Wednesday, November 14, 2012

FAKTA - Amerika Serikat Tak Layak Disebut Negara Adikuasa

// // Leave a Comment

25 Fakta Amerika Serikat Tak Layak Disebut Negara Adikuasa


Jurnaldunia.com - Posisi Amerika Serikat (AS) sebagai negara terbesar sekaligus Adikuasa di dunia mulai dipertanyakan. Krisis keuangan dan dampak ikutannya yang belum reda membuat posisi Negara Paman Sam itu tampaknya mulai goyah di kancah internasional.

Dalam sebuah tayangan wawancara The Newsroom, penulis naskah ternama AS, Aaron Sorkin, sempat menyinggung bagaimana AS sebetulnya sudah tak layak menyandang gelar negara terhebat di dunia.

Dikutip dari laman businessinsider, setidaknya terdapat 25 fakta terbaru yang menggambarkan posisi AS dalam percaturan internasional.

Berikut adalah 25 fakta yang menunjukkan AS tak layak menyandang predikat negara Adikuasa:

1. Laporan Doing Business Bank Dunia menunjukkan AS berada pada posisi 13 dalam urusan kemudahan mengawali bisnis.

2. Data Reporters Without Border memperlihatkan AS hanya menempati posisi ke-47 dunia dalam hal kebebasan pers.

3. Untuk urusan perdagangan internasional, Bank Dunia dalam laporan Doing Business, menempatkan AS pada posisi 20 dunia.

4. Dalam urusan kemampuan membayar utang, AS berada pada posisi 15 dunia.

5. The Heritage Foundation dan Wall Street Journal menempatkan AS pada posisi ke-10 dunia dalam hal kebebasan ekonomi.

6. AS hanya menempati posisi ke-25 di antara 43 negara berkembang yang dianggap layak menjadi tempat bagi seorang ibu. Data ini dikeluarkan oleh organisasi Save The Children.

7. Untuk urusan kebahagiaan, Columbia University's Earth Institute menempatkan AS di posisi 11 dunia sebagai negara yang dianggap paling bahagia.

8. Saat ini, terdapat 21 negara terbaik dibandingkan AS dalam upaya pemberantasan korupsi. Data dikeluarkan Heritage.org.

9. Transparency.org menempatkan AS pada posisi 24 dunia dalam hal persepsi kejujuran.

10. CIA World Factbook menemukan fakta bahwa AS berada di posisi ke-24 dunia untuk urusan ketidakseimbangan pendapatan masyarakat.

11. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringkat ke-89 bagi AS untuk urusan banyaknya anak-anak di negara itu yang memperoleh vaksinasi hepatitis B.

12. Tak disangka, untuk urusan harapan hidup bayi, AS ternyata berada di posisi 47 dunia. Data ini dikeluarkan oleh CIA World Factbook.

13. Ingin hidup lebih lama, jangan tinggal di AS. Negara ini hanya berada di posisi 50 dunia untuk urusan usia harapan hidup.

14. Di bidang ekonomi, rata-rata tingkat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) ternyata hanya ada di posisi 169 dunia dari 216 negara.

15. PDB per kapita masyarakat AS hanya mampu berada di posisi ke-12 dunia, di belakang Qatar dan Liechtenstein.

0 comments:

Post a Comment