Skip to main content

8 Macam Naga Dari Berbagai Belahan Dunia


Seri Makhluk Legenda- Naga - Part 1
MBDC bikin seri baru lagi nih. Yang satu ini adalah pecahan seri pengetahuan umum yang tentang mitologi dunia. Nah kali ini MBDC pengen membahas mengenai makhluk-makhluk legendaris yang ada dalam setiap peradaban. Kita mulai dari Naga ya. Kenapa? Karena dia yang paling tenar aja. Nah jadi, Naga ini cukup populer lah. Dia banyak tersebut di sejarah-sejarah kuno, misalnya aja:

1.Naga Eropa

Di Eropa, ada banyak naga yang diceritakan. Ada FafnirLindworms dalam mitologi nordik. Terus ada juga red dragon dan white dragon dalam mitologi celtik yang merupakan simbol peperangan antara britons dan saxon. Di mitologi slavic juga ada, paling banyak malah. Di Bulgaria, Rusia dan sekitarnya ini, banyak cerita yang mengisahkan naga selama berabad-abad menguasai manusia sampai akhirnya dibantai oleh seorang bocah. Seru deh ceritanya, ntar kapan-kapan kita ceritain. Naga dalam mitologi Eropa memang banyak disebutkan sebagai makhluk yang sangat. Mereka tinggal di gua-gua dan atau menjaga kastil-kastil yang berisi harta berharga. Karena itu banyak sekali bertebaran kisah-kisah tentang dragon-slayer dalam mitologi ini. Kalau bentuknya sih nyaris sama, ular raksasa yang berkaki, bertaring, dan bersayap. Campuran antara ular, serigala dan euh kelelawar? Soalnya sayapnya kan gak kayak sayap burung. Mereka juga mengeluarkan api dan taring mereka sangatlah berbisa, ada juga yang menyebutkan naga bisa melumpuhkan kalau kita menatap langsung ke matanya. Kayak Medusa gitu lah.

2.Naga Persia

Dalam kitab Zarathustra (agama kuno di Persia) ada disebutkan juga nih sosok makhluk yang mewakili segala hal jahat. Disebutnya Dahag atau Azi Dahaka yang berarti ular raksasa atau naga. Nah cuman nih, di beberapa literatur ada yang bilang kalo Azi Dahaka ini adalah seorang raja yang lalim. Tapi di literatur lainnya yang lebih kuno lagi, disebutkan bahwa Dahag adalah ular raksasa tapi kecerdasan dan sifatnya sangat manusia sekali, kayak misalnya dia bisa memerintah kerajaan, punya banyak selir, berperang dan sebagainya. Entahlah. Tapi pokoknya sosok ular naga ada disebutkan dalam peradaban persia. Gitu. Mungkin kayak si Jafar dalam cerita Aladin kali ya? Dia bisa berubah jadi naga gitu.

3.Naga Yahudi

Di peradaban dan kebudayaan Yahudi juga disebutkan nih tentang sosok ular raksasa yang diciptakan Tuhan dan bersemayam di dalam lautan. Disebutnya Nachash. Fungsinya ngapain tuh naga di dalam laut sih kita belum ngulik lagi, hahaha. Mungkin untuk dibangkitkan pas kiamat. Naga juga disebut-sebut dalam konstelasi bintang kuno Yahudi, sebagai penunjuk arah kutub.
Seri-Makhluk-Legenda--Naga---part-2
Holaa, balik lagi di seri makhluk legenda yang sedang membahas mengenai naga. Nah, kalo kemarennya kita udah membahas mengenai naga-naga di dunia barat, sesuai janji kali ini gantian yang kita bahas adalah naga-naga di kebudayaan dan peradaban timur. Sudah siap? Nah jadi:

4.Naga Cina

Berbeda dengan naga dalam mitologi Eropa yang digambarkan sebagai makhluk yang jahat, naga Cina justru sebaliknya. Naga dalam kebudayaan Cina adalah makhluk suci yang sangat dihormati dan merupakan perlambang dari kekuasaan, kekuatan dan nasib baik. Dalam terminologi Yin dan Yang, naga adalah Yin yang melengkapi Yang, yang disimbolkan dengan Phoenix. Naga juga merupakan simbol dari kerajaan Cina. Kayak misalnya Serigala itu lambang Mongols, sedangkan Monyet merupakan lambang dari Tibet.  Bentuk dari naga Cina ini mirip-mirip sama naga Eropa, cuma kadang-kadang ada beberapa ilustrasi yang menggambarkan naga Cina bertanduk dan berkumis. Bentuknya juga lebih ular memanjang dibandingkan naga Eropa yang seperti hewan vetebrata berkaki empat dan memiliki sayap.

5.Naga India

Pada era vedic dalam kebudayaan India kuno, naga ada disebut dalam mitologi mereka. Bentuknya agak berbeda dengan naga Eropa dan Cina. Naga India adalah ular raksasa biasa dan ada juga yang berbentuk ular cobra. Naga dalam kebudayaan India kadang-kadang adalah perwujudan dari para dewa yang sedang turun ke bumi. Sifatnya tergantung keperluan si dewa, bisa jahat, bisa juga membantu manusia.

6.Naga Jepang

Sebeneranya naga Jepang gak terlalu berbeda dengan naga Cina dan Korea, mungkin karena mereka juga masih dari rumpun yang sama. Di Jepang namanya Tatsu, dianggap memiliki kekuatan spiritual yang agung, tinggal di danau pada musim semi. Konon kalau bisa mengumpulkan 9 bola naga secara utuh maka sang naga akan muncul dan mengabulkan permohonan. Haha.

7.Naga Vietnam

Seperti naga Cina, naga Vietnam juga menyimbolkan kekuatan dan rejeki yang bagus. Karena katanya hujan itu adalah kuasa dari para naga. Nah mitologi setempat juga menyebutkan bahwa naga adalah nenek moyang dari orang-orang vietnam. Eh tapi, para ahli sejarah meragukan referensi naga Vietnam ini, karena konon segala bentuk mitologi asli Vietnam dari dinasti Nguyen sudah di-Sinicization semua. Apa ya itu bahasa Indonesianya? Cinaisasi? Jadi pokoknya semua aspek peradaban dari mulai ekonomi, hukum, makanan, industri, bahasa bahkan sampai kebudayaan sudah disamakan semua dengan budaya Cina. Tapi konon bentuk asli naga Vietnam ini adalah perpaduan antara buaya, ular, kadal dan burung. Pada cerita dalam dinasti yang lain, naga-nya malah digambarkan campuran ular, kucing dan ikan. Oh well.

8.Naga Jawa

Kata siapa Indonesia gak punya naga? Itu di suku Batak ada kan Sinaga. Eaa. (Tolong jangan diulangi lagi ya. Kurang lucu. – red) Eh tapi beneran, dalam mitologi Jawa ada ular raksasa yang merupakan perwujudan dari dewa Shiwa, namanya Antaboga, ia adalah dewa penjaga di perut bumi. Agak berbeda sedikit dengan naga Eropa dan Cina, Antaboga gak punya kaki dan pakai mahkota. Nah konon, Antaboga ini adalah awal dari segala makhluk. Dia bersemedi hingga akhirnya menciptakan semesta dan segala isinya.
YAK! Tentang Naga usai sudah. Kalo ada yang mau nambahin atau ngoreksi silaken. Ada makhluk legenda lain yang pengen kita bahas? Silakan tulis di comments.


Sumber: http://malesbanget.com/2013/02/seri-makhluk-legenda-naga-part-2/#ixzz2RzsekYrB
Copyright Malesbanget.com 2011
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html