Skip to main content

10 Serial Game Paling Populer di Dunia

Para pecinta game di seluruh dunia pasti sering bertanya-tanya, apa sajakah video game paling populer di dunia yang pernah diproduksi?  Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Wikipedia, kali ini Top10Indo akan membahas serial game terpopuler sepanjang masa yang dibuat berdasarkan jumlah penjualan game tersebut di seluruh dunia.

Jangan kaget jika ternyata anda menemukan beberapa game ini ternyata sudah eksis sejak 20 tahun yang lalu.  Kemampuan game-game ini untuk terus disukai oleh para gamer membuat seri terbaru dari game tersebut terus menerus diproduksi, dan akhirnya secara total berhasil mengumpulkan keuntungan penjualan hingga jutaan dolar.  Langsung saja, berikut daftarnya:



10.  Need For Speed 


Total Penjualan:  100 juta US Dollar

Game balap mobil produksi EA yang satu ini ternyata berhasil tampil sebagai game balap terpopuler di dunia.  Diproduksi sejak tahun 1994, Need For Speed berhasil meraup penjualan lebih dari 100 juta US Dollar di seluruh dunia, mengalahkan game kompetitor sejenis seperti "Gran Turismo" dan "Forza".  Memang, Need For Speed memiliki keunggulan tersendiri, terutama dalam hal grafis dan balapan yang menantang.

Game ini mulai populer di Indonesia pada jaman Playstation 1 atau PSX.  Need for Speed menjadi salah satu favorit para gamer, dan melanjutkan lagi kejayaannya di masa konsol PS2 dan PS3.  Sangat dinantikan, akankah game ini kembali berhasil tampil sebagai yang terdepan di tahun-tahun mendatang.



9.  Fifa


Total penjualan:  100 juta US Dollar

Tak perlu diragukan lagi, Fifa adalah salah satu game sepak bola terbaik yang merajai dunia video game hingga saat ini.  Diproduksi sejak tahun 1993, FIFA baru mulai mendapat tempat di kalangan penggemar sepak bola sejak dirilisnya konsol PS3.  Sebelumnya, di berbagai negara (termasuk Indonesia) nama Fifa tenggelam dalam bayang-bayang serial Winning Eleven dan Pro Evolution Soccer.

Keunggulan serial Fifa sehingga bisa tampil sebagai video game paling laris adalah masalah grafis yang sangat indah dan begitu realistis.  Komentar dalam game pun terasa sangat nyata, sehingga kita seolah-olah benar-benar berada dalam pertandingan sepak bola.  Selain itu, komunitas online-nya pun sangat besar dan tersebar di berbagai negara.



8.  Call of Duty


Total penjualan:  100 juta US Dollar

Call of Duty series unggul tipis dari serial Fifa dan Need For Speed dalam hal penjualan.  Game bertema perang yang ditampilkan dalam sudut pandang orang pertama (first person shooter) ini tergolong baru dan baru dirilis untuk konsol PC pada tahun 2003.  Namun begitu diluncurkan di pasaran, penjualannya langsung meledak dan membuat game ini menjadi sangat populer.

Serial Call of Duty mencapai masa keemasannya ketika hanya dalam rentang waktu yang singkat mereka meluncurkan COD: Black Ops dan COD: Modern Warfare.  Keunggulan game ini dibanding game fps lainnya adalah pergerakan adu tembak yang sangat smooth, lancar, dan sangat realistis; sehingga anda benar-benar merasa berada di tengah medan perang.



7.  Final Fantasy


Total penjualan: 102 juta US Dollar

Serial Final Fantasy menjadi satu-satunya wakil game RPG yang masuk ke dalam 10 besar daftar game paling populer di dunia.  Ya, game yang diproduksi oleh perusahaan game yang berbasis di Jepang ini memang sangat terkenal di seluruh dunia.  Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1987, hingga kini total sudah ada lebih dari 30 judul serial Final Fantasy yang dibuat.

Masa kejayaan Final Fantasy dimulai di konsol PSX, ketika Final Fantasy 7 dan 8 berhasil tampil sebagai primadona dan masuk dalam kategori 10 game RPG PS1 terbaik.  Ya, sebagai game RPG, Final Fantasy memiliki banyak keunggulan, mulai dari grafis super indah, desain karakter yang unik, dan jalan cerita yang bisa membuat anda ikut tertawa dan menangis terharu.



6.  Tetris


Total penjualan:  125 juta US Dollar

Siapa sangka game sederhana seperti Tetris nilai penjualannya bisa mengalahkan game-game dengan grafis memukau seperti Final Fantasy dan Call of Duty.  Ya, Tetris memang simpel, namun asyik dimainkan oleh siapa saja dan kapan saja.  Untuk memainkan game ini juga cukup mudah, anda cukup mencoba menyusun satu garis dari berbagai bentuk balok yang secara acak diberikan.

Di Indonesia, Tetris muncul pertama kali dalam konsol handheld game watch.  Saat ini, sudah ada berbagai variasi Tetris yang bisa anda mainkan, mulai dari Tetris 3 dimensi hingga Tetris yang digabungkan dengan serial petualangan.



5.  Grand Theft Auto


Total penjualan:  125 juta US Dollar

Serial game open-world terbaik ini ternyata sangat disukai oleh para video gamer, terutama dalam 10 tahun terakhir.  GTA yang pertama kali diproduksi pada tahun 1997 mencapai puncak popularitasnya melalui GTA Vice City dan GTA San Andreas yang memungkinkan anda untuk menjelajahi kota dan melakukan apapun yang ingin anda lakukan.

Beberapa tahun kemudian, GTA IV diproduksi dan game ini sangat booming di pasaran karena kualitasnya yang luar biasa.  GTA IV adalah satu dari sedikit game yang mendapat nilai review sempurna 10/10 dari berbagai website video game.  Popularitas serial GTA diperkirakan akan semakin meningkat dengan dirilisnya Grand Theft Auto V dalam waktu dekat.



4.  The Sims


Total Penjualan:  150 juta US Dollar

The Sims adalah game simulasi kehidupan sehari-hari, di mana anda bisa mengendalikan manusia-manusia yang anda buat sendiri.  Manusia-manusia ini nantinya bisa bekerja, mencari uang, mencari istri, menikah, dan mempunyai anak; hingga pada akhirnya meninggal dunia.  Namun permainan belum berakhir, karena anda masih bisa mengendalikan anak-anak dari karakter anda, atau karakter lain di kota tersebut.

Berangkat dari konsep permainan "rumah-rumahan", The Sims ternyata menjadi sebuah game yang sangat populer dalam waktu singkat.  Dalam kurun waktu 13 tahun sejak diproduksi pada tahun 2000, sudah ada 3 seri The Sims dan puluhan expansion packyang bisa dimainkan.



3.  Pokemon


Total Penjualan:  219 juta US Dollar

Berawal dari cerita anime yang diubah menjadi game, serial Pokemon ternyata menuai sukses yang sangat luar biasa.  Game ini laris terjual di seluruh penjuru dunia dengan nilai penjualan yang fantastis, padahal sebagian besar game Pokemon hanya eksklusif diproduksi untuk konsol Game Boy.  Nampaknya popularitas animenya sedikit banyak berperan penting dalam mendongkrak penjualan game Pokemon.

Dalam game Pokemon, anda tampil dalam sebuah dunia imajiner sebagai seorang Trainer.  Tugas anda hanya satu, mengumpulkan sebanyak mungkin Pokemon liar yang tersebar, melatih mereka menjadi kuat, dan mengalahkan trainer-trainer lainnya.  Jika Pokemon anda semakin tinggi levelnya, ia mampu berevolusi dan berubah bentuk menjadi monster yang lebih kuat.



2.  Wii series

 

Total penjualan:  301 juta US Dollar

Walaupun baru diproduksi pada tahun 2006, secara tidak terduga game-game serial Wii ini berhasil sangat sukses di pasaran.  Ini mungkin karena konsepnya yang berbeda dari kebanyakan game lain.  Dalam game-game Wii ini, anda diberi sebuah remote kontrol yang terhubung pada sebuah sensor gerak.  Nah, untuk memainkan game, anda harus menggerakkan remote kontrol sesuai gerakan yang diperlukan.  Misalkan dalam sebuah game baseball, anda juga harus menggerakkan dan mengayunkan remote kontrol tersebut seperti sebuah pemukul baseball.  Dalam game memasak, anda pun harus membuat gerakan seperti menggoyangkan wajan, memotong pisau, mengaduk tepung, dan sebagainya.  Intinya, game-game Wii menuntut anda juga secara aktif ikut bergerak.  Tidak hanya menghibur, namun juga menyehatkan.



1.  Super Mario


Total penjualan:  721 juta US Dollar

Akhirnya sampai juga kita pada daftar puncak serial game paling populer di dunia.  Ya, ternyata game tersebut adalah serial Super Mario, sebuah video game yang menceritakan petualangan seorang tukang pipa berkumis yang berusaha membebaskan seorang putri.  Dirilis sejak tahun 1981, serial Mario dan Super Mario memang sudah sangat populer sejak zaman Nintendo.

Seiring dengan berjalannya waktu, sudah ada puluhan (bahkan mungkin ratusan) serial game Super Mario yang diproduksi.  Ada yang bertipe balap mobil seperti Mario Kart, ada juga yang berupa game golf seperti Mario Golf.  Tentu saja, petualangan klasik Mario dalam menghadapi kura-kura jahat anak buah Browser masih tetap menjadi yang paling diminati.

Nah, itu tadi adalah daftar 10 serial game paling populer di dunia.  Sudahkah anda mencoba memainkan serial game-game tersebut?

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html