Pendidikan sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Belajar dapat dilakukan dimana saja di sekolah, asrama (pesantren) bahkan di rumah. Memilih sekolah yang terbaik dan berkualitas adalah hal yang penting. Sekolah bertaraf internasional sedang banyak dirintis di Indonesia. Berikut ini adalah 10 sekolah asrama terbaik di dunia untuk jenjang TK hingga SMP.
 10 Sekolah Asrama Terbaik di Dunia

 

10. JFK Internasional – Swiss

 Swiss adalah salah satu negara terkaya di dunia dan sekolah-sekolah yang berkualitas. Terdapat 12 universitas yang sangat berkualitas, Universitas Zurich adalah unversitas terbesar di Swiss. JFK International adalah salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. Sekolah ini terletak di desa pegunungan paling indah di Pegunungan Alpen Swiss. JFK adalah sekolah yang “hanya” memiliki siswa 60 sampai 70 siswa berusia antara 5 dan 14. Sistem pendidikan di JFK Internasional sangat baik, setiap siswa diperlakukan secara ekslusif dan intens oleh para pengajar. Hal ini menjadi sangat penting dan menjadi perhatian utama, karena setiap anak adalah individu yang berbeda, unik dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Interaksi antara guru dan siswa menjadi faktor penting agar bakat dan minat tiap-tiap siswa dapat tergali dan dikembangkan dengan maksimal. Kurikulum di JFK ini didesain khusus untuk sekolah-sekolah internasional dan memberikan siswa dengan banyak pengalaman melalui kegiatan, perjalanan, komputer dan olahraga.
 JFK Internasional - Swiss
 

9. Branksome Hall – Kanada

 Kanada adalah negara terbesar kedua berdasarkan luas wilayah dan salah satu negara terkaya di dunia. Di bidang pendidikan Kanada memiliki Branksome Hall sebagai salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. Branksome Hall didirikan pada tahun 1903 yang terletak di Toronto, Ontario, Kanada dan menempati wilayah seluas 13 hektar. Siswa Branksome Hall semuanya adalah perempuan dengan jenjang pendidikan TK hingga SMP. Bangunan sekolah Branksome berada di dekat area hutan Carolinian, yang berintegrasi dengan kelas, memiliki empat lapangan tenis, menawarkan kurikulum seni, mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Siswa dididik dengan menumbuhkan keseimbangan antara akademisi dan pilihan co-kurikuler, dan menekankan perspektif global. Branksome memiliki wawasan internasional, dengan banyak guru berkualifikasi tinggi yang memiliki pengalaman mengajar internasional, dan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.
 Branksome Hall - Kanada
 

8. Sekolah Perempuan – Selandia Baru

 Selandia Baru adalah salah satu negara termakmur di dunia dengan indeks korupsi terendah di dunia. Selandia Baru adalah negara dengan tingkat penduduk dewasa yang melek huruf mencapai 99 persen artinya hampir semua warga negara Selandia Baru memperoleh pendidikan yang baik. Selandia Baru memiliki sekolah asrama perempuan terbaik di dunia, Sekolah Perempuan yang terletak di Auckland. Sekolah ini didirikan hampir satu abad yang lalu. Sekolah ini menerapkan pembelajaran yang dinamis, dilengkapi dengan sumber daya kelas yang mutakhir, fasilitas rekreasi yang spektakuler dan lainnya.
 

7. Westminster School – Inggris

 Tidak diragukan lagi bahwa Westminster School adalah sekolah asrama terbaik di dunia yang terletak di samping Westminster Abbey, London. Ada sebuah ungkapan “jika ingin melihat kualitas sebuah lembaga pendidikan, lihatlah para alumninya”. Banyak tokoh dunia (filsuf John Locke), artis top (seperti Dido, Gavin Rossdale) dan tokoh terkenal (komposer Andrew Lloyd Webber) adalah alumni Westminster School. Westminster School didirikan tahun 1179. Lulusan Westminster School sebanyak 50% diterima di Universitas Oxford dan Cambridge. Sebanyak 45 persen memilih program yang sesuai untuk mereka di universitas lain negara terkemuka dan 5 persen telah mengambil tempat di universitas-universitas di Amerika.
 Westminster School - Inggris
 

6. Charterhouse School – Inggris

 Charterhouse School dulunya adalah Rumah Sakit Raja James dan Thomas Sutton. Sekolah ini baru merayakan ulang tahunnya ke 400 di tahun 2011. Charterhouse menawarkan pendidikan yang dinamis dan progresif, dan lulusannya terus mengisi universitas-universitas terbaik di Inggris. Prioritas kegiatannya adalah tidak ujian nilai tetapi stimulasi penyelidikan independen dan rasa ingin tahu intelektual. Siswa didorong untuk menjaga keseimbangan antara kerja akademis dan berbagai kesempatan ekstra-kurikuler, dengan prestasi olahraga dan budaya.
 Charterhouse School - Inggris
 

5. UWCSEA VISI – Singapura

 Dari benua Asia ada UWCSEA VISI, Singapura sebagai salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. United World College of South East Asia menerapkan sistem pendidikan yang holistik. Siswa dari sekolah ini adalah anak-anak ekspatriat di Singapura. Sebuah kutipan review dari The Good Schools Guide International menyatakan bahwa “Sekolah ini memiliki reputasi akademis yang baik sepatutnya tapi menawarkan lebih dari sekadar keberhasilan ujian untuk mahasiswa … Ini bukan sekolah bagi mereka yang akan senang untuk duduk di sela-sela atau bagi mereka dengan kebutuhan pendidikan yang substansial”. UWCSEA memiliki fokus internasional dan telah mengembangkan reputasi seluruh dunia untuk menyediakan pendidikan berbasis nilai menantang holistik dengan penekanan pada prestasi akademik, pelayanan kepada orang lain, pengelolaan lingkungan, kerjasama dan kepemimpinan.
 UWCSEA VISI - Singapura
 

4. Dulwich College Management International (DCMI) – China

 DCMI adalah sekolah asrama terbaik di dunia yang taraf internasional. DCMI adalah jaringan fasilitas pendidikan di Asia berdasarkan filsafat pendidikan salah satu sekolah independen terkemuka Inggris, Dulwich International College, London. DCMI mulai beroperasi di China, dengan pendirian Dulwich College di Shanghai. Lembaga pendidikan ini menawarkan pendidikan non-denominasi akademik kepada masyarakat ekspatriat. Menyusul keberhasilan dari Shanghai College DCMI telah mendirikan Dulwich College di Beijing, Suzhou, dan Zhuhai di Cina maupun di Seoul, Korea Selatan. DCMI juga mengembangkan TK bilingual di bawah nama merek terpisah, Windsor, dan mengembangkan A-level dan layanan penempatan maju untuk pasar lokal.
 Dulwich College Management International (DCMI) - China
 

3. Canadian Academy – Jepang

 Meskipun namanya adalah Canadian Academy namun sekolah ini terletak di Pulau Rokko di Kobe, Jepang. Canadian Akademi didirikan dengan misi menginspirasi siswa untuk bertanya, merenung, dan memilih untuk bekal hidup mereka kelak. Canadian Academy telah mendapat izin dari Kementrian Pendidikan Jepang. Sekolah asrama terbaik di dunia ini berdiri sejak tahun 1913. Canadian Academy telah di akreditasi oleh WASC (Western Association of School and College) dan Council of International Schools (CIS) dari AS. Tata letak sekolah ini dirancang untuk menciptakan lingkungan kekeluargaan dan untuk menumbuhkan hubungan yang lebih dekat antara siswa dan orang tua mereka dengan rumah penduduk.
 Canadian Academy - Jepang
 

2. Eton College – Inggris

 Eton College adalah salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. Sekolah ini hanya menerima anak laki-laki berusia 13 sampai 18 tahun. Awalnya sekolah ini didirikan oleh Raja Henry VI sebagai sekolah amal untuk memberikan pendidikan gratis untuk anak laki-laki miskin tahun 1440. Sistem pendidikan di Eton College menerapkan rasio 10:1, artinya hanya boleh ada sepuluh siswa untuk satu orang guru. Pelajaran komputer sudah ada sejak tahun 1970, namun saat itu hanya ada satu komputer dalam satu sekolah. Kini semua siswa diwajibkan memiliki komputer (laptop) dan menghubungkannya dengan jaringan serat optik sekolah ke kamar tidur siswa masing-masing. Eton College memberikan kualitas pendidikan yang sangat baik untuk para siswa untuk mencapai standar akademik tang tinggi sebagai hasil kegiatan belajar mengajar mereka di kelas.
 Eton College - Inggris
 

1. Sekolah terbaik di dunia adalah di rumah

 Yup, sekolah terbaik di dunia berada di rumah. Tentunya dengan dukungan seluruh anggota keluarga yang juga melakukan pembelajaran sebagai “pembelajar”. Rumah adalah tempat ideal untuk belajar. Belajar hidup, belajar bersosialisasi, belajar secara akademis, belajar keahlian dan lain sebagainya. Setiap orang tua berkewajiban memberikan pendidikan yang maksimal terhadap anak dan bukan tanggungjawab sebuah lembaga pendidikan. Sebuah peradaban yang baik, unggul, berkualitas di mulai dari pendidikan di rumah sebelum melanjutkan ke lembaga pendidikan formal seperti sekolah, asrama dan lain sebagainya. Rumah adalah sekolah pertama dan anggota keluarga adalah siswa yang belajar bersama-sama dan terus belajar.
 Learning at home - 

Sumber: http://yahyagallery.blogspot.com/2013/04/10-sekolah-asrama-terbaik-di-dunia.html#sthash.2odCnajE.dpuf

Post a Comment

 
Top