Skip to main content

10 Tips Sederhana Membuat Blog Profesional



10 Tips Sederhana Membuat Blog Profesional - Membuat blog tampil profesional, gimana caranya ? Apakah kita harus menambah banyak widget dan aksesoris pada blog kita? Atau memasang banyak iklan supaya pengunjung merasa blog kita ramai pengunjung? Tentu saja belum. Kebanyakan orang suka blog yang simpel dan ringan dimuat. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus anda hindari jika ingin membuat tampilan blog lebih profesional. Apa sajakah? Langsung saja kita simak yang berikut ini 

1. Lakukan pengecekan pada blog 
Ceklah blog anda untuk memastikan bahwa blog anda bisa dimuat di mana saja. Seperti pengecekan di berbagai browser, OS, ponsel, dan beberapa jenis kecepatan internet. Pastikan jika blog anda dimuat dengan sempurna di semua flatform. Blog saya telah saya cek di Mozilla Firefox, IE8, IE9, Google Chrome, Opera, Opera Mini, Safari, berbagai warnet, MacOS, dan berbagai smartphone. Hasilnya? Semuanya memuat blog saya dengan sempurna hanya saja jika dibuka melalui smartphone maka akan muncul blog versi mobile saya.

2. Memilih warna yang tepat untuk blog 
Sesuaikan warna dengan tema blog anda. Misalnya, warna hijau lebih tepat untuk blog bertema penghijauan atau tanaman hias. Warna hitam lebih tepat untuk blog tentang crack atau hacking. Tapi, jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok dan membuat tulisan susah terbaca. Itu membuat pembaca anda pergi karena sakit matanya saat melihat blog anda.

3. Aturan memasang widget 
Memasang widget dalam rangka mempercantik blog memang sangat menyenangkan. Tapi sebaiknya pasang sesuai kebutuhan supaya tidak malah menjadi ‘senjata makan tuan’ seperti blog anda menjadi semakin berat untuk dimuat maupun pengunjung menjadi takut. Salah satunya adalah widget waktu, penghitung jumlah pengunjung, widget streaming lagu, dan pelacak IP pengunjung. Jangan juga memasang widget yang tidak ada hubungannya dengan tema blog anda. Pasanglah widget sesuai kebutuhan anda dan pembaca blog anda.

4. Teknik memasang iklan pada blog 
Iklan adalah salah satu hasil pemasukan dalam blog kita. Memang jika blog kita terdapat iklan, maka pengunjung merasa blog ini berkualitas dan memiliki banyak pengunjung. Namun jika anda memasang iklan dengan berlebihan ditambah penempatannya yang kurang tepat malah membuat pengunjung kesal karena merasa terganggu dan loading blog anda berat. 

Hindari juga menulis kalimat yang bersifat memelas pengunjung untuk mengklik iklan yang terdapat di blog kita (biasanya dilakukan oleh blog yang menggunakan layanan iklan PPC). Tidak ada orang di dunia ini yang suka diperintah. Lagipula mereka bakal mengklik iklan jika mereka tertarik dengan iklan itu dan tahukah anda bahwa para pemasang iklan telah memikirkan baik-baik bagaimana caranya supaya iklannya mau diklik pengunjung.

5. Jangan hanya copy paste 
Sebenarnya boleh-boleh saja sih asal anda tahu etika copas seperti mencantumkan sumbernya dan memperbaiki kesalahan dalam artikel tersebut. Biasanya orang terpaksa copas karena tidak memiliki ide untuk membuat artikel baru.

6. Tanda baca 
Perhatikan juga tanda baca dalam artikel. Ini adalah salah satu yang terpenting. Karena jika salah penempatan atau tidak mengisi tanda baca saja artinya bisa berbeda.Contohnya: 
"Kemarin aku dengar kabar burung, Si Ucok Putus yah?"
"Kemarin aku dengar kabar, Burung Si Ucok Putus yah?"
Arti dari suatu kalimat bisa berubah hanya karena salah penempatan tanda koma.

7. Periksa dead link 
Link yang rusak atau tidak bisa dibuka sangat tidak disukai pembaca maupun search engine. Maka dari itu, periksalah semua link secara rutin. Ada banyak tools yang bisa melakukan hal ini. Anda dapat mencari tools ini di Google. 

8. Cara merespon komentar yang baik 
Respon semua komentar dengan bijak(jika bisa lakukan dengan cepat/segera). Walaupun itu berupa saran, kritik, apalagi pertanyaan. Itu akan menunjukkan sikap profesional anda dan blog anda.

9. Jangan sampai terisolasi 
Jangan sampai satupun artikel di blog anda yang terisolasi atau sulit ditemukan. Itu hanyalah membuat reputasi semakin buruk di mata search engine. Buatlah mereka terjangkau dengan membuat Sitemap (Daftar Isi) atau buat widget Related Post (Artikel Terkait).

10. Rutin update 
Blog yang berkualitas adalah blog yang artikelnya rutin diupdate. Ya setidaknya seminggu sekali diupdate. Search engine dan pelanggan setia blog anda akan senang jika blog anda rajin update.Seperti blog ini yang selalu update setiap hari dengan artikel menarik yang disukai pengunjung.

Read more: http://berbagi-10.blogspot.com/2012/12/10-tips-sederhana-membuat-blog-profesional.html#ixzz2OKeP5IZ1

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html