Skip to main content

10 Kuil Terbesar di Dunia


1. Angkor Wat

Kuil Terbesar di Dunia

10 Kuil Terbesar di Dunia - Angkor Wat yang dalam bahasa Indonesia berarti "Kota Kuil" adalah sebuah kompleks kuil yang luas yang menampilkan beberapa sisa-sisa kemegahan ibukota kekaisaran Khmer, dari abad ke-9 hingga abad ke-15 M. Di dalamnya terdapat kuil Angkor Wat yang terkenal sebagai kuil terbesar di dunia. Kuil ini terbuat dari tiga galeri persegi panjang yang naik ke sebuah menara sentral, setiap tingkat lebih tinggi dari tingkat sebelumnya. Galeri terluar kuil Angkor Wat berukuran 187 x 215 meter. Setelah ini, dua galeri berikutnya saling terhubung satu sama lain. Pada tingkat kedua, berukuran 100 x 115 meter. Galeri pusat berukuran 60 x 60 meter. Menara di atas pusatnya memiliki ketinggian 65 meter dari atas permukaan tanah.

2. Karnak

Kuil Terbesar di Dunia

Karnak adalah kompleks kuil kuno terbesar di dunia, dan merupakan pencapaian gabungan dari banyak generasi pembangun Mesir. Karnak sebenarnya terdiri dari beberapa kuil. Salah satu struktur yang paling terkenal di Karnak adalah Hypostyle Hall, sebuah aula dengan luas 5.000 m2. Sebanyak 134 kolom besar dengan ketinggian 24 meter yang disusun dalam 16 baris menopang atap kuil yang kini telah runtuh.

3. Candi Borobudur

Kuil Terbesar di Dunia

Terletak di pulau Jawa Indonesia, 40 km barat laut Yogyakarta, Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun selama beberapa periode, 75 tahun di abad ke-8 dan penyelesaiannya di abad ke-9 oleh dinasti Syailendra, dengan menggunakan kurang lebih 2 juta blok batu. Borobudur dapat dibagi menjadi tiga kelompok: dasar candi, tubuh candi, dan bagian atas candi. Dasar candi berukuran 123 x 123 meter dan dindingnya setinggi 4 meter. Luas permukaan total sekitar 2.500 m2. Tubuh candi terdiri dari 5 tingkat. Bagian atas candi adalah sebuah stupa monumental dengan kubah utama yang terletak di pusat. Kubah ini memiliki ketinggian 35 meter dari permukaan tanah.

4. Kuil Akshardham

Kuil Terbesar di Dunia

Selesai pada 2005, bangunan ini terinspirasi dan dimoderatori oleh Pramukh Swami Maharaj, pemimpin Hindu Swaminarayan saat ini. Monumen pusatnya setinggi 43 meter dan memiliki panjang 110 meter dan lebar 96 meter. Kuil ini berhiaskan dengan rincian ukiran flora, fauna, penari, musisi, dan dewa. Kuil ini dibangun seluruhnya dari batu dan pasir merah muda dari Rajasthani dan marmer Carrara dari Italia, tidak ada baja maupun beton yang digunakan untuk membangun kuil ini.

5. Sri Ranganathaswamy

Kuil Terbesar di Dunia

Didedikasikan untuk Dewa Ranganatha (bentuk Dewa Wisnu), Kuil Sri Ranganathaswamy di Srirangam adalah sebuah kuil penting yang menerima jutaan pengunjung dan peziarah setiap tahunnya. Dengan luas 156 are, Kuil Sri Ranganathaswamy adalah salah satu kuil terbesar di dunia. Bahkan, kuil ini juga merupakan kompleks kuil Hindu terbesar di dunia. Struktur kuil tertua dibuat pada abad ke-10. Ada 21 Gopurams (menara), termasuk di antaranya Rajagopuram yang merupakan kuil terbesar di India Selatan. Kuil ini memiliki tinggi 73 meter dan dibuat pada abad ke-17 dan selesai pada tahun 1987.

6. Jetavanaramaya

Kuil Terbesar di Dunia

Terletak di kota Anuradhapura, Sri Lanka, Jetavanaramaya merupakan stupa terbesar di dunia yang jika diukur berdasarkan volume. Kuil ini dibangun oleh Raja Mahasena pada abad ke-3 dan butuh 15 tahun untuk menyelesaikannya. Sekitar 93.300.000 batu bata digunakan dalam konstruksi. Dengan ketinggian 122 meter, Jetavanaramaya adalah struktur tertinggi ketiga di dunia di belakang piramida Giza pada saat bangunan ini baru selesai dibangun. Diameter kubah itu sendiri sekitar 95 meter.

7. Tikal

Kuil Terbesar di Dunia

Tikal di Guatemala adalah kota Maya terbesar yang dibangun antara tahun 200-900 M dengan perkiraan populasi antara 100.000 dan 200.000 penduduk. Tikal memiliki 6 piramida bertingkat yang sangat besar. Yang terbesar, yaitu Piramida IV, memiliki ketinggian 72 meter dan selesai dibangun sekitar tahun 720 M. Piramida IV adalah piramida terbesar yang dibangun oleh Suku Maya Maya, dan merupakan struktur pra-Columbus tertinggi di Amerika.

8. Gereja Saint Sava

Kuil Terbesar di Dunia

Gereja Saint Sava di Belgrade adalah bangunan gereja Ortodoks terbesar di dunia. Gereja ini didedikasikan untuk pendiri Gereja Ortodoks Serbia. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1985 dan sebagian besar diselesaikan pada tahun 2004. Dekorasi internal masih belum selesai hingga saat ini. Gereja ini memiliki panjang 91 meter dan lebar 81 meter. Ketinggian gereja ini adalah 70 meter dengan salib berlapis emas di atas kubah gereja setinggi 12 meter.

9. Gereja Kristus Sang Juru Selamat

Kuil Terbesar di Dunia

Salah satu bangunan paling megah dan kontroversial di Moskow, adalah Gereja Kebangkitan Kristus Sang Juru Selamat. Kuil ini hanya memiliki sejarah yang singkat namun penuh dengan gejolak. Gereja ini pada awalnya direncanakan untuk dibuat setelah kekalahan Napoleon, tetapi konstruksi tidak kunjung dimulai sampai pada tahun 1839. Pada tahun 1931, Gereja ini dihancurkan oleh Stalin untuk membuat jalan bagi sebuah Istana Soviet, namun istana tersebut sendiri akhirnya tidak jadi dibangun. Pada tahun 1990, Gereja Ortodoks Rusia mendapatkan izin untuk membangun kembali katedral. Selesai pada tahun 2000, katedral baru tetap didasarkan pada desain asli bangunannya, tapi dibangun dengan bahan bangunan yang modern. Dengan ketinggian 105 meter, bangunan ini memegang rekor untuk gereja Ortodoks tertinggi di dunia.

10. Baalbek

Kuil Terbesar di Dunia

Baalbek, yang juga sering disebut sebagai Heliopolis, adalah sebuah situs arkeologi yang terletak di Lebanon. Orang-orang Romawi membangun tiga kuil sini yaitu kuil Jupiter, kuil Bacchus dan kuil Venus. Pembangunan dimulai sejak abad ke-1 SM dan menghabiskan waktu selama dua abad. Diciptakan untuk menjadi kuil terbesar di kekaisaran Romawi, kuil Jupiter didukung oleh 54 kolom besar dari batu granit. Namun hanya 6 kolom yang sekaran ini masih tetap berdiri. Kuil yan masih dalam keadaan yang relatif baik di situs ini adalah Kuil yang dibangun pada tahun 150 M yaitu kuil Bacchus. Kuil ini memiliki panjang 69 meter dan lebar 36 meter. Dindingnya dihiasi dengan 42 kolom Korintus, dan 19 dari kolom-kolom ini masih dalam kondisi yang baik, tetap tegak dalam posisi berdiri setinggi 19 meter.

-------------------------------------------
10 Kuil Terbesar di Dunia
-------------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html