Skip to main content

7 Iklan Yang Membodohi Masyarakat Indonesia

1. XL 14th anniversary versi "I Love Ibu"

Sinopsis : Seorang anak digambarkan lagi loncat-loncat di depan sebuah rak yang isinya banyak barang, termasuk barang pecah belah, berusaha untuk mengambil sebuah bola. Sang ibu yang sedang asik nelpon tampak tidak peduli dan hanya sekali memperingati anaknya. Si anak akhirnya mengambil crayon dan buku gambar. Ibu yang masih sibuk dengan HP nya (mungkin dapat telpon dari presiden makanya penting banget kayaknya. Mungkin lho...) hanya membantu buka-buku gambar anaknya dengan 1 tangan sambil terus asik ketawa-ketawa, tidak peduli pada apa yang dilakukan anaknya. Muncul slogan "nelpon santai...biarkan anak bermain" (atau seperti itulah kira-kira).

Pembodohan : Ibu gila! Anak loncat-loncat, bahkan hampir manjat rak berisi barang-barang, dia cuek aja, sibuk nelpon. Apa yang diharapkan sama iklan ini? Mau menggambarkan kalo ibu-ibu yang cuek sama anaknya karena keasikan nelpon itu baik? Inget, gak ada anak nyemplung di air mendidih, jatuh dari lantai atas, ketabrak mobil, dll karena ortunya sibuk dengan HP?


2. Biore

Sinopsis : Seorang cewek yang sebenarnya cantik, dengan baju ala grunge, bebaju lapis flanel dengan kaus sebagai dalaman, celana jeans dan berkacamata tebal, tampak bingung. Ia kemudian memotong rambutnya, mengganti bajunya dengan baju yang lebih "girlie" berwarna pink, copot kacamata (entah pake contact lens ato mendadak jadi buta demi gaya). Ia kemudian mandi dengan Biore trus jalan-jalan dengan teman-temannya, tampak bahagia dan tidak lagi bingung. Slogannya, "senangnya jadi diri sendiri".

Pembodohan : Slogan yang ironis...di iklan itu digambarkan bahwa bergaya grunge, berkacamata tebal, sedikit cuek, itu "gak bagus". Ente, para perempuan, harus muncul dengan gaya standar yang ngikutin mode, "girlie", baju pink agar diterima dalam pergaulan. Gimana mau jadi diri sendiri kalo begini?


3. Produk-produk perawatan rambut (hampir semuanya!)

Pembodohan : perhatikan iklan-iklan perawatan rambut. Ada berapa yang menampilkan perempuan-perempuan berambut keriting? Kalopun ada, berarti ane harus lbh sering meratiin iklan. Iklan perawatan rambut berkampanye bahwa rambut yang bagus itu adalah rambut lurus. Lalu bagaimana dgn, misalnya, saudari-saudari kita dari Papua? Apa mereka harus ngelurusin rambut biar "cantik"?


4. Produk-produk perawatan kulit

Pembodohan : Situasinya hampir sama dengan iklan perawatan rambut, iklan-iklan perawatan kulit berkampanye bahwa kulit yang cantik itu adalah kulit yang putih. Putihnya pun harus mulus seperti tembok, gak boleh ada titik hitam atau jerawat sebintik pun. Padahal kulit orang melayu kan memang tidak ada yang putih tapi sawo matang yang berarti coklat. Jerawat pun, selama belum jadi infeksi, adalah hal wajar di daerah tropis seperti Indonesia. Sama dengan pertanyaan di atas : bagaimana dengan saudari-saudari dari Papua yang berkulit hitam? tidak adakah orang Papua yang cantik kalau begitu? Atau saudari-saudari kita yang karena kelainan hormonal berjerawat banyak? Gak cantikkah dia?


5. Teangin Cap Badak
Sinopsis : Seorang dokter cantik nan ternama sedang memberi kuliah atau ceramah tentang masuk angin. Tiba-tiba seorang peserta kuliah tampak kuyu dan lemas. Sang dokter langsung memberikan Teangin Cap Badak untuk mengobati masuk angin si peserta. Tiba-tiba orang itu, seorang perempuan, bersendawa keras sekali, disambut tawa teman-temannya. Iklan ditutup dengan bunyi sendawa lagi.

Pembodohan : Sendawa sembarangan, sama dengan kentut, adalah kebiasaan yang menjijikkan. Iklan ini mengkampanyekan bahwa sendawa sembarangan itu bukan hanya normal, tapi bahkan lucu.


6. Semua iklan sepeda motor

Pembodohan : Satu hal yang dibanggakan oleh semua iklan motor adalah jago ngebut. Terlihat dari slogan-slogannya, ada yang "yang lain makin ketinggalan" atau "***** semakin terdepan". Bahkan ada yang pake pembalap internasional sebagai model, ada yang digambarkan kalau motornya lewat, semua orang kocar-kacir, bajunya sobek-sobek, yang bawa motor sampe melayang-layang saking cepatnya ngebut. Ini secara sadar atau tidak, mengajak pengendara motor untuk kebut-kebutan, gak tau aturan, nyetir kayak valentino Rossi lagi balapan. Padahal jalanan di negeri ini gak memungkinkan untuk itu. Bukankah lebih baik kalo kampanye tertib lalu lintas saja?


7. Rexona

Sinopsis : 2 orang cewek cakep lagi naik mobil. Tiba-tiba bannya pecah. Mereka turun dari mobil, tapi bukannya berusaha ganti ban, malah berusaha minta tolong orang-orang yang lewat dengan cara angkat tangan tinggi-tinggi. Cewek yang 1 keteknya hitam. Dia malu-malu angkat tangan. Cewek yang lain keteknya putih (dibikin pake potosop). Dia bisa angkat tangan dengan sepenuh hati. Akibatnya banyak mobil berhenti dan pengemudinya, semuanya laki-laki bberebut untuk menolong.

Pembodohan : Di iklan ini dikampanyekan bahwa cewek gak mesti bisa ganti ban sendiri. Manfaatkanlah kecantikan anda untuk minta bantuan, karena semua orang ingin membantu cewek cantik (kalo jelek, nanti dulu!). Padahal bukannya kaum perempuan lagi sibuk berjuang untuk persamaan? Gimana mau bicara persamaan kalo ganti ban aja gak bisa?!

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5492914

Comments

Popular posts from this blog

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html

10 Merek Laptop Kualitas Terbaik 2013

Arena-muda.blogspot.com  -  Daftar Top 10 Brand / Merek Laptop Terbaik 2013 Seperti yang kita ketahui bahwa ada sangat banyak merek laptop yang beredar di pasaran, dan beberapa yang merajai pasar indonesia di antaranya adalah laptop dengan merek  Asus, Acer, Toshiba dan Lenovo . Namun yang akan kita bahas di sini bukanlah merek terpopuler di indonesia melainkan merek dengan kualitas terbaik di dunia, dan berikut ini adalah daftar  10 Brand / Merek Laptop dengan kualitas terbaik di tahun 2013 : 10. Micro-Star International   Micro-Star International di kenal juga dengan nama MSI dan merupakan salah satu merek yang mulai meredup sinarnya belakangan ini. MSI telah memproduksi perangkat keras komputer, notebook dan laptop sejak 1986 dan merupakan salah satu produsen IT terbesar di dunia. Sekarang MSI tidak memiliki banyak model laptop seperti pesaing lainnya, tetapi produk laptop dari MSI masih tetap menjadi salah satu yang terbaik terutama untuk...

10 Budaya Indonesia yang Diakui Malaysia

Sungguh sangat Menyakitkan hati bangsa indonesia atas ulah negeri tetangga yang telah banyak meng klaim budaya-budaya indonesia,mengapa negara tetangga tersebut begitu leluasa meng klaim budaya kita?apakah karena kita terlihat begitu lemah??mengutip perkataan bapak jero wacik selaku menteri budaya dan pariwisata sore tadi yang mengatakan bahwa "Kita adalah negara kaya kebudayaan,sedangkan negara tetangga miskin kebudayaan,makanya dia berusaha untuk memiliki sebagian kebudayaan tersebut"..sepertinya kok tenang-tenang saja dan cenderung pasrah begitu saja budaya kita dicomot dan di injak2 oleh negara tetangga.sungguh sangat ironis sekali,padahal yang namanya budaya itu adalah smbol suatu negara,jikalau budaya kita sudah dipermainkan serta di klaim,itu sama saja menginjak2 harga diri bangsa indonesia...dari semua budaya yang di klaim malaysia,saya menulis 10 besar yang telah di klaim .... 1.Batik   Klaim Malaysia atas batik sangat meresahkan perajin batik Indonesia. Bangsa ini h...