1. Masjid al-haram, mecca, saudi arabia
masjid al-haram merupakan masjid terbesar di dunia. Terletak di kota mekah, itu mengelilingi ka’bah, tempat yang gilirannya umat islam di seluruh dunia untuk sementara menawarkan doa-doa sehari-hari dan merupakan tempat suci islam. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid agung. Struktur saat ini mencakup area seluas 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) termasuk ruang berdoa outdoor dan indoor dan dapat menampung sampai dengan empat juta jamaah muslim selama periode haji, the pertemuan tahunan terbesar orang di dunia.
2. Al-masjid al-Nabawi
al-masjid al-nabawi (“masjid nabi”), yang sering disebut nabi, masjid adalah sebuah masjid yang terletak di kota madinah. Sebagai tempat peristirahatan terakhir islam nabi muhammad, itu dianggap tempat paling suci kedua dalam islam oleh syiah dan sunni muslim (yang pertama adalah masjid al-haram di mekkah) dan merupakan masjid terbesar kedua di dunia.
3. Imam reza shrine
mam reza shrine di masyhad, iran adalah sebuah kompleks yang berisi makam imam ridha, imam kedelapan syiah imamiyah dan dikenal sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. Juga terkandung di dalam kompleks meliputi: Masjid goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, kuburan, universitas islam razavi ilmu, sebuah ruang makan bagi para peziarah, ruang doa yang luas, dan bangunan lainnya.
4. Istiqlal mosque
masjid istiqlal, atau masjid istiqlal, di jakarta, indonesia merupakan masjid terbesar di asia tenggara dalam hal kapasitas untuk menampung orang. Namun dalam hal struktur bangunan dan tutupan lahan, istiqlal merupakan yang terbesar di asia tenggara dan keempat terbesar di dunia. Ini masjid nasional indonesia dibangun untuk memperingati kemerdekaan indonesia, sebagai bangsa rasa syukur untuk berkat tuhan; kemerdekaan indonesia. Oleh karena itu masjid nasional indonesia bernama “istiqlal”, sebuah kata arab untuk “kemerdekaan”.
 5.Faisal mosque, islamabad, pakistan
masjid faisal di islamabad merupakan masjid terbesar di pakistan dan asia selatan dan mesjid terbesar keenam di dunia. Ini adalah masjid terbesar di dunia 1986-1993 ketika dikalahkan dalam ukuran oleh penyelesaian masjid hassan ii di casablanca, maroko. Ekspansi selanjutnya dari masjid al-haram (masjid agung) dari mekah dan al-masjid al-nabawi (masjid nabi) di madinah, arab saudi selama tahun 1990-an diserahkan faisal masjid untuk tempat keempat dalam hal ukuran. Faisal masjid dipahami sebagai masjid nasional pakistan. Ini memiliki luas tertutup 5.000 m2 (54.000 kaki persegi) dan memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 300.000 jamaah (100.000 dalam doa halaman utama aula, dan portico dan 200.000 lainnya di lahan sebelah nya).
6. Jama masjid, delhi, india
jama masjid, umumnya dikenal sebagai jama masjid delhi, adalah masjid utama old delhi di india. Ditugaskan oleh kaisar mughal shah jahan, pembangun taj mahal, dan selesai pada tahun 1656 masehi, itu adalah masjid terbesar dan paling terkenal di india dan masjid terbesar kesembilan di dunia. Itu terletak pada asal jalan sentral yang sangat sibuk old delhi, chandni chowk. Nama kemudian, jama masjid, adalah mengacu pada siang shalat jumat mingguan umat muslim, jummah, yang biasanya dilakukan di masjid, maka “masjid jemaat”. Halaman masjid bisa menampung hingga dua puluh lima ribu jamaah.
7. Sultan Qaboos Grand Mosque, Oman
Pada tahun 1992 Sultan Qaboos diarahkan bahwa negaranya Oman harus memiliki Masjid Agung. Sebuah kompetisi untuk desain terjadi pada tahun 1993 dan setelah situs dipilih pada konstruksi Bausher dimulai pada tahun 1995. Bangunan kerja, yang dilakukan oleh Carillion Alawi LLC mengambil enam tahun dan empat bulan. Masjid dibangun dari 300.000 ton batu pasir India dan masjid terbesar kesebelas di dunia. The musalla utama (tempat shalat) adalah persegi (eksternal dimensi 74,4 x 74,4 meter) dengan kubah pusat naik hingga ketinggian lima puluh meter di atas lantai. Kubah dan menara utama (90 meter) dan empat menara mengapit (45,5 meter) adalah fitur utama masjid visual.
8. Id Kah Mosque, China
Id Kah Masjid adalah sebuah masjid yang terletak di Kashgar, Xinjiang, di barat Republik Rakyat China. Ini adalah masjid terbesar di Cina dan masjid terbesar kedua belas di dunia. Setiap Jumat, rumah itu hampir 10.000 jamaah dan dapat menampung hingga 20.000. Masjid ini dibangun oleh Mirza Saqsiz di ca. 1442 (meskipun dimasukkan struktur tua dating kembali ke 996) dan mencakup 16.800 meter persegi.
9. Masjid Negara, Malaysia
The Masjid Negara adalah masjid nasional Malaysia, yang terletak di Kuala Lumpur. Ini memiliki kapasitas 15.000 orang dan terletak diantara 13 hektar (53.000 m2) dari taman yang indah. Struktur asli dirancang oleh tim tiga orang dari Dinas Pekerjaan Umum – Inggris arsitek Howard Ashley, dan Malaysia Hisyam Albakri dan Baharuddin Kassim. Awalnya dibangun tahun 1965, itu adalah pendekatan berani dan modern di beton bertulang, simbolis aspirasi dari Malaysia kemudian baru merdeka. Fitur utamanya adalah menara 73 meter-tinggi dan atap bintang 18-menunjuk beton utama. Payung, identik dengan daerah tropis, adalah fitur mencolok – atap utama adalah mengingatkan payung terbuka, satu tutup menara adalah dilipat. Pelat dilipat dari atap utama beton adalah solusi kreatif untuk mencapai rentang yang lebih besar diperlukan di ruang pertemuan utama. Mencerminkan kolam dan air mancur yang tersebar di seluruh kompleks. Masjid Negara yang dikenal sebagai masjid terbesar ketiga belas di dunia.
10. Masjid-e-Aqsa Rabwah, Pakistan
Masjid-e-Aqsa merupakan masjid terbesar Ahmadiyah Muslim Community. Batu pondasi telah diletakkan pada tahun 1966 dan peresmian gedung berlangsung pada tanggal 31 Maret 1972. Masjid ini masjid utama dari Ahmadiyah di Rabwah untuk 12.000 jamaah. Desain berasal dari masjid, Abdul Rashid, atas permintaan Mirza Basheer-ud-Din Mahmood Ahmad harus terjadi dalam satu Tengah Masjid Rabwah. Cetak biru itu sudah dibentuk selama masa jabatannya, tetapi karena Khalifah tidak terpengaruh, yayasan tersebut akan diletakkan. Pada 28 Oktober 1966 Mirza Nasir Ahmad meletakkan dasar untuk Masjid-e-Aqsa. Khotbah Jumat khalifah ketiga 31 Masjid tersebut dibuka pada bulan Maret 1972. Masjid-e-Aqsa adalah masjid terbesar keempat belas di dunia.

Post a Comment

 
Top