Skip to main content

10 Fakta Menakjubkan Dari Hujan Meteor Perseid

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi hujan meteor

Astronesia-Tiap bulan Agustus,langit malam selalu di bumbui dengan fenomena hujan meteor tahunan yang dijuluki hujan meteor Perseid.Hujan meteor ini berasal dari pecahan komet Swift-Tuttle dan sering menciptakan fenomena hujan meteor paling menakjubkan setiap tahun.

Dan berikut 10 fakta menakjubkan dari hujan meteor Perseid

1. Meteor Perseid Sangat Cepat

Meteoroid Perseid (pecahan yang ada di luar angkasa) sangat cepat.Mereka memasukiatmosfer Bumi (dan kemudian disebut meteordengan kecepatan sekitar 133.200 mph(60 kilometer per detik).Sebagian besar berukuran seperti pasir,hanya sedikit yang berukuran seperti kacang polong atau kelereng.Serpihannya tidak menyentuh tanah,seandainya menyentuh tanah maka akan disebut meteorit.


2. Objek Terbesar
  
Komet Swift-Tuttle, yang puing-puingnya menciptakan hujan meteor Perseid adalah obyek terbesar yang diketahui yang mempunyai orbit berulang melintas dekat Bumi.Intinya memiliki lebar sekitar  6 mil (9,7 kilometer).Besar objek ini mirip dengan besar objek yang memusnahkan dinosaurus.


3. Pendekatan Yang Nyaris Di Masa Depan

Pada tahun 1990an, astronom Brian Marsden menghitung bahwa komet Swift-Tuttle kemungkinan akan menabrak Bumi pada saat melintas dekat Bumi di masa depan.Namun pengamatan saat ini menghapus kemungkinan terjadinya tabrakan itu.Marsdenmenemukan bahwa komet ini dan Bumi mungkin akan mengalami kedekatan yang nyaris (sekitar satu juta mil dari Bumi) pada saat komet ini melintas tahun 3044.

4. Memanaskan Udara
 
Ketika partikel Perseid memasuki atmosfer,mereka akan menekan udara di depannya dan akan memanaskannya.Udara dapat memanaskan Meteor lebih dari 3.000 derajat Fahrenheit (1.650 derajat celcius).Panas yang kuat sehingga menguapkan sebagian meteor menciptakan apa yang kita sebut bintang jatuh.Sebagian terlihat pada jarak 60mil (97 kilometer) dari permukaan tanah.Beberapa meteor memerciki besar, menyebabkan kilatan terang yang disebut bola api, dan kadang-kadang sebuah ledakan terdengar.


5. Banyak Sekali Komet

Komet Swift-Tuttle memiliki banyak teman komet.Sebagian besar berasal dari awan Oort yang membentang hampir setengah jalan ke bintang berikutnya.Sebagian besar komet ini tidak pernah mengunjungi tata surya bagian dalam.Namun beberapa komet seperti komet Swift-Tuttle mempunyai lintasan ke tata surya bagian dalam.


6. Banyak Aliran Puing

Meteoroid Perseid (pecahan yang ada di luar angkasa) masing-masing terpisah jauh dari temannya sekitar 60-100 mil,bahkan pada bagian terpadat aliran puing yang ditinggalkan oleh komet Swift-Tuttle yang memiliki orbit sekitar 130 tahun.Puing-puing ini melayang-layang di ruang angkasa mengikuti lintasan komet,sementara mereka juga menyebar dari waktu ke waktu.

7. Hujan Dini Hari

Sebagaimana bumi berputar, sisi yang menghadap ke arah orbit di sekeliling Mataharicenderung meraup puing-puing meteoroid.Sisi ini tepat berada di atas kepala saat fajar.Untuk alasan ini, Perseids dan hujan meteor lain (dan juga bintang jatuh acak pada umumnya) biasanya terlihat baik saat jam-jam dini hari.

8. Waktu Terakhir Melintas

Komet Swift-Tuttle terakhir terlihat pada tahun 1992.Sebelum itu,komet ini pertama kali terlihat dan ditemukan tahun 1862 oleh astronom Amerika Lewis Swift dan HoraceTuttle.Pada saat itu,Presiden Amerika Serikat di jabat oleh Abraham Lincoln.

9. Komet Swift-Tuttle Terlihat Sejak Zaman Dahulu

Orbit Swift-Tuttle telah ditelusuri kembali hampir 2.000 tahun dan dianggap sebagaikomet yang sama yang diamati pada tahun 188dan bahkan mungkin sudah terlihat pada tahun 69 SM.

10. Tahun Melintasnya Di Masa Depan

Komet Swift-Tuttle akan kembali tahun 2126 dan astronom berpikir mungkin komet ini akan terlihat tanpa menggunakan alat bantu sehingga membuat pertunjukan yang spektakuler seperti komet Hale-Bopp.Jika perhitungan sejarah sudah benar (lihat Fakta #9maka kemunculan komet ini di tahun 2126 akan menandai 3 milenium sudah komet ini terlihat oleh pengamatan manusia.

Nb :
-  Meteoroid Meteoroid adalah benda-benda kecil di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul.

Meteor Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh.

Meteorit Meteorit adalah batu meteor yang berhasil mencapai permukaan bumi.


http://astronesia.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html