Dalam dunia pendidikan, uang bukanlah merupakan objek. Hal tersebut karena seseorang akan selalu mencoba untuk mendapatkan pendidikan terbaik yang dapat dibeli dengan uang. Ini artinya bahwa seseorang harus menabungkan untuk biaya sekolah di universitas-universitas paling ngetop. Meski demikian, menjadi mahasiswa dari perguruan tinggi terpopuler sangatlah kompetitif. Itulah sebabnya kenapa kita harus mempersiapkan dirinya sedini mungkin untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak kita kesempatan sebaik mungkin dengan mengirimkan mereka memasuki asrama sekolah yang memiliki reputasi tertinggi dan menyelesaikan graduasinya di universitas terbaik di dunia.
Memang jaminan kualitas tidaklah sepenuhnya ditunjukkan dengan mahalnya harga, akan tetapi perlu diingat bahwa "harga tidak pernah berdusta". Berikut adalah sepuluh sekolah/universitas yang termahal di dunia:

10. Purnell School, Pottersville, New Jersey


Adalah sekolah berasrama yang hanya menerima para gadis dari usia 9-12 tahun. Pendaftaran pada sekolah ini hanya menyediakan kursi untuk 94 calon mahasiswanya, dengan 18 anggota fakultas sekolah ini memberikan pembinaan dan pembimbingan kepada siswanya dengan rasio tertinggi lima orang siswa untuk satu orang guru. Didirikan sejak 1963, sekolah ini telah mewisuda lebih dari 1.200 siswanya.
Untuk dapat menjadi siswa pada sekolah ini, seseorang harus mampu membayar biaya pendidikan sebesar $52,800 pertahun atau kurang lebih Rp. 53.800.000,- per tahun.

9. Sandy Spring Friends School, Sandy Spring, Maryland


Adalah sebuah sekolah persiapan yang terkait dengan program Quaker yang melayani siswa tingkat TK sampai ke kelas 12. Didirikan pada tahun 1961 dan awalnya melayani 77 siswa kelas 10 dan 11. Kelas 12 kemudian ditambahkan setahun. Maka sekolah ini secara bertahap memperluas cakupannya ke kelas 9 pada tahun 1973 dan sekolah tingkat menengah pada tahun 1980. Setelah itu menyelenggarakan pendidikan pada tingkat yang lebih rendah setelah merger dengan SD Friends pada tahun 1993. Meskipun merupakan sekolah Quaker, hanya sekitar 15 persen dari siswanya yang berafiliasi dengan agama. Sekolah ini memiliki program siswa internasional, menempatkan mereka dalam kelas sesuai dengan tingkat kemahiran dalam bahasa Inggris. Setiap tahunnya sekolah ini menerima 561 calon siswa baru. Untuk dapat menjadi siswa pada sekolah ini, seseorang harus mampu membayar biaya pendidikan sebesar $52,850 pertahun atau kurang lebih Rp. 52.850.000,- per tahun.

8. Salisbury School, Salisbury, Connecticut


Pendeta George Emerson Quaile mendirikan sekolah ini pada tahun 1901. Sekolah ini hanya menerima anak laki-laki tingkat 9-12. Memiliki proses penerimaan sangat selektif sehingga hanya sepertiga dari semua pelamar yang dapat diterima. Pendaftaran dilakukan untuk menerima 296 siswa baru yang dilayani oleh 62 anggota fakultas. Untuk dapat menjadi siswa pada sekolah ini, seseorang harus mampu membayar biaya tahunan sebesar $53,015 atau setara dengan kurang lebih Rp. 53.000.000,- per tahun.

7. Dana Hall School, Wellesley, Massachusetts


Sekolah ini pada awalnya dibangun untuk membantu siswa mempersiapkan diri memasuki Wellesley College. Atas bantuan dana dari seorang pengusaha bernama Charles Dana, maka Aula Sekolah bernama "Aula Dana" didirikan pada tahun 1881 untuk membantu memberikan pendidikan seni liberal bagi anak perempuan. Sekolah khusus putri ini melayani siswa dari tingkat 6-12. Bersekolah di sekolah ini membutuhkan dana sebesar $53,211 atau setara dengan kurang lebih Rp. 53.200.000,- per tahun.

6. Idyllwild Arts Academy, Idyllwild, California


Meskipun sekolah ini sendiri baru berdiri tahun 1986, namun telah memiliki akar kaitan ke tahun 1946 ketika Dr Max Krone menciptakan Yayasan Kesenian Idyllwild. Sekolah ini dihak milikkan kepada University of Southern California pada tahun 1946 sebelum Yayasan memperoleh kembali kepemilikan tunggal dan manajemen independen sekolah pada pertengahan 80-an. Sekolah ini memiliki 300 siswa mulai dari tingkat 9-12, semuanya meliputi program menulis kreatif, tari, film, musik, teater dan seni visual. Lulusannya banyak masuk ke pergutuan tinggi semisal Julliard, Tisch, Royal Scottish Academy of Music dan Drama, CalArts, Curtis Institute dan sejenisnya. Biaya sekolah di Idyllwild ini adalah sebesar $53,600 per tahun atau setara dengan kurang lebih Rp. 53.600.000,- per tahun.

5. Appleby College, Oakville, Ontario


Biaya sekolah tahunan adalah $53,911 (kurang lebih Rp. 53.900.000,- per tahun), namun bagi mereka yang tinggal di daerah dan tidak membutuhkan fasilitas asrama sekolah, biaya sekolah dapat turun ke hanya $ 35.989 per tahun. Appleby College adalah sekolah internasional yang melayani siswa tingkat 7-12. John Guest mendirikan sekolah ini tahun 1911, dengan bantuan dari Sir Edmund Byron Walker. Pendaftaran berkisar 750 siswa. Terletak di Danau Ontario 50 kilometer barat Toronto, sekolah membanggakan diri dalam bidang pendidikan seni liberal. Adalah satu-satunya sekolah di Kanada yang menjadi anggota dari G20 schools.

4. Woodside Priory School, Portola Valley, California


Dikenal sebagai "The Priory", sekolah ini didirikan tahun 1957 oleh seorang biarawan Benediktin Hungaria bernama Fr. Egon Javor. Sekolah ini melayani siswa dari tingkat 6-12. Pendaftaran sekitar 370 siswa, dimana mereka ditempatkan pada kelas dengan ukuran kelas 15 sampai 18 siswa. Biaya untuk bersekolah di sini adalah $53,925 per tahun atau kurang lebih Rp. 53.900.000,- per tahunnya.

3. St. Albans School, Washington D.C.


Dinamakan setelah martir Inggris pertama, sekolah Episkopal ini terletak di Washington DC dan melayani siswa tingkat 4 hingga tingkat 12. Harriet Lane Johnston mendirikan sekolah ini tahun 1909. Sekolah ini memiliki sekitar 575 siswa yang dilayani oleh 100 anggota fakultas, dimana 73 diantaranya memiliki gelar tinggi. Sekolah ini merupakan feeder school yang mencakup Sekolah Katedral Nasional dan Sekolah Beauvoir, yang keduanya juga terletak di Katedral Nasional Washington. Biaya sekolah berkisar $54,151 per tahun atau setara dengan kurang lebih Rp 54.150.000,- per tahunnya.

2. College Alpin International Beau Soleil, Villars-sur-Ollon, Switzerland


Sekolah ini didirikan pada tahun 1910 di chalet Gstaad sebelum pindah ke lokasinya yang sekarang satu dekade kemudian. Total pendaftaran di sekolah ini hanya menerima 200 siswa, dengan ukuran kelas rata-rata menjadi empat siswa saja. Sekitar 50 negara yang merepresentasikan sebagai sekolah ini sebagai sekolah dengan etnis yang beragam. Tidak seorangpun memiliki lebih dari 10 persen dari seluruh mahasiswa. Sekolah melayani anak-anak bangsawan Eropa dan orang-orang terkenal lainnya, karena tidak aneh jika biaya sekolahnya mencapai $93,158 per tahun atau setara dengan Rp. 93.150.000,- per tahunnya.

1. Institut Le Rosey, Rolle, Switzerland


Dikenal juga dengan sebutan Rosey, adalah sekolah swasta dengan fasilitas asrama asrama tingkat internasional yang terletak di Rolle di Swiss. Emile Carnal mendirikan sekolah ini tahun 1880. Sekolah ini dikenal dengan sebutan "Sekolah Para Raja" (School of Kings) karena terhitung sudah tujuh orang raja terkanal merupakan alumni dari sekolah ini. Sekolah memiliki kampus dua di Bern di mana seluruh sekolah beroperasi selama tiga bulan pertama tahun ketika musim dingin. Sekolah memiliki satu guru untuk setiap lima siswa. Jumlah pendaftar dibatasi pada sekitar 400 siswa saja. Biaya yang mencengangkan adalah bahwa sekolah ini mengharuskan siswa membayar uang sekolah sebesar $99,566 per tahun atau hampir Rp. 100.000.000,- per tahunnya.

Post a Comment

 
Top