Skip to main content

FAKTA - Batik


11 Fakta Tentang Batik!

Selamat Hari Batik! Everyone loves batik, isn’t it..? Agar tak sekadar memakai ini dia 11 fakta tentang batik!
  1. Batik berasal dari kata ’’amba’’ dalam Bahasa Jawa yang artinya Menulis, dan kata ’’nitik’’ yang artinya titik. Dalam bahasa Inggris pengertian Batik dimaknai sebagai Hand Dyeing atau pewarnaan dengan tangan.
  2. Ada 51.100.000 hasil pencarian kata ’’Batik’’ di Google dalam Bahasa Inggris, dan 12.500.000 hasil pencarian kata ’’Batik’’ di Google berbahasa Indonesia.
  3. 2 Oktober 2009 menjadi hari ditetapkannya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. pengakuan ini meliputi keseluruhan teknik membatik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya terkait.
  4. Sepuluh dari 11 proses pembuatan batik selalu diawali dengan kata N. Dimulai dari Nyungging (membuat pola motif batik di kertas), Njaplak (memindahkan pola dari kertas ke kain), Nglowong (melekatkan malam di kain dengan canting sesuai garis pola), Ngiseni (memberi motif isian atau isen-isen pada motif yang sudah dilekatkan dengan malam), Nyolet ( mewarnai motif bunga atau burung dengan kuas), Mopok (menutup bagian yang dicolet dengan malam. Tahap ini diiringi dengan nembok atau menutup bagian dasar kain yang tidak perlu diwarna), Ngelir (melakukan proses pewarnaan kain secara menyeluruh), Nglorod (merupkan proses pembilasan yang dilakukan dua tahap. Di pertengahan dan akhir. Caranya dengan merendam kain di air mendidih), Ngrentesi (memberikan titik menggunakan canting berjarum tipis), Nyumri (menutup bagian tertentu dengan malam), Nyoja (mencelupkan kain dengan warna coklat atau sogan. Seperti cirikhas batik Jogja dan Solo).
  5. Sehelai kain batik tulis ukuran 2,5 meter diselesaikan dalam tiga bulan. Semakin unik motif dan warnanya, semakin bernilai koleksi batik tersebut.
  6. Batik saat ini dibedakan menjadi dua. Batik tradisional dan Batik moderen. Pada batik tradisional masih menggunakan motif berfilosofis yang umumnya mencerminkan daerah pembuatan. Sedangkan motif batik moderen tidak bermakna simbolik dan cenderung berwarna bebas seperti ungu, biru, kuning, dsb. Untuk batik tradisional cenderung berwarna gelap, putih, atau coklat kehitaman.
  7. Hingga kini digelar lebih dari 10 festival batik setiap tahun. Mulai Festival Batik Nusantara, Festival Batik Solo, Festival Batik Pekalongan, Festival Batik Semarang, Festival Batik Jawa Timur, Festival Batik Jawa Barat, Festival Batik Kontemporer, Festival Batik Nasional, Pekan Batik Nasional, Pekan Batik Internasional, dan Indonesia World Batik Summit.
  8. Berdasarkan teknik pembuatannya batik dibedakan menjadi tiga : Batik Tulis, Batik Cap dengan pembuatan 3-4 hari, dan Batik Lukis.
  9. Solo dan Pekalongan jadi kota di Indonesia yang konsisten menggelar acara batik, mulai dari mengadakanFestival Batik SoloKarnaval Batik Solo, Festival Batik Cina.
  10. F.A. Sutjipto (arkeolog Indonesia) percaya tradisi membatik juga dimiliki daerah seperti TorajaFlores,Halmahera, dan Papua.
  11. Beberapa artis Hollywood dan tokoh publik Amerika yang ikut mengenakan batik di acara penting seperti Bill Gates, Jessica Alba, dan Adam Clayton (bassist U2) saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat. Jessica mengenakan batik saat menghadiri red carpet Step-Up’s Fourth Annual Fashion Forward Luncheon. Motif batik yang dia gunakan adalah motif Parang Rusak yang dia pakai khas Jogjakarta.

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html