Blog Archive

Popular Posts

Thursday, May 23, 2013

Tagged under:

14 Fakta Tentang Pramugari Yang Pantas Kamu Ketahui

 
Di balik senyum manis dan wajah cantik pramugari yang melayani Anda di pesawat, tahukah Anda beratnya pekerjan mereka? Artikel ini mungkin akan membuat Anda lebih menghargai profesi pramugari.

Untuk Anda yang pernah mencicipi asyiknya duduk di bangku pesawat, pasti pernah pula dilayani oleh pramugari manis. Dengan sabar mereka selalu tersenyum ke setiap penumpang yang akan bepergian dengan pesawat, sejak pertama kali masuk hingga keluar pesawat.
Mungkin sebagian orang berpikir ini adalah pekerjaan yang mudah, nyatanya tidak. Untuk menjadi seorang pramugari, sejumlah syarat yang sulit harus dipenuhi, seperti tidak berkacamata dan tidak boleh berkeringat. Tapi yang pasti, seorang pramugari harus selalu tersenyum dan mampu mengangkat beban hingga 28 kg. Wow!
Eits, tapi itu masih sebagian kecil syarat untuk menjadi pramugari. Dilongok dari News Australia, Jumat (28/9/2012) berikut adalah 14 syarat yang harus dipenuhi, jika Anda ingin menjadi seorang pramugari:
1. Make-up adalah segalanya
Bukan rahasia lagi kalau untuk menjadi seorang pramugari, seorang wanita harus tampil menarik dan cantik. Beberapa maskapai malah menjadikan penampilan yang menarik sebagai kunci utama.
Pramugari harus menggunakan make up yang agak tebal agar terlihat gemerlap, dengan warna eyeshadow yang cukup mencolok. Anda bisa menggunakan eyeshadow berwarna biru, pink, merah terang, atau ungu. Eits, jangan lupa untuk menggunakan memotong kuku, dan pastikan kulit tangan tidak bersisik. Yang pasti, kulit harus selalu mengkilap dan jerawat harus benar-benar tertutup tidak terlihat.
2. Tak boleh berkeringat!
Punya keringat berlebihan? Mungkin Anda akan sulit untuk bisa menjadi pramugari. Seorang pramugari harus selalu segar dan tidak berkeringat, terutama di bagian ketiak. Malah, untuk penerbangan ke Selandia Baru, seorang pramugari harus mengenakan bantalan keringat di ketiaknya.
3. Sehat dan kuat
Tampaknya, memiliki tubuh yang sehat dan kuat adalah salah satu syarat seorang wanita yang ingin menjadi pramugari. Sebut saja Qantas, maskapai ini menjadikan sehat dan kuat sebagai syarat utama menjadi anggota kabin pesawatnya.
Untuk memenuhi syarat itu, calon pramugari pun diberi sejumlah pelatihan, seperti membuka dan mengangkat pintu jendela darurat seberat 28 kg, dan juga berenang sejauh 50 meter dengan seragam lengkap. Seorang pramugari juga dituntut memiliki sistem imun yang kuat, agar tidak mudah sakit setelah perjalanan jauh.
4. Bulu hidung, nggak banget
Untuk pramugari pria, bulu hidung dan kuping harus dipangkas dan tidak boleh terlihat. Ia juga harus rutin membersihkan kulit agar selalu tampak bersih, serta mencukur anak rambut di leher.
Khusus pilot, memelihara janggut adalah hal yang dilarang demi alasan keamanan. Jika ingin memelihara kumis, diperbolehkan dengan jarak 1,5 cm dari sudut bibir. Intinya, bibir pilot harus terlihat sempurna, tidak boleh tertutup.
5. Menghindari makan bawang
Memiliki aroma yang wangi adalah keharusan bagi seorang pramugari. Jadi, mereka harus menggunakan parfum setiap saat dan menghindari mengonsumsi makanan mengandung bawang.
“Jika sedang bertugas, mereka harus menggunakan penyegar mulut atau permen agar napas selalu segar,” kata seorang reporter CNNGo seperti yang ditulis News Australia.
6. Tidak berkacamata
“Tidak berkacamata. Anda harus memiliki surat keterangan dari dokter yang mengatakan kalau Anda tidak perlu menggunakan lensa kontak atau kacamata. Tapi Anda harus menggunakan banyak maskara,” kata seorang perekrut pramugari kepada CNNGo.
7. Menghormati seragam
Seorang pramugari dan penulis Heather Poole ingat bagaimana seorang awak pesawat dipecat karena sweater seragamnya diikat di pinggang. Seragam amat penting dalam tugas pramugari, jadi tidak boleh dipakai seenaknya. Bentuk dan warna seragam menentukansenioritas si pramugari.
8. Warna rambut
Untuk warna rambut, beberapa maskapai menentukan sendiri apa warna rambut pramugarinya. Contohnya Qantas, kru kabin maskapai ini diharuskan berwarna gelap dan digelung.
9. Tidak mudah panik
Seorang pramugari diharapkan bisa memberikan sikap tenang dan menenangkan penumpang dalam kondisi apapun.
10. Tinggi dan berat
Untuk menjadi seorang pramugari Qantas, Anda harus memiliki tinggi antara 163 dan 183 cm. Tidak ada ukuran pasti berapa lingkar pinggang seorang awak kabin, yang penting berat badan proposional dengan tinggi.
Hal lain yang tak kalah penting jika ingin menjadi pramugari adalah Anda harus bisa duduk di bangku khusus pramugari tanpa sabuk pengaman. Tubuh Anda juga harus bisa muat melalui jendela darurat.
11. Jangan menggunakan aksesori yang mengkilap
Biasanya, seorang pramugari senang menggunakan aksesori untuk mempercantik penampilannya. Namun, jangan menggunakan yang terlalu mengkilap karena mencolok perhatian.
12. Berpenampilan wajar
Secara umum, pemohon yang ingin menjadi pramugari tidak boleh memiliki tato di bagian tubuh yang kemungkinan terlihat. Tindikan atau gaya rambut yang tidak biasa, juga tidak diperbolehkan.
13. Jangan jorok
Seorang pramugari Qantas harus menyadari betapa pentingnya kebersihan, dan kabin pesawat harus dijaga kebersihan. “Semua kabin harus bersih dan segar bagi penumpang kami.”
14. Bersikap baik dengan penumpang
Salah satu tugas pramugari adalah memberikan perhatian penuh dengan penumpang. Mereka harus bertanya apa saja kebutuhan penumpang bersikap sopan

0 comments:

Post a Comment