Blog Archive

Popular Posts

Friday, August 16, 2013

Tagged under:

8 Fakta Dari Kata MERDEKA

 

17 Agustus 1945-17 Agustus 2013
DIRGAHAYU RI yang ke-68

MERDEKA!!! MERDEKA!!! Itulah kata-kata yang seringkali kita ucapkan dalam rangka merayakan hari jadi Negara ini, tapi apakah di antara anda sudah ada yang mengetahui asal usul kata"MERDEKA" itu sendiri? Siapa yang mempopulerkannya? Dan apa saja hal-hal menarik lainnya?
  • "MERDEKA" berarti bebas, berasal dari bahasa sansakerta "Maharddhika" yang memiliki makna kekayaan, kemakmuran dan kekuasaan.
  • Dalam KBBI kata"MERDEKA" tertulis sebagai berikut, mer·de·ka /merd├ęka/ a 1 bebas (dr perhambaan, penjajahan, dsb); berdiri sendiri: sejak proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 itu, bangsa kita sudah --; 2 tidak terkena atau lepas dr tuntutan: -- dr tuntutan penjara seumur hidup;3 tidak terikat, tidak bergantung kpd orang atau pihak tertentu; leluasa: majalah mingguan --; boleh berbuat dng --;
  • "MERDEKA" adalah kata penyemangat yang di populerkan Bung Karno untuk menggerakkan semangat juang bangsa ini dalam mengusir penjajah asing.
  • Hebatnya kata "MERDEKA" juga sampai di pakai oleh Malaysia dan Singapura untuk mengusir Penjajah Inggris.
  • "MERDEKA ATAU MATI" Semboyan ini di ucapkan oleh Bung Tomo dalam pidato pada peristiwa 10 November.
Kita toendjoekkan bahwa kita adalah benar-benar orang jang ingin merdeka.
Dan oentoek kita, saoedara-saoedara, lebih baik kita hantjur leboer daripada tidak merdeka.
Sembojan kita tetap: MERDEKA atau MATI.
  • Surat kabar yang pertama berani menyatakan INDONESIA MERDEKA sesaat setelah Proklamasi adalah SOEARA ASIA dan TJAHAJA.

  • INDONESIA MERDEKA pada tanggal 17 Agustus 1945, tetapi Belanda menganggap kemerdekaan Indonesia baru terjadi pada 27 Desember 1949. Belanda mau mengakui Indonesia merdeka tahun 1945 baru pada 16 Agustus 2005 lalu.
  • dan yang terakhir, MERDEKA-nya Indonesia bukanlah hasil hadiah dari Belanda, Sekutu, atau pun Jepang! Indonesia Merdeka karena sebuah perjuangan! Indonesia Merdeka berkat tetes darah dan keringat seluruh rakyat Indonesia yang di sertai Rahmat Tuhan yang Maha Esa!!!


-Marilah kita tundukkan kepala mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, mari kita bersegera mengisi kemerdekaan ini sebaik mungkin, jangan sampai kita sia-siakan Bung!!-


0 comments:

Post a Comment