Skip to main content

5 Pelarian Penjara Paling Menggemparkan Dunia


Kisah narapidana ataupun tawanan melarikan diri bukanlah sesuatu yang baru, karena terjadi di banyak penjara di berbagai belahan dunia. Berikut 5 peristiwa pelarian penjara di dunia, dikutip dari unikgaul.com

1. John Dillinger

Peristiwa pelarian yang pertama ini dilakoni oleh sosok gangster yang ditakuti di Chicago, Amerika Serikat, John Dillinger. Seperti yang tercatat dalam sejarah Amerika Serikat, John Dillinger dijebloskan ke dalam penjara pada 3 Maret 1934 akibat melakukan aksi pembunuhan. Dillinger yang mendekam di penjara sembari menanti sidang pengadilan dilaksanakan, ternyata telah merencanakan untuk melarikan diri.
Dillinger yang dikenal pintar dan cerdik, menggunakan kayu yang digunakan untuk menodong sipir penjara. Karena ancamannya meyakinkan, sehingga sipir itu percaya bahwa pistol yang digunakan Dillinger adalah senjata sungguhan. Sang legenda gangster pun berhasil keluar dari selnya, dan mencuri dua senapan mesin, menyekap sipir, serta mencuri mobil milik sherif.

2. Sobibor

Sobibor merupakan penjara milik pemerintah Nazi Jerman yang ada di Sobibor, Polandia. Pada 14 Oktober 1943 di dalam Penjara Sobibor terjadi sebuah pemberontakan yang menyebabkan banyak sipir yang meninggal dunia dan 300 tahanan berhasil melarikan diri. Meski demikian sebanyak 100 tahanan berhasil ditangkap kembali dan sisanya dipastikan tidak bertahan lama di dalam situasi peperangan saat itu.
Berdasarkan bukti yang ditemukan oleh ahli arkeologi, para tahanan berhasil membuat lubang bawah tanah di kamp penjara Sobibor. Meskipun para ahli tersebut mengungkapkan bahwa saluran itu tidak pernah digunakan, karena para penjaga berhasil mengetahui keberadaan lubang tersebut.

3. Pelarian di Penjara Kandahar, Pakistan

Lebih dari 500 tahanan taliban berhasil melarikan diri dari Penjara Kandahar pada April 2011. Berdasarkan thedailybeast, mereka melarikan diri dengan cara merangkak di dalam sebuah terowongan bawah tanah sepanjang 400 meter yang berakhir di sebuah jalan di luar komplek penjara. Uniknya peristiwa ini tidak diketahui oleh para sipir penjara, para tahanan mulai melakukan aksinya pada jam 11 malam.Hingga jam 7:30 pagi para sipir baru menyadari bahwa para tahanan Thaliban telah melarikan diri.
Padahal tiga tahun sebelumnya pun sebanyak ratusan tahanan dibebaskan dari penjara Kandahar ketika pihak Taliban menghancurkan fasilitas penjara.

4. Pelarian Kamp Stalag Luft III 

Pada akhir Maret 1944, sebanyak 80 prajurit sekutu yang menjadi tahanan di penjara Stalag Luft III, berhasil melarikan diri melalaui terowongan bawah tanah. Namun 23 dari mereka berhasil ditangkap kembali, sementara lima diantaranya pun ditembak mati atas perintah Adolf Hitler. Dan hanya tiga tahanan yang berhasil dan selamat, mereka adalah prajurit British Royal Air Force.

5. Pelarian Penjara Libby

Peristiwa pelarian satu ini merupakan yang terkenal di dalam sejarah Perang Sipil di Amerika Serikat. Pelarian 109 tentara Union yang ditahan di Penjara Libby di Richmond, Virginia. Para tentara Union berhasil membuat terowongan bawah tanah yang berakhir di sebuah perkebunan tembakau. Sebanyak 60 berhasil melarikan diri, sementara 48 serdadu Union lainnya berhasil ditangkap. Dua orang dinyatakan tewas tenggal di sungai dekat penjara. (terselubung.in)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Koleksi Foto Ayam Kampus Bugil Palng HOT !

Foto-foto bugil di bawah ini adalah koleksi foto telanjang ayam kampus yang hanya boleh dinikmati pria dewasa , Sangat Hot , Dan benar - benar membuai nafsu anda untuk menikmati keindahan tubuh mereka yang idah gemulai kalau liah list Foto dibawah ini anda Pasti bakalan tak berhenti untuk Bilang WOOW !!!

Bencana Alam Paling Aneh

Bencana Alam bukanlah hal yang baru. Bencana alam telah mempengaruhi jalannya sejarah sepanjang zaman, menyebabkan kelaparan, hilangnya nyawa, dan dalam kasus yang ekstrim, hancurnya seluruh peradaban. Beberapa bencana alam dirasa cukup aneh oleh manusia baik itu dalam skalanya yang luarbiasa besar ataupun karena jenis bencana tersebut baru diketahui oleh manusia. Ya, kata aneh disini dikarenakan terjadinya diluarkebiasaan atau baru terjadi atau belum/tidak pernah ada bencana seperti itu sebelumnya yang diketahui.


Danau Nyos, Kamerun, 1986

Dokter dan ilmuwan bingung ketika pada bulan Agustus 1986 hampir 1.800 orang ditemukan tewas, serta ribuan ternak dan binatang liar. Tubuh mereka tidak menunjukkan tanda-tanda trauma lahiriah, penyakit, atau racun yang dapat menyebabkan kematian. Dengan bantuan dari para ilmuwan dari seluruh dunia, ditetapkan bahwa danau setempat yang bernama danau Nyos yang terbentuk di kawah gunung berapi punah adalah penyebab yang paling mungkin dari kematian ri…

7 Fakta yang Menghebohkan Sepanjang 2015

Kejadian apa sajakah yang ada di balik tahun 2015 ? yuk simak faktanya disini faktanomena

7 fakta terpopuler yang menghebohkan sepanjang 2015


akta paling populer di tahun 2015 sangat menghebohkan merupakan fakta paling hot dan fakta terpopuler yang paling menghebohkan warga indonesia sejak januari sampai sekarang dibawah ini faktanya di rangkum oleh rajawow.com
7 fakta terpopuler yang menghebohkan sepanjang 2015
1.AHOK vs DPrd ketegangan antara gubernur DKI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menyebabkan adu argumen anatara kedua belah pihak saling menguak seperti ahok berusaha membongkar sisi kecurangan DPRD kepada rakyat indonesia begitu juga DPRD tidak hanya duduk diam atas serangan AHOK yang selalu blak-blakan berbicara dihadapan publik,DPRD mengambil andil dan menyerang AHOK serta membungkam kembali mulut AHOK yang suka ceplas-ceplos logat bahasanya tidak hanya berhenti disitu saja wakil presiden RI pun ikut turun tangan menegur AHOK agar berbicara secara sopan dan sant…