Sunday, July 21, 2013

10 Tips Menenangkan Hati dan Pikiran

// // Leave a Comment
Kebahagiaan tidak selalu identik dengan harta yang berlimpah, kekuasaan, atau jumlah materi yang kita miliki.  Kebahagiaan sejati bersumber dari pikiran dan hati yang tenang, yang bisa membuat kita merasa damai kapanpun dan di manapun.  Masalahnya, tidak semua orang bisa meraih ketenangan hati dan pikiran tersebut.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tips beserta berbagai cara untuk membuat anda menjadi sosok yang tenang secara lahir dan batin.  Jika anda sudah merasa tenang, maka anda akan jauh dari perasaan was-was, khawatir, dan takut yang bisa menggerogoti kebahagiaan.  Langsung saja, berikut tipsnya:

by Mislav Marohnic, Flickr.com via Creative Commons


10.  Konsumsi makanan yang mempermudah proses relaksasi

Ada berbagai makanan dan minuman yang secara alami bisa membuat anda lebih rileks dan santai.  Jika tubuh anda rileks, maka secara otomatis hati dan pikiran pun akan menjadi tenang.  Salah satu minuman paling murah dan bisa ditemukan di mana saja adalah air putih.  Ya, minumlah banyak air putih secara teratur setiap hari, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar dan tubuh akan lebih mudah rileks.

Minuman lain yang bisa membuat anda lebih tenang adalah teh herbal.  Jenis teh ini selain mengandung banyak anti oksidan juga memiliki zat anti depresan yang sangat berguna mengurangi tingkat stress yang sedang anda alami.  Mengonsumsi segelas coklat sebelum tidur juga dipercaya ampuh membuat tidur lebih nyenyak.



9.  Meditasi


Meditasi sebenarnya sangat mudah dilakukan dan sederhana.  Anda tidak perlu mengikuti kelas khusus sepanjang anda memahami prinsip-prinsip dasar meditasi yang bisa anda pelajari di artikel "10 Cara Meditasi Yang Benar".  Meditasi pun merupakan aktivitas yang bisa dilakukan kapan pun anda membutuhkan tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Yang perlu diingat ketika melakukan meditasi adalah pastikan anda merasakan setiap nafas yang anda hirup dan anda hembuskan.  Fokuskan pikiran pada satu titik, dan cobalah untuk mempertahankan postur duduk tegak.  Lakukan ini secara rutin, maka anda akan terbebas dari rasa resah dan was-was.



8.  Aroma terapi

Indra penciuman manusia adalah salah satu yang paling mudah dimanipulasi untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.  Oleh karena itu, aroma terapi terbukti sangat efektif untuk mengatasi rasa was-was, khawatir, serta ketakutan.  Pastikan bahwa kondisi sekitar anda benar-benar bersih, redupkan lampu dan pencahayaan, baru sebarkan aroma terapi di sekeliling anda.

Satu hal yang paling efektif adalah penggunaan aroma terapi sebagai bahan pengharum saat anda berendam.  Biasanya aroma terapi ini dijual dalam bentuk cairan yang dimasukkan ke dalam bak mandi air hangat di mana anda bisa bersantai di dalam air hangat.  Alternatifnya, anda bisa juga membakar lilin beraroma terapi saat mandi air hangat atau menjelang tidur.



7.  Jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain


Kedamaian di dalam hati dan pikiran kita bisa hilang seketika karena pendapat orang lain yang melukai hati anda.  Tentu saja, hal ini harus dicegah agar anda bisa selalu berada dalam kondisi damai.  Memperhatikan pendapat orang lain sebagai bentuk kritik yang membangun memang bermanfaat, tapi apabila pendapat itu hanya berupa celaan, ejekan, fitnah, atau ekspresi kebencian, maka lebih baik anda tidak terlalu memikirkannya.  Daripada memikirkan pendapat orang lain yang tidak menyukai anda, pikirkanlah tentang orang-orang yang anda cintai dan yang menyayangi anda sepenuh hati.  Hal ini akan memberi energi positif pada pikiran dan perasaan anda.



6.  Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti berenang, yoga, dan bersepeda sangat ampuh untuk membuat badan menjadi lebih rileks.  Sepanjang anda tidak melakukannya secara berlebihan, olahraga ini bisa membantu anda untuk tidur lebih nyenyak dan bangun dalam kondisi yang lebih segar di pagi harinya.  Akan lebih asyik lagi apabila anda melakukan aktivitas ini bersama teman-teman dekat anda.

Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai anda terlalu capek jika berolahraga.  Rasa lelah yang berlebihan bisa mengundang energi negatif, dan ini bisa membuat anda jauh dari rasa damai, baik secara fisik maupun emosional.



5.  Hirup udara segar dan nikmati keindahan alam


Cobalah untuk pergi ke suatu tempat yang masih memiliki udara segar.  Anda bisa pergi ke taman kota, atau jika memiliki waktu khusus untuk berlibur pergilah ke daerah-daerah liburan di luar kota.  Jauhkan diri anda dari berbagai rutinitas yang bisa membuat pikiran penat, seperti kemacetan, bunyi klakson, dan kesibukan kota yang menyesakkan.

Nikmatilah kondisi alam yang indah di daerah tersebut.  Bangun di pagi hari, hirup udara segar, dan biarkanlah kesegaran alam masuk mengalir ke dalam tubuh anda.  Anda bisa juga keluar di malam hari untuk melihat langit dan menatap keindahan bintang di angkasa.



4.  Mendengarkan binaural beats



Binaural beats adalah musik yang bisa membantu otak anda secara alami menjadi lebih rileks.  Gambaran singkatnya, binaural beats adalah gelombang suara yang memberikan sugesti alam bawah sadar dan memberikan berbagai sugesti positif, seperti relaksasi, menambah rasa percaya diri, mengatasi khawatir, menghilangkan fobia, dan sebagainya.

Anda bisa menemukan banyak file audio binaural beats di Youtube atau di berbagai situs lainnya.  Sangat disarankan untuk mendengarkannya dengan headphone stereo sesaat menjelang tidur untuk meraih efek yang lebih maksimal.



3.  Sediakan waktu untuk sendirian


Terkadang metode yang perlu dilakukan untuk menenangkan hati dan pikiran sebenarnya sangat simpel.  Anda hanya perlu sendiri sejenak, berpikir dan merenungkan berbagai hal yang meresahkan diri anda.  Cobalah untuk mencari solusi, karena solusi sejati sebuah masalah sebenarnya hanya bisa ditemukan dari dalam diri anda.

Begitu pula dengan kedamaian.  Anda mungkin bisa membaca berbagai artikel untuk membuat hati merasa damai, mengikuti seminar dan workshop.  Namun jika dari dalam hati anda tidak menemukan kedamaian tersebut, semua hal yang anda lakukan dari luar akan menjadi percuma.  Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk sendiri, merenung, dan berpikir.



2.  Beribadah

Lakukanlah ibadah sesuai dengan kepercayaan agama anda masing-masing.  Hal ini pasti membuat hati anda menjadi lebih damai.  Anda bisa beribadah sendirian, mengunjungi tempat-tempat ibadah dan berdoa di sana, atau berkonsultasi dengan ahli agama.  Yang jelas, dekatkanlah diri anda pada Sang Pencipta untuk meraih ketenangan batin.

Selain melakukan berbagai ritual keagamaan, berbuat baik kepada orang lain juga termasuk sebagai ibadah dalam agama apapun, dan hal ini terbukti bisa membuat pikiran lebih tenang.  Bantulah orang yang membutuhkan, sisihkan sedikit harta anda untuk amal, dan berbagilah dengan orang-orang yang anda sayangi.



1.  Berpikirlah tentang hari ini, jangan khawatir tentang esok hari


Sumber ketakutan dan kekhawatiran biasanya berasal dari diri kita sendiri, terutama saat memikirkan nasib kita di masa depan.  Orang yang miskin khawatir tentang apa yang harus dilakukan untuk esok hari.  Orang kaya takut apakah ia masih bisa mendapatkan lebih banyak uang untuk membiayai pengeluaran hariannya yang kian bertambah.  Para pekerja khawatir apakah ia masih bisa bekerja dengan aman tanpa dipecat.

Intinya, bersyukurlah atas segala nikmat yang anda dapatkan hari ini.  Bersiap untuk menghadapi masa depan memang bagus, namun jangan sampai hal ini menghantui anda dan membuat pikiran dipenuhi dengan rasa was-was.  Jika anda berhasil bersyukur dengan baik, maka secara otomatis pikiran dan hati akan lebih tenang.  Semoga 10 cara menenangkan pikiran dan hati dari kami berguna untuk anda.

0 comments:

Post a Comment