Keamanan adalah suatu hal yang penting, bahkan untuk suatu sistem operasi (OS). Bagaimana menentukan aman tidaknya suatu OS memang  cenderung menjadi isu yang sulit atau bahkan kontroversial. Satu-satunya sistem operasi yang benar-benar aman adalah yang tidak memiliki kontak dengan dunia luar (misalnya, firmwarepemutar DVD). Dafatr berikut ini adalah Top 10 Sistem Operasi Paling Aman versi secpoint yang dilansir pada situsnya:


1. OpenBSD.

Untuk tujuan umum (general) OpenBSD adalah sistem operasi yang paling aman dari OS yang ada. Fakta bahwa dalam dekade terakhir hanya terkena dua serangan jarak jauh (remote), membuktikan bahwa system keamanannya kuat dengan kebijakan yang ketat. Selain itu, OpenBSD tidak rentan terhadap serangan hacker pada permukaan (surface) walaupun dalam kondisi banyak aplikasi web yang sedang berjalan.



2. Linux.

Linux adalah sistem operasi yang unggul. Dapat dikustomisasi dan dirancang agar benar-benar aman. Linux memiliki kebijakan yang mengesankan dalam hal kerentanan patching.


3. Mac OS X.

OS buatan Apple ini menangani masalah akses pengguna yang lebih baik daripada, katakanlah Windows XP, tetapi masih mengandung sejumlah kerentanan dan eksploitasi secara jarak jauh (remote) pada sistem nya. Hal itu, ditambah dengan respon lambat Apple untuk banyak masalah keamanan. 



4. Windows Server 2008.

Pada versi 2008 ini Microsoft telah melakukan peningkatan pada sistem keamanan terhadap berbagai ancaman, baik untuk backup  data recovery, user control system, web server (IIS) role, dan server role reliable security configurations.





5. Windows Server 2000.

Sistem operasi ini sangat aman sehingga dalam hampir satu dekade sebelumnya Microsoft baru kembali merilis dengan versi OS yang lebih baik lagi. OS ini untuk serverjaringan, komputer notebook, dan workstation  perusahaan yang tetap akan mendapatkan security patches tiap bulannya bahkan setelah sembilan tahun sejak dirilis.

6. Windows Vista.

Dengan OS ini Microsoft berusaha untuk memperbaiki masalah keamanan yang menjadi permasalahan pada Windows 95, 98, ME, dan XP, namun pada akhirnya mulai ditinggalkan konsumen. Permasalahan utama yang dikeluhkan konsumen adalah masalah polarisasi OS --kebijakan keamanan yang membingungkan dan  kurangnya kompatibilitas dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya-- sebenarnya permasalahan keamanan yang harus menjadi ukuran bagi Vista adalah untuk lebih meningkatkan perlindungan terhadap pelanggaran dan penetrasi hacker.

7. Windows Server 2003.

Kelebihan Windows Server 2003 dalam hal keamanan OS memang masih lebih aman daripada Windows XP. Namun, tidak lebih baik dari prototipe sebelumnya, Windows Server 2000. Kelebihan lainnya dalam hal keamanan adalah fitur built-in firewall.



8. Windows XP.

XP merupakan salah satu versi terbaik yang dirilis Microsoft dan paling lama bertahan (terutama karena kegagalan Vista dalam hal kompatibilatas atau koneksi aplikasi sebelumnya yang berbasis Windows). Namun sayangnya dalam hal keamanan XP bisa disebut sebagai yang paling tidak aman, karena OS ini menjalankan banyak layanan jaringan dan memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai hak penuh.


9. HP-UX 11i.

Meskipun itu bukan salah satu sistem operasi yang paling sukses secara komersial di pasaran saat ini, Hewlett-Packard OS yang berbasis Unix ini, termasuk kategori yang teraman dalam daftar ini, karena keunggulan dalam hal kebijakan keamanan (security policies) dibandingkan dengan beberapa sistem operasi yang lebih populer (Mac OS X, Solaris, dan Linux).

10. Solaris.

Ini merupakan varian dari Sun Microsystems Unix-OS, berada pada urutan akhir daftar artikel ini, karena  tidak terfokus secara melekat pada masalah kemanan. Sebagian besar dari koding (source code) Solaris telah dipublikasikan melalui proyek OpenSolaris.


Itulah daftar Top 10 Sistem Operasi Paling Aman. Namun secara umum –tidak hanya faktor keamanan atau secure--  yang menjadi acuan penilaian, technologyflow dalam situsnya memberikan urutan yang berbeda untuk 10 Sistem Operasi Terbaik, apa saja 10 OS tersebut 

Post a Comment

 
Top