Skip to main content

Fenomena - Aurora


Aurora
Fenomena unik yang seringkali terjadi pada langit malam yang gelap tiba-tiba menjadi terang benderang di belahan bumi utara terutama Alaska dianggap sebagian orang sebagai peristiwa yang mengandung unsur-unsur kepercayaan kuno. Fenomena ini biasa dikenal dengan ‘Aurora’. Aurora biasanya muncul dengan warna hijau, merah, biru atau lembayung. Orang-orang kuno menghubung-hubungkan munculnya fenomena alam itu dengan penyakit dan peperangan. Aurora berwarna merah terang pernah dianggap sebagai “kolam darah” para pejuang yang gugur dalam peperangan. di North Country, Inggris, aurora dikenal sebagai “lembing terbakar”. Sebelum revolusi perancis meletus, sebuah aurora muncul. Penduduk Skotlandia dan Inggris mengaku mendengar suara pertempuran dan melihat peperangan di angkasa. Pada tanggal 24 Februari 1716, berbarengan dengan kematian James Ratcliffe, Earl Derwentwater terakhir, muncul aurora berwarna merah terang dan bergerak cepat di langit. Sejak saat itu aurora itu dikenal sebagai “Cahaya Lord Derwenwater”.

Orang Eskimo atau suku Inuit percaya fenomena alam yang terkenal dengan sebutan Aurora Borealis atau Cahaya Utara itu muncul karena para arwah sedang bermain bola–memakai tengkorak singa laut–di angkasa. Mereka juga percaya orang yang terlalu sering menonton “pertandingan” itu akan menjadi gila (www.tempointeraktif.com). Terlepas dari kepercayaan kuno tersebut, sebenarnya fenomena aurora dapat dijelaskan menurut hukum fisika. Fenomena ini merupakan peristiwa yang umum terjadi di bumi dan planet-planet lainnya khususnya di daerah kutub yang merupakan daerah dengan medan magnet yang kuat.


Pengertian Aurora
Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari) (en.wikipedia.com).

Penyebab Terjadinya Aurora
Aurora adalah cahaya yang tercipta di udara yang disebabkan oleh atom-atom dan molekul yang bertumbukan dengan partikel-partikel bermuatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari matahari. Partikel-partikel tersebut terlempar dari matahari dengan kecepatan lebih dari 500 mil per detik dan terhisap medan magnet bumi di sekitar kutub Utara dan Selatan. Warna-warna yang dihasilkan disebabkan benturan partikel dan molekul atau atom yang berbeda. Misalnya, aurora hijau terbentuk oleh benturan partikel elektron dengan molekul nitrogen. Aurora merah terjadi akibat benturan antara partikel elektron dan atom oksigen (www.tripod.lycos.com). Bagian penting dari mekanisme aurora adalah “angin matahari”, yaitu sebuah aliran partikel yang keluar dari matahari. Angin matahari menggerakkan sejumlah besar listrik di atmosfer (Sabuk Van Allen).Energi ini akan mempercepat partikel ke atmosfer bagian atas yang kemudian akan bertabrakkan dengan berbagai gas. Hasilnya adalah warna-warna di angkasa yang bergerak-gerak. Tekanan listrik mengeluarkan molekul gas menjadi keadaan energi yang lebih tinggi, yang mengakibatkan lepasnya foton. Warna tergantung pada frekuensi tumbukkan antara partikel-partikel dan gas-gas. Mekanisme ini hampir sama dengan nyala lampu berpendar atau lampu neon (www.tripod.lycos.com).

Fenomena Aurora yang Terjadi di Kutub Utara
Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan. Daerah kutub memiliki medan magnetik yang cukup kuat sehingga dapat memunculkan aurora. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis , yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa ia kerap dilihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis
mempunyai sifat-sifat yang serupa (en.wikipedia.com).
 

Comments

Popular posts from this blog

8 Fakta Unik Tentang Angka 8

What: Simbolisme dan Semiotika adalah suatu bentuk ilmu yang ditujukan buat menganalisis perlambangan atau tanda – tanda makna dari setiap perwujudan yang kita liat dalam kehidupan sehari – hari.

Semiotics covers the sign not only for the sign that can be taken from our daily speech but also for another sign in our life. In semiotics environment, sign can be produced by words, images, sounds, gestures, and object. On the other hand semiotic is the study about how meanings are made and how the factual are described (Saussure).


Begini lengkapnya 8hollic, setiap perwujudan yang kita liat pasti mengandung makna atau tanda, karena di dalam suatu perwujudan, biasanya mengandung suatu makna yang bisa dikaji….gini ilustrasinya:

Di dalam kehidupan sehari – hari, sering kan kita jumpai yang namanya Tanda Perboden, wujudnya berupa tiang dengan lingkaran di atasnya yang berwarna merah trus dikasih garis strip putih, sadar ga sadar dengan alamiahnya kita tidak berani memasuki area yang terpasang simb…

Koleksi Foto Ayam Kampus Bugil Palng HOT !

Foto-foto bugil di bawah ini adalah koleksi foto telanjang ayam kampus yang hanya boleh dinikmati pria dewasa , Sangat Hot , Dan benar - benar membuai nafsu anda untuk menikmati keindahan tubuh mereka yang idah gemulai kalau liah list Foto dibawah ini anda Pasti bakalan tak berhenti untuk Bilang WOOW !!!

Foto - Foto Nyata Siksa Alam Kubur

Pernah liat gak foto-foto aneh (dan beberapa mungkin menakutkan) seperti ini? Foto ini sudah ada di beberapa blog, mungkin sudah banyak yang melihat. Biasanya disertai dengan tulisan bahwa ini adalah jasad dari seseorang yang berusia 18 tahun dari Oman, setelah dikubur 3 jam, lalu kuburnya dibongkar lagi untuk keperluan identifikasi penyebab kematiannya, dan disaksikan oleh ayahnya sendiri. Orang-orang dekat sang jenazah ini merasa kaget karena baru 3 jam dikubur, jasadnya begitu hancur, dan secara umum diaku sebagai azab kubur. Terlepas foto tersebut asli atau bukan, bualan atau bukan, sebagian Muslim mempercayai bahwa siksa kubur itu memang ada, karena memang ada dalilnya. Sebagian lagi mengatakan dalam Qur’an Al Karim tidak dinyatakan tentang siksa kubur, dan hanya ada di Hadits. Mungkin, apa yang disampaikan Ustadz H Ahmad Sarwat, Lc. bisa dibaca, dan apa yang disampaikan oleh Labaik bisa dibaca disini. Maaf, pengetahuan saya memang kurang. Silahkan dikaji sendiri mengenai hal ini. Fot…