Skip to main content

5 Jalur Kereta Api Terpanjang di Dunia

Kereta api biasanya sering kali dijadikan sebagai alat transportasi yang paling favorit dikalangan masyarakat dimanapun. Selain cepat dan bebas macet alat transportasi ini memang relatif terjangkau oleh semua kalangan, meskipun hanya bisa menaiki kelas ekonomi saja.Seandainya semua kendaraan bisa memasuki jalur rel kereta api, tentunya akan terhindar dari macet parah seperti yang terjadi belakangan ini. pada jalur rel kereta api terpanjang didunia ini terdapat beberapa negara yang bisa dilewati oleh satu kereta api yang melintasi rel tersebut.
Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika kereta merupakan salah satu alat transportasi favorit masyarakat dunia. Angkutan ini kerap kali menyuguhkan pemandangan yang indah apalagi dijalur rel kereta api terpanjang didunia, sesuatu yang belum tentu mampu disuguhkan oleh alat transportasi lainnya.
Dibawah ini terdapat artikel mengenai 5 jalur rel kereta api terpanjang didunia yang dikutip dari berjambang.blogspot.com
1. Amerika Serikat – 226.427 km
Jalur rel kereta api terpanjang didunia
Di urutan pertama, hadir Amerika Serikat yang pada 2007 memiliki 226.427 Km jalur rel. Pada masa lalu, jalur kereta di Negeri Paman Sam ini pernah mencapai 408.833 Km. Umumnya, kereta api di Amerika Serikat digunakan untuk angkutan barang. Dalam hal ini, ada 650 operator kereta barang yang pada tahun 2005 tercatat telah membawa hingga 1,5 milyar Ton-Mil barang. Adapun untuk melayani masyarakat yang ingin berpergian melintasi benua, dilayani oleh Amtrak, sebuah perusahaan nasional untuk kereta penumpang. Sedangkan kereta dalam kota, hanya tersedia di beberapa lusin area metropolitan. Meskipun begitu, jalur ini tidak terhubung satu sama lain sehingga tidak bisa digunakan untuk melintasi benua Amerika.
2. Rusia – 128.000 km
Jalur rel kereta api terpanjang didunia
Jalur rel kereta api terpanjang didunia berada di urutan kedua yang dibangun pada 2006 memiliki 128 ribu Km jalur rel kereta api. Kereta api di Negara Beruang Merah ini dikelola oleh Russian Railways dan merupakan salah satu penopang perekonomian Rusia. Pada 2007, kereta api di rusia telah mengangkut 1,3 triliun penumpang dan 1,3 triliun ton barang. Pada tahun yang sama, industri kereta api rusia memiliki 19.700 lokomotif, 24.200 kereta penumpang, dan 526.900 kereta barang. Pada 2009, Rusia memiliki 86 ribu Km jalur kereta api untuk angkutan umum. Dari jumlah tersebut, setengahnya bisa dilalui oleh kereta listrik dan sebagian besar lalu lintas kereta yang 40 persen lebih di antaranya telah double-track, atau lebih.
3. China – 91.000 Km
Jalur rel kereta api terpanjang didunia
Transportasi kereta api adalah alat transportasi yang paling umum digunakan untuk perjalanan jarak jauh di China dan dikelola oleh Chinese Railway. Seluruh operasi kereta api dipegang oleh Kementerian Kereta Api yang merupakan bagian dari Dewan Negara Republik Rakyat China. Pada akhir 2010, total jangkauan jalur kereta api di Negara Tirai Bambu tersebut mencapai 91 ribu Km yang membuatnya menjadi negara ketiga jalur kereta api terpanjang di dunia. Pada 2009, Chinese Railway memiliki 603.082 kereta angkut barang, 49.355 kereta penumpang, dan 18.922 lokomotif. Dengan jumlah tersebut, terdapat 38 ribu kereta harian di China dengan 3.500 kereta penumpang di dalamnya. Pada 2008, Chinese State Council menyetujui 292 milyar Dollar Amerika untuk investasi rel kereta api hingga 2020. Ditargetkan, pada 2012 jalur kereta api negara ini mampu mencapai 110 ribu Km.
4. India – 64.215 Km
Jalur rel kereta api terpanjang didunia
Jalur rel kereta api terpanjang didunia kali ini terdapat dinegara India yang ditangani oleh organisasi yang dimiliki negara, yaitu Indian Railways. Dengan rel kereta api yang memiliki panjang hingga 64.215 Km ini, Indian Railways mengelola kereta api dengan jalur terpanjang keempat di dunia. Setiap tahunnya, Indian Railways melayani 6 milyar penumpang dan lebih dari 350 juta ton barang yang melintasi 28 negara bagian dan daerah wilayah perserikatan. Indian Railways juga memberikapelayanan terbatas untuk Nepal, Bangladesh, dan Pakistan. Jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Kereta api sendiri mulai diperkenalkan di India pada 1853 dan terus berkembang ketika Negara Hindustan tersebut meraih kemerdekaannya pada 1947.
5. Kanada – 57.216 km
Jalur rel kereta api terpanjang didunia
Kanada telah mengembangkan sistem kereta api yang baik dan besar sehingga saat ini menjadi transportasi pengangkut utama. Ada 2 perusahaan utama yang memilki sistem transportasi angkutan lintas benua, yaitu Canadian National dan Canadian Pacific Railway. Adapun layanan untuk penumpang, disediakan oleh perusahaan mahkota federal, Via Rail. Tiga kota di kanada memiliki layanan kereta api komuter, yaitu Montreal yang dikelola oleh Agence métropolitaine de transport, Toronto yang dikelola oleh GO Transit, dan Vancouver yang dikelola oleh West Coast Express. Dengan panjang jalur mencapai 57.216, Kanda merupakan negara kelima yang memiliki jalur kereta terpanjang di dunia. Adapun 129 Km jalur mampu digunakan untuk kereta api listrik.

Terselubng.in

Comments

Popular posts from this blog

Koleksi Foto Ayam Kampus Bugil Palng HOT !

Foto-foto bugil di bawah ini adalah koleksi foto telanjang ayam kampus yang hanya boleh dinikmati pria dewasa , Sangat Hot , Dan benar - benar membuai nafsu anda untuk menikmati keindahan tubuh mereka yang idah gemulai kalau liah list Foto dibawah ini anda Pasti bakalan tak berhenti untuk Bilang WOOW !!!

Bencana Alam Paling Aneh

Bencana Alam bukanlah hal yang baru. Bencana alam telah mempengaruhi jalannya sejarah sepanjang zaman, menyebabkan kelaparan, hilangnya nyawa, dan dalam kasus yang ekstrim, hancurnya seluruh peradaban. Beberapa bencana alam dirasa cukup aneh oleh manusia baik itu dalam skalanya yang luarbiasa besar ataupun karena jenis bencana tersebut baru diketahui oleh manusia. Ya, kata aneh disini dikarenakan terjadinya diluarkebiasaan atau baru terjadi atau belum/tidak pernah ada bencana seperti itu sebelumnya yang diketahui.


Danau Nyos, Kamerun, 1986

Dokter dan ilmuwan bingung ketika pada bulan Agustus 1986 hampir 1.800 orang ditemukan tewas, serta ribuan ternak dan binatang liar. Tubuh mereka tidak menunjukkan tanda-tanda trauma lahiriah, penyakit, atau racun yang dapat menyebabkan kematian. Dengan bantuan dari para ilmuwan dari seluruh dunia, ditetapkan bahwa danau setempat yang bernama danau Nyos yang terbentuk di kawah gunung berapi punah adalah penyebab yang paling mungkin dari kematian ri…

7 Fakta yang Menghebohkan Sepanjang 2015

Kejadian apa sajakah yang ada di balik tahun 2015 ? yuk simak faktanya disini faktanomena

7 fakta terpopuler yang menghebohkan sepanjang 2015


akta paling populer di tahun 2015 sangat menghebohkan merupakan fakta paling hot dan fakta terpopuler yang paling menghebohkan warga indonesia sejak januari sampai sekarang dibawah ini faktanya di rangkum oleh rajawow.com
7 fakta terpopuler yang menghebohkan sepanjang 2015
1.AHOK vs DPrd ketegangan antara gubernur DKI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menyebabkan adu argumen anatara kedua belah pihak saling menguak seperti ahok berusaha membongkar sisi kecurangan DPRD kepada rakyat indonesia begitu juga DPRD tidak hanya duduk diam atas serangan AHOK yang selalu blak-blakan berbicara dihadapan publik,DPRD mengambil andil dan menyerang AHOK serta membungkam kembali mulut AHOK yang suka ceplas-ceplos logat bahasanya tidak hanya berhenti disitu saja wakil presiden RI pun ikut turun tangan menegur AHOK agar berbicara secara sopan dan sant…