsburgh, Amerika, Prof Andrew Weintraub, dangdut adalah media untuk menyampaikan pesan dan membentuk sikap mengenai moralitas, relasi gender, dan komunitas nasional. Canggih kan!

Oleh karena itu, NYUNYU sudah membuat daftar 10 lagu dangdut legendaris yang patut kalian dengarkan wahai anak muda. 10 lagu dangdut yang secara musikalitas meberikan nuansa etnik, ritmik, dan melodi yang membius nan aduhai. 10 lagu dangdut yang secara lirikal mampu menghadirkan suasana baru penuh ambisi bagi yang mendengarkan. Inilah dia, 10 lagu dangdut legendaris!

  1. Begadang

Kalo kalian ngaku gak tau lagu ini, bisa dibilang pergaulan kalian terlalu sempit, jarang nongkrong sama temen, dan gak pernah nginep-nginep bareng. “Begadang” adalah sebuah lagu legendaris yang diciptakan Rhoma Irama pada tahun 1973 bersama grupnya, Soneta (baca: so-ne-tah). Lagu ini berisi pesan-pesan kesehatan yang mendalam bagi kita khususnya anak muda yang hobinya begadang, yang disajikan dengan lirik sederhana dan dibawakan dengan melodi yang enak didengar bahkan dari awal lagu dimulai. Bahkan “Begadang” ini ada di urutan ke-24 dalam daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang masa versi Rolling Stone Indonesia. Jadi, buat kalian yang hobinya begadang, inget kata bang Rhoma, begadang jangan begadang, kalo tiada lawannya.

  1. Anggur Merah

Eits, mentang-mentang judulnya anggur merah, tapi lagu ini bukan lagu yang nyeritain tentang mabok-mabokkan ala anak hip hop. Ini lagunya ngisahin tentang seorang wanita yang kedahsyatan cintanya bisa memabukkan, bahkan anggur merah pun masih kalah memabukkannya. Luar biasa. Sungguh romantis nan puitis, Amboi!

  1. Sekuntum Mawar Merah

Dari judulnya kayanya udah ketauan, kalo lagu ini bercerita tentang seorang perempuan yang menerima sekuntum mawar merah pemberian pemuda idamannya. Mirip-mirip lah sama si Anyep, yang kegirangan kalo dikasih mawar merah sama Burhan. Etapi ada yang perlu diinget tentang penyanyinya, si Elvi Sukaesih. Walaupun namanya mirip-mirip, tapi Elvi Sukaesih ini gak ada hubungan darah sama Elvis Presley lho, tapi kayanya sih dia ada hubungannya sama LV, Louis Vuitton. (enggak deng, becanda).

  1. Terajana

Buat kamu yang suka sama lagu-lagu India, NYUNYU jamin lagu ini cocok dan pasti nyangkut di telinga kamu. Soalnya lagu ini kuat banget unsur etnik indianya. Bahkan lagu ini juga ngasih tau kita kalo suling itu dari bambu, dan gendang itu dari kulit lembu. Informatif abis.

  1. Kopi Dangdut

“Api asmara yang dahulu pernah membara, semakin hangat bagai ciuman yang pertama.”

Beuh, bayangin tuh, potongan liriknya aja udah kaya gitu, romantis abis! (padahal mah lanjutan liriknya tentang suasana minum kopi sambil dengerin lagu dangdut).

  1. Penasaran

Kamu merasa sulit dalam urusan percintaan? Selalu ditolak oleh sang idaman? NYUNYU punya solusinya, kamu dengerin aja lagu ini! Dijamin motivasi kamu akan bertambah dua kali lipat demi mengejar cinta sang pujaan, kejar terus kalau kamu belum bisa mendapatkan, daripada kamu nanti jadi penasaran.

  1. Jatuh Bangun

Masih dalam tema percintaan, kalo kamu merasa kamu sering dicampakkan oleh sang kekasih, dibuang begitu saja bagaikan plastik sampah sisa bungkus burger, namun kamu tetap bertahan dan tidak bergeming. Lagu ini cocok buat kamu, jatuh dan bangun dan jatuh lagi dan bangun lagi demi cinta sejati yang tak akan mati hingga akhir nanti. Merdeka! Takbir!

  1. Bunga Seroja

Lagu ini sempat populer lagi pas film Laskar Pelangi lagi booming-boomingnya, di film itu si Mahar nyanyiin lagu ini. Buat NYUNYU, lagu ini spesial karena liriknya tuh manis banget, sastra abis. Pokoknya recommended buat didengerin, apalagi buat sore-sore menuju senja. Ciamik!

  1. Ratapan Anak Tiri

Buat kamu yang perasaannya sensitif dan mudah sedih, NYUNYU saranin kamu jangan dengerin lagu ini. Soalnya mendengar lagu ini dapat mengakibatkan perubahan drastis dalam mood kamu dari ceria bisa mendadak nyungsep jadi sedih dan terharu. Ngomong-ngomong lagu ini juga banyak yang bilang selevel sama lagu Pink Floyd yang judulnya Careful With That Axe Eugene.Gloomy gloomy dark gimanaaa gitu.

  1. Cinta Sabun Mandi

“Walaupun Madonna cantik, Marylin Monroe juga cantik, tetapi bagiku lebih cantik Nyai... Kujual baju celana, itu semua demi Nyai, aku rela kerja kuli demi Nyai...”

Demikianlah 10 lagu dangdut paling legendaris menurut NYUNYU. Bagaimana dengan kamu semua, punya lagu dangdut kesukaan? Share dong!

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html