Blog Archive

Popular Posts

Thursday, April 11, 2013

Tagged under:

9 Telenovela Paling Populer di Indonesia


Telenovela merupakan gabungan dari dua kata yakni tele dari television dan novela. Sebutan ini digunakan khusus untuk drama serial produksi Amerika Latin.
Pada tahun 1990 hingga awal 2000-an, televisi lokal kerap menayangkan judul-judul telenovela sukses. Tak heran bila sajian ini begitu digandrungi baik oleh ibu-ibu maupun tontonan keluarga.
Namun seiring perkembangan zaman, telenovela tak lagi mendapat tempat di hati penonton kini. Maka untuk sekadar bernostalgila, intip yuk telenovela apa saja yang meledak di Indonesia. Bisa jadi kamu rindu dan ingin menontonnya lagi.
1. Maria Mercedes
 
Maria Mercedes adalah telenovela garapan Beatriz Sheridan yang beredar pada tahun 1992 dengan jumlah episode sebanyak 73. Telenovela yang dibintangi oleh Thalia sebagai Maria Mercedes ini berkisah tentang penjual lotre yang dinikahi oleh pemuda sakit-sakitan bernama Santiago.
Setelah Santiago meninggal, otomatis harta sang suami diambil sepenuhnya oleh Maria. Karena tak suka dengan Maria, Malivina, kakak ipar Santiago, menyuruh sang anak, Jorge Luis, memanfaatkan wanita yang tengah jatuh cinta padanya itu.
Namun Jorge Luis malah benar-benar jatuh cinta pada Maria. Dan masalah pun tak berhenti sampai di sini.
Telenovela ini tayang di salah stasiun televisi SCTV pada tahun 1994 dan berhasil mengambil hati pemirsa. Tak heran beberapa judul telenovela yang dibintangi Thalia secara berkala tayang di Indonesia.
Trivia:
Pada tahun 2004 beredar remake-nya dengan judul Inocente de Ti yang dibintangi oleh Camila Sodi dan Valentino LanĂºs.
2. Marimar
 
Pada tahun 1994 beredar remake dari telenovela La Venganza yang tayang pada tahun 1977. Versi remake-nya dibintangi oleh Thalia ebagai Marimar.
Opera sabun sebanyak 175 episode ini berkisah tentang gadis miskin bernama Marimar yang merasa dipermainkan karena sikapnya yang tak bisa bersosialisasi.
Begitu keluar dari penjara, Marimar berusaha membalas dendam pada Sergio, mantan suami dianggap membuatnya terpuruk
3. Esmeralda
 
Esmeraldaadalah telenovela garapan Beatriz Sheridan dan Martha Luna yang rilis tahun 1997. Opera sabun sebanyak 137 episode ini merupakan daur ulang dari telenovela Venezuela bertajuk sama.
Esmeralda sendiri berkisah tentang gadis buta yang jatuh cinta pada pria yang dibesarkan oleh ibu kandungnya. Agar kebohongan tak terbongkar karena telah menukar anaknya yang buta dengan bayi laki-laki, Bianca membiarkan jalinan cinta Esmeralda dengan Jose Armando berjalan meski mendapat tentang sang suami.
4. Cinta Paulina
 
Opera sabun rilisan 1998 ini berkisah tentang si kembar Paola dan Paulina yang terpisah sejak lahir. Paulina tumbuh menjadi gadis miskin nan lemah lembut. Sedang Paola menjadi sosok angkuh yang menikah dengan pria kaya.
Saat keduanya bertemu, Paola meminta Paulina bertukar peran dengannya agar ia bisa bebas bersenang-senang dengan kekasih simpanannya.
Dengan jumlah episode sebanyak 102, telenovela yang memiliki judul asli La Usurpadora ini tayang di TPI pada tahun 1998.
5. Kemelut Cinta

Kemelut Cinta atau Lazos de Amormerupakan telenovela yang berkisah tentang 3 anak kembar yang terpisah karena kenyataan. Kecelakaan tersebut membuat ketiga kembar ini tumbuh menjadi gadis yang berbeda.
Drama yang dibintangi oleh Lucero ini disutradarai oleh Miguel Corcega dengan jumlah episode sebanyak 100.
6. Rosalinda

Rosalinda adalah kali ketiga Thalia bekerjasama dengan sutradara Beatriz Sheridan. Telenovela dengan 80 episode ini berkisah tentang Rosalinda, gadis penjual bunga yang jatuh cinta pada Fernando Jose sang pemuda kaya, tampan dan baik hati. Sayangnya setelah menikah dan mempunyai anak bernama Erika, ibu tiri Fernando berusaha memisahkan kebahagiaan mereka berdua.
7. Carita de Angel

Carita de Angel,serial ini begitu digemari saat ditayangkan oleh stasiun TV RCTI. Nama pemeran sosok Dulce Maria, Daniela Aedo Santana, mendadak jadi idola.
Telenovela sebanyak 175 episode yang disutradarai oleh Martha Luna dan Juan Carloz Munoz ini berkisah tentang suka duka gadis cilik bernama Dulce Maria yang tinggal dengan seorang ayah kesepian setelah kepergian sang ibu untuk selamanya.
Rosalinda adalah kali ketiga Thalia bekerjasama dengan sutradara Beatriz Sheridan. Telenovela dengan 80 episode ini berkisah tentang Rosalinda, gadis penjual bunga yang jatuh cinta pada Fernando Jose sang pemuda kaya, tampan dan baik hati. Sayangnya setelah menikah dan mempunyai anak bernama Erika, ibu tiri Fernando berusaha memisahkan kebahagiaan mereka berdua.
8. Amigos

Di Indonesia, telenovela dengan jumlah episode 115 ini begitu meledak di kalangan ABG waktu itu. Sosok Martin Ricca dan Belinda sebagai pemeran vital mendadak jadi bahan perbincangan seru untuk dikupas di pelbagai media.
Amigos X Siempre sendiri bersetting di sekolah presitius yang biasa disebut Institut Vidal. Dari sekolah inilah kita akan dikenalkan pada kehidupan beberapa murid-muridnya yang penuh konflik dari mulai persahabatan, pengkhianatan hingga cinta.
9. Betty La Fea

Betty La Fea bisa dibilang telenovela terakhir yang meledak saat tayang. Karena setelah kisah gadis buruk rupa ini berakhir, hampir jarang diputar telenovela lain. Terlebih sinetron dengan ratusan episode hampir tayang setiap hari di televisi.
Kesuksesan yo soy Betty La Fea! di berbagai negara melahirkan adaptasi tersendiri. Seperti Ugly Betty (USA), Verliebt in Berlin (Jerman) dan Jassi Jaissi Koi Nahin (India).
 
 

0 comments:

Post a Comment