Skip to main content

Fakta Ilmiah Berpuasa

Kemarin ada teman yang bilang kalau
“Puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam.”
Pertanyaan kritis seorang teman saya mengatakan, apa iya? Emangnya enzim, hormon, sistem pencernaan butuh istirahat gitu? Apakah mereka tidak kuat sehingga harus istirahat?
Oke, begini saja, mari kita periksa saja fakta ilmiah dibalik puasa
  1. Berpuasa menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah-masalah yang tidak perlu ada bagi orang yang menderita sakit
  2. Tidak ada perbedaan residu usus dan perubahan metabolis antara orang yang berpuasa dalam waktu singkat (hanya 2 jam) atau dalam waktu panjang (lebih dari 2 jam)
  3. Puasa dapat merendahkan kadar kolesterol LDL dan berkurangnya rasa takut (anxiety). Semuanya bersifat baik bagi kesehatan.
  4. Walau begitu, kadar kolesterol jahat (LDL) justru meningkat sedikit pada orang yang berpuasa bila ia masih anak-anak. Sementara itu tidak ada perbedaan kadar kolesterol baik (HDL) dan TC pada anak yang berpuasa dengan anak yang tidak berpuasa. Dikatakan berpuasa di sini artinya tidak mengkonsumsi apapun selama 8 jam atau lebih.
  5. Puasa dapat menghilangkan jaringan lemak berlebih karena rendahnya nilai karbohidrat memaksa tubuh untuk memakai lemak untuk bahan bakar.
  6. Orang yang habis mengalami kecelakaan di bagian tulang belakang sebaiknya berpuasa untuk mempercepat penyembuhan
  7. Orang yang berpuasa mengalami kekurang insulin dan peningkatan Foxa2. Hal ini karena saat seseorang makan, sel beta di pankreas mengeluarkan insulin untuk memblokade Foxa2. Foxa2 sendiri adalah pembakar lemak, pembakar gula dan pemberi motivasi melakukan kegiatan fisik. Artinya, dengan berpuasa, tubuh dapat membakar lemak dan gula dengan baik dan dapat melakukan kegiatan fisik yang lebih baik, sejauh tidak dalam kondisi lapar.
  8. Puasa mengaktivasi Sirt1 dan memperpanjang umur manusia. Hal ini karena Sirt1 adalah enzim kunci di otak yang mengendalikan asupan makanan. Walau begitu, efek yang sama juga dihasilkan dari meminum anggur (wine).
  9. Pada saat berpuasa, aktivitas Sirt3 di tubuh juga meningkat. Aktivitas ini berguna menjaga keseimbangan energi tubuh. Sama halnya dengan aktivitas lainnya, aktivitas Sirt3 juga membuat lemak di konsumsi oleh tubuh dan orang menjadi lebih kurus.
  10. Puasa di bulan Ramadan meningkatkan resiko terkena stroke.
  11. Berpuasa dapat membuat penyakit mata bertambah parah, jika anda menganggap meneteskan obat tetes mata ke mata anda dapat membatalkan puasa
  12. Saat berpuasa, tubuh mengeluarkan zat bernama ghrelin ke saluran darah. Zat ini membuat orang akan menghabiskan banyak waktu di ruang makan untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Dengan kata lain, bila anda berpuasa, anda dapat malas melakukan ibadah sholat magrib, karena anda secara alami akan lama berada di ruang makan, tentunya untuk berbuka puasa.
  13. Kalau anda senang berpuasa, kemungkinan besar anda juga senang makan secara berlebihan. Orang yang tidak berpuasa, cenderung makan dalam takaran yang tidak banyak berubah.
  14. Rajin berpuasa dapat memperpanjang usia reproduksi.
  15. Berpuasa dapat meningkatkan resiko mendapatkan atau memperparah diabetes karena kurangnya insulin dan juga kurangnya protein.
  16. Saat berpuasa, hati mengeluarkan glikogen yang berfungsi sebagai pemasok gula darah saat tidak ada makanan
  17. Orang yang menderita penyakit keturunan hepatic porphyria sebaiknya jangan berpuasa. Puasa dapat membuat penyakit ini kambuh. Saat penyakit ini kambuh, anda mengalami kegilaan.
  18. Puasa dapat meningkatkan kadar adenosine monophosphate-activated protein kinase (AMPK). AMPK berfungsi untuk metabolisme asam lemak. Hal ini tentu berarti puasa menjaga agar tubuh tidak gemuk. Sama seperti diet.
  19. Berpuasa menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  20. Sebagian besar jaringan tubuh kita merespon puasa dengan mengubah sumber energi kaya oktana nya – glukosa – menjadi pembakaran oktana rendah, yaitu lemak. Bagi otak, hanya bahan bakar berkinerja tinggi yang dapat berlaku. Bila tidak ada glukosa dari makanan, karena berpuasa, maka tubuh harus membuat sendiri pasokannya untuk otak. Hal ini dilakukan dengan mengambil energi dari otot dalam bentuk protein dan mengubahnya menjadi glukosa di hati. Proses ini disebut glukoneogenesis. Gula ini kemudian dikirim ke otak lewat pembuluh darah agar otak tetap sehat.
  21. Puasa menurunkan resiko terkena penyakit Huntington, sebuah penyakit syaraf yang berbahaya.
  22. Perubahan panjang waktu puasa dapat menambah resiko penyakit hati. Sejauh puasa dilakukan dalam waktu yang sama panjang, hal ini tidak beresiko. Walau begitu, dua gelas anggur sehari dapat menetralisir resiko penyakit hati.
  23. Puasa terus menerus selama dua hari dapat menurunkan resiko terkena zat kimia berbahaya saat berada di daerah kimiawi
Yup, begitu saja hal baru yang kita temukan mengenai berpuasa dan dampak kesehatan selama 15 tahun terakhir.
Jadi, apakah klaim kalau “puasa dapat mengistirahatkan pencernaan” adalah benar? Sama sekali tidak. Dari fakta-fakta di atas, justru aktivitas tubuh, terutama di jaringan, bertambah giat. Hati memproduksi glukosa, padahal kalau tidak puasa, ia bisa beristirahat. Otak meminta glukosa terus menerus dari hati. Dan sebagian penyakit dapat muncul karena berpuasa.
Tapi secara umum, puasa memang baik. Jadi faktailmiah setuju dengan kegiatan puasa di bulan Ramadan. Walau begitu, bila kita bicara masalah sosial atau ketuhanan, di sini bukan tempatnya. Bila anda merasa membangunkan orang tengah malam dengan berteriak nyaring, seolah semua orang yang mendengar teriakan anda adalah muslim, atau membawa pentungan memaksa warung nasi tutup di siang hari seolah anda menghormati toleransi antar umat beragama. Oh, please.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html