Skip to main content

6 Jenis Produk yang Merupakan Proyek Pemanfaatan Kotoran

Siapa bilang kotoran itu tidak ada manfaatnya? Ternyata kotoran dari makhluk hidup dapat sangat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Kotoran merupakan sumber energi yang murah, banyak ditemui, dan tidak akan pernah habis.
Saat ini para ilmuwan memanfaatkan kotoran sebagai salah satu sumber energi baru bagi kelangsungan hidup manusia. Kotoran dimanfaatkan untuk menghasilkan energi, membuat bahan bangunan, bahkan untuk makanan!
1. Toilet dari Kotoran Kuda
Banyak negara berkembang yang tidak memiliki sistem pembuangan yang baik sehingga dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan pencemaran air. Atas dasar hal tersebut, Virginia Gardiner menciptakan sebuah solusi untuk masalah yang ada. Dia membuat toilet yang terbuat dari 90% kotoran kuda dengan pelapis yang ramah lingkungan yang dicetak menjadi bentuk toilet. Penemuannya ini diberi nama LooWatt. Ketika sudah penuh, limbah dapat diubah menjadi energi dengan bantuan biodigester. Jadi, selain mengatasi masalah sanitasi, LooWatt juga bisa menghasilkan sumber energi yang baru.

2. Batu Bata dari Kotoran Sapi
Untuk penemuan yang satu ini kita patut berbangga diri. Sekolah Bisnis Prasetya Mulya yang ada di Indonesia mengembangkan apa yang disebut sebagai EcoFaeBrick, yaitu batu bata ringan yang terbuat dari kotoran sapi. EcoFaeBrick 20% lebih kuat dan lebih ringan dari batu bata yang terbuat dari tanah liat, dan bahannya alami serta mengurangi terjadinya kerusakan lingkungan dari proses penggalian untuk mendapatkan tanah liat.

3. Sumber Energi dari Kotoran Anjing
Di sebuah taman dekat MIT di Cambridge, Massachusets, tengah berjalan sebuah proyek yang dibuat oleh Matthew Mazzotta, yaitu Spark Park. Idenya adalah untuk para pemilik anjing yang ada di taman membuang kotoran anjing ke dalam alat pengolah buatan Mazzotta, bukan ke tempat sampah. Alat tersebut kemudia akan mengubah gas metana alami yang berasal dari kotoran menjadi energi. Energi tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai sumber listrik lampu jalan yang ada di taman. Park Spark juga membantu mengurangi terjadinya gas rumah kaca secara alami.

4. Sumber Energi dari Kotoran Sapi
Hewlett Packard, Microsoft, dan Google bekerjasama dengan para petani susu di Amerika untuk membahas kemungkinan menciptakan data center (pusat data) dengan sumber tenaga yang berasal dari kotoran. Dari penelitian, diketahui bahwa dari kotoran sapi didapat energi yang bisa menghidupkan bola lampu 100 watt.

5. Bahan Bakar dari Limbah Kotoran Manusia
Perusahaan pengolah limbah Geneco telah mengubah sebuah mobil VW Bug menjadi mesin dengan bahan bakar biologis. Dengan memanfaatkan limbah padat yang dikumpulkan dari 70 rumah tangga, Bio-Bug dapat berkendara sejauh 10.000 mil per tahun. Bio-Bug juga dapat berjalan dengan menggunakan bensin. Dibandingkan dengan kendaraan prototipe yang juga menggunakan bahan bakar biologis, Bio-Bug dapat berjalan lebih bersih dengan daya kerja yang sebanding dengan kendaraan berbahan bakar minyak bumi.

6. Daging dari Kotoran Manusia
Ini dia penelitian yang cukup menghebohkan baru-baru ini. Daging dari kotoran manusia! Hasil penelitian ilmuwan Mitsuyuki Ikeda di Pusat Pengkajian Lingkungan di Okayama, Jepang. Daging yang dibuat dari ekstraksi protein dan lemak kotoran manusia. "Daging" yang dihasilkan kemudian dicampur dengan penyedap rasa. Pembuatan daging palsu ini sebenarnya bertujuan untuk mengurangi emisi karbon yang ditimbulkan oleh industri pengepakan daging menyumbang 18% gas rumah kaca dari seluruh dunia. 

Sumber: huffingtonpost

Comments

Popular posts from this blog

Koleksi Foto Ayam Kampus Bugil Palng HOT !

Foto-foto bugil di bawah ini adalah koleksi foto telanjang ayam kampus yang hanya boleh dinikmati pria dewasa , Sangat Hot , Dan benar - benar membuai nafsu anda untuk menikmati keindahan tubuh mereka yang idah gemulai kalau liah list Foto dibawah ini anda Pasti bakalan tak berhenti untuk Bilang WOOW !!!

Bencana Alam Paling Aneh

Bencana Alam bukanlah hal yang baru. Bencana alam telah mempengaruhi jalannya sejarah sepanjang zaman, menyebabkan kelaparan, hilangnya nyawa, dan dalam kasus yang ekstrim, hancurnya seluruh peradaban. Beberapa bencana alam dirasa cukup aneh oleh manusia baik itu dalam skalanya yang luarbiasa besar ataupun karena jenis bencana tersebut baru diketahui oleh manusia. Ya, kata aneh disini dikarenakan terjadinya diluarkebiasaan atau baru terjadi atau belum/tidak pernah ada bencana seperti itu sebelumnya yang diketahui.


Danau Nyos, Kamerun, 1986

Dokter dan ilmuwan bingung ketika pada bulan Agustus 1986 hampir 1.800 orang ditemukan tewas, serta ribuan ternak dan binatang liar. Tubuh mereka tidak menunjukkan tanda-tanda trauma lahiriah, penyakit, atau racun yang dapat menyebabkan kematian. Dengan bantuan dari para ilmuwan dari seluruh dunia, ditetapkan bahwa danau setempat yang bernama danau Nyos yang terbentuk di kawah gunung berapi punah adalah penyebab yang paling mungkin dari kematian ri…

Fakta Programmer Beserta Mitosnya

Fakta unik tentang programmer beserta mitos sangat banyak, tapi Ada fakta unik mengenai programmer secara tingkah laku dan kebiasaannya. Kehidupan programmer tidak terlepas dari keyboard, layar komputer, bahasa pemrograman dan suasana hening tapi dibalik itu ada sisi lain dari programmer yang menjadi nilai lebih untuk dipertunjukkan.

Programmer adalah orang yang mampu membuat program/Software dan dapat menjalankan perangkat keras/hardware. Meski hobi tapi tak sedikit orang yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan bahkan menggantungkan hidupnya pada profesi ini.

Ada beberapa alasan yang menjadi fakta kenapa programmer orang yang sangat baik :

1. Programmer itu rela pengorbanan
Seorang programmer terbiasa mengerjakan pekerjaannya hingga larut malam atau begadang .jadi jika dia jadi pacar kamu dia akan sama berkorbannya demi kamu.



2. Programmer adalah Penemu solusi
dalam pekerjaannya programmer harus mendengarkan semua system dan masalah yang ada di client. Dan akhirnya sudah dipastikan …