Perkembangan teknologi telepon seluler memang sangat pesat. Tak sedikit perusahaan telepon seluler mengembangkan teknologi yang serupa, bahkan lebih canggih dengan harga terjangkau. 

Dua produk ponsel pintar saat ini yang menonjol adalah Samsung dan Apple. Dua perusahaan tersebut terus bersaing dalam mengeluarkan produk barunya, baik itu ponsel maupun tablet.

Kini, terdapat beberapa pemain baru yang muncul dengan harga lebih terjangkau, namun secara teknologi tidak begitu beda jauh dengan dua produk utama tersebut. Sebagian besar, produk tersebut berasal dari China.

Apa sajakah produk-produk tersebut? Berikut lima produk yang menjadi pesaing produk Samsung dan Apple.

1. ZTE Grand Memo


Satu lagi ponsel pintar keluaran China. ZTE kali ini mengeluarkan gadget penggabungan tablet dengan ponsel pintar. Gadget ini mempunyai layar selebar 5,7 inchi.

Selain itu, gadget ini juga dilengkapi dengan 1 gigabyte RAM dan 16 GB memori terpasang. Baterai gadget ini dikabarkan setara dengan LG Nexus 4. Ponsel yang mempunyai sistem operasi Android Jelly Bean versi 4.1 ini mempunyai kamera yang tak kalah canggih dengan DSLR yaitu dilengkapi dengan resolusi 13 MP.

Sayangnya, gadget ini belum masuk di Indonesia. Namun kabarnya ponsel pintar yang diluncurkan di Barcelona, Spanyol Maret lalu ini akan dijual dengan harga USD 432 (Rp 4,2 juta) per unitnya.

2. Huawei Ascend P2


Kali ini inovasi dilakukan oleh produsen ponsel pintar asal China, Huawei. Perusahaan tersebut kini telah diakui mempunyai produksi ponsel pintar yang masuk dalam daftar 10 gadget paling baik di dunia.

Huawei Ascend P2 ini dilengkapi dengan sistem operasi Android. Selain itu, gadget ini mempunyai kelebihan koneksi yang cepat dengan menggunakan teknologi 4G.

Ponsel yang diluncurkan bersamaan dengan 10 gadget lain di Barcelona, Spanyol Maret lalu ini mempunyai kamera beresolusi 13 MP dilengkapi dengan LED flash. Meski belum dijual di Indonesia, ponsel ini diperkirakan akan dijual di kisaran Rp 5,1 juta.

3. Zopo


Kali ini pesaing datang dari Italia. Perusahaan yang bernama Zopo tersebut meluncurkan produk terbarunya yang setara dengan Samsung dan iPhone, yaitu ZOPO ZP980. Ponsel pintar ini mempunyai dimensi 5 inchi dengan layar full HD beresolusi 19200 x 1080 piksel.

Ponsel ini juga mempunyai RAM 1 GP dan memori internal 16 GB yang terintegrasi dengan kamera 13 MP dan kamera 3 MP di depan. Ponsel pintar ini mempunyai sistem operasi Android Jelly Bean versi 4.2.

Ponsel ini telah diluncurkan di China dengan harga di kisaran Rp 2,4 juta. Sangat murah dengan spesifikasi yang telah disebutkan di atas.

4. Alcatel One Touch Idol Ultra


Kali ini pesaing berasal dari perusahaan Amerika Serikat. Produsen Alcatel baru saja mengeluarkan produk terbarunya yaitu Alcatel One Touch Idol Ultra. Ponsel ini dikenalkan dengan kelebihannya yaitu ponsel pintar paling tipis, setipis pensil.

Ponsel ini juga menjadi partner resmi film Iron Man 3 yang akan dirilis 25 April nanti.

Ponsel ini mempunyai dimensi 4,7 inchi dengan prosesor dual core 1GHz. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean dengan memori bawaan 16GB. Sayangnya, kamera ponsel ini hanya 8 MP saja dengan kamera depan 1,3 MP.

5. OPPO Find 5


Ponsel buatan China ini rencananya akan dijual di Indonesia akhir bulan ini. Ponsel ini mempunyai dimensi 5 inchi dengan desain minimalis. Kameranya juga tak kalah canggih, mempunyai resolusi 13 MP.

Kamera ponsel ini juga mampu mengambil 100 foto dalam kecepatan 5 foto per detik. Ponsel yang dioperasikan dengan sistem Android ini rencananya akan dijual dengan harga Rp 5,5 juta saja.

"Kami sebelumnya memperkenalkan ponsel baru ini di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Kami sangat antusias dengan pasar smartphone di Indonesia yang merupakan pasar beragam dan dinamis sehingga kami optimis dapat sukses di sini," ujar CEO OPPO Indonesia, Jet Lee saat acara Grand Launching OPPO yg bertajuk "FIND THE 5 ELEMENTS" di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Post a Comment

 
Top