Blog Archive

Popular Posts

Friday, August 16, 2013

Tagged under:

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Tak terasa 68 Sudah Negara Kita Tercinta Indonesia telah melalui Kemerdekaannya . Namun dari 68 Tahun itu sebenarnya apa Makna yang tersirat dari Kemerdekaan kita ? 
Ini dia ulasannnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Berikut Kutipan dari Teks Proklamasi Asli Yang Ditulis Oleh Bung Karno:


Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 - 8 - '05
Wakil2 Bangsa Indonesia.

Adapun Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia Yaitu :

  1. Jika kita lihat dari sudut pandang hukum, proklamasi merupakan sebuah pernyataan yang berisi tentang keputusan Negara Indonesia untuk membuat atau menetapkan aturan hukum nasional Indonesia dan menghapus arturan hukum kolonial.
  2. Jika dilihat dari sudut pandang politik ideologis, proklamasi merupakan sebuah pernyataan negara Indonesia yang melepaskan diri dari penjajahan dan membuat atau membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka,bebas, dan berdaulat.
  3. Proklamasi juga merupakan puncak dari perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai dan memperjuangkan kemerdekaan.
  4. Proklamasi juga menjadi sebuah alat hukum internasional untuk menyatakan kepada seluruh rakyat indonesia dan seluruh dunia, bahwa Indonesia dapat mengambil nasibnya ke dalam tangannya sendiri untuk memegang seluruh hak kemerdekaan.
  5. Proklamasi merupakan sebuah lampu mercusuar yang selalu menunjukkan jalannya sebuah sejarah, memberikan inspirasi, dan banyak motivasi motivasi dari perjalanan bangsa Indonesia di segala keadaan.
Menurutku Makna sesungguhnya adalah "Jalan menuju perubahan" . Kemerdekaan adalah jalan menuju perubahan . Perubahan yang lebih baik merdeka dari kemiskinan , kebodohan dan Kelemahan . Kita Bisa Berubah , mari wujudkan Perubahan . Indonesia MERDEKA !!!


2 comments: