Skip to main content

10 Fakta Menakjubkan Dari Hujan Meteor Perseid

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi hujan meteor

Astronesia-Tiap bulan Agustus,langit malam selalu di bumbui dengan fenomena hujan meteor tahunan yang dijuluki hujan meteor Perseid.Hujan meteor ini berasal dari pecahan komet Swift-Tuttle dan sering menciptakan fenomena hujan meteor paling menakjubkan setiap tahun.

Dan berikut 10 fakta menakjubkan dari hujan meteor Perseid

1. Meteor Perseid Sangat Cepat

Meteoroid Perseid (pecahan yang ada di luar angkasa) sangat cepat.Mereka memasukiatmosfer Bumi (dan kemudian disebut meteordengan kecepatan sekitar 133.200 mph(60 kilometer per detik).Sebagian besar berukuran seperti pasir,hanya sedikit yang berukuran seperti kacang polong atau kelereng.Serpihannya tidak menyentuh tanah,seandainya menyentuh tanah maka akan disebut meteorit.


2. Objek Terbesar
  
Komet Swift-Tuttle, yang puing-puingnya menciptakan hujan meteor Perseid adalah obyek terbesar yang diketahui yang mempunyai orbit berulang melintas dekat Bumi.Intinya memiliki lebar sekitar  6 mil (9,7 kilometer).Besar objek ini mirip dengan besar objek yang memusnahkan dinosaurus.


3. Pendekatan Yang Nyaris Di Masa Depan

Pada tahun 1990an, astronom Brian Marsden menghitung bahwa komet Swift-Tuttle kemungkinan akan menabrak Bumi pada saat melintas dekat Bumi di masa depan.Namun pengamatan saat ini menghapus kemungkinan terjadinya tabrakan itu.Marsdenmenemukan bahwa komet ini dan Bumi mungkin akan mengalami kedekatan yang nyaris (sekitar satu juta mil dari Bumi) pada saat komet ini melintas tahun 3044.

4. Memanaskan Udara
 
Ketika partikel Perseid memasuki atmosfer,mereka akan menekan udara di depannya dan akan memanaskannya.Udara dapat memanaskan Meteor lebih dari 3.000 derajat Fahrenheit (1.650 derajat celcius).Panas yang kuat sehingga menguapkan sebagian meteor menciptakan apa yang kita sebut bintang jatuh.Sebagian terlihat pada jarak 60mil (97 kilometer) dari permukaan tanah.Beberapa meteor memerciki besar, menyebabkan kilatan terang yang disebut bola api, dan kadang-kadang sebuah ledakan terdengar.


5. Banyak Sekali Komet

Komet Swift-Tuttle memiliki banyak teman komet.Sebagian besar berasal dari awan Oort yang membentang hampir setengah jalan ke bintang berikutnya.Sebagian besar komet ini tidak pernah mengunjungi tata surya bagian dalam.Namun beberapa komet seperti komet Swift-Tuttle mempunyai lintasan ke tata surya bagian dalam.


6. Banyak Aliran Puing

Meteoroid Perseid (pecahan yang ada di luar angkasa) masing-masing terpisah jauh dari temannya sekitar 60-100 mil,bahkan pada bagian terpadat aliran puing yang ditinggalkan oleh komet Swift-Tuttle yang memiliki orbit sekitar 130 tahun.Puing-puing ini melayang-layang di ruang angkasa mengikuti lintasan komet,sementara mereka juga menyebar dari waktu ke waktu.

7. Hujan Dini Hari

Sebagaimana bumi berputar, sisi yang menghadap ke arah orbit di sekeliling Mataharicenderung meraup puing-puing meteoroid.Sisi ini tepat berada di atas kepala saat fajar.Untuk alasan ini, Perseids dan hujan meteor lain (dan juga bintang jatuh acak pada umumnya) biasanya terlihat baik saat jam-jam dini hari.

8. Waktu Terakhir Melintas

Komet Swift-Tuttle terakhir terlihat pada tahun 1992.Sebelum itu,komet ini pertama kali terlihat dan ditemukan tahun 1862 oleh astronom Amerika Lewis Swift dan HoraceTuttle.Pada saat itu,Presiden Amerika Serikat di jabat oleh Abraham Lincoln.

9. Komet Swift-Tuttle Terlihat Sejak Zaman Dahulu

Orbit Swift-Tuttle telah ditelusuri kembali hampir 2.000 tahun dan dianggap sebagaikomet yang sama yang diamati pada tahun 188dan bahkan mungkin sudah terlihat pada tahun 69 SM.

10. Tahun Melintasnya Di Masa Depan

Komet Swift-Tuttle akan kembali tahun 2126 dan astronom berpikir mungkin komet ini akan terlihat tanpa menggunakan alat bantu sehingga membuat pertunjukan yang spektakuler seperti komet Hale-Bopp.Jika perhitungan sejarah sudah benar (lihat Fakta #9maka kemunculan komet ini di tahun 2126 akan menandai 3 milenium sudah komet ini terlihat oleh pengamatan manusia.

Nb :
-  Meteoroid Meteoroid adalah benda-benda kecil di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul.

Meteor Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh.

Meteorit Meteorit adalah batu meteor yang berhasil mencapai permukaan bumi.


http://astronesia.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Koleksi Foto Ayam Kampus Bugil Palng HOT !

Foto-foto bugil di bawah ini adalah koleksi foto telanjang ayam kampus yang hanya boleh dinikmati pria dewasa , Sangat Hot , Dan benar - benar membuai nafsu anda untuk menikmati keindahan tubuh mereka yang idah gemulai kalau liah list Foto dibawah ini anda Pasti bakalan tak berhenti untuk Bilang WOOW !!!

Bencana Alam Paling Aneh

Bencana Alam bukanlah hal yang baru. Bencana alam telah mempengaruhi jalannya sejarah sepanjang zaman, menyebabkan kelaparan, hilangnya nyawa, dan dalam kasus yang ekstrim, hancurnya seluruh peradaban. Beberapa bencana alam dirasa cukup aneh oleh manusia baik itu dalam skalanya yang luarbiasa besar ataupun karena jenis bencana tersebut baru diketahui oleh manusia. Ya, kata aneh disini dikarenakan terjadinya diluarkebiasaan atau baru terjadi atau belum/tidak pernah ada bencana seperti itu sebelumnya yang diketahui.


Danau Nyos, Kamerun, 1986

Dokter dan ilmuwan bingung ketika pada bulan Agustus 1986 hampir 1.800 orang ditemukan tewas, serta ribuan ternak dan binatang liar. Tubuh mereka tidak menunjukkan tanda-tanda trauma lahiriah, penyakit, atau racun yang dapat menyebabkan kematian. Dengan bantuan dari para ilmuwan dari seluruh dunia, ditetapkan bahwa danau setempat yang bernama danau Nyos yang terbentuk di kawah gunung berapi punah adalah penyebab yang paling mungkin dari kematian ri…

7 Fakta yang Menghebohkan Sepanjang 2015

Kejadian apa sajakah yang ada di balik tahun 2015 ? yuk simak faktanya disini faktanomena

7 fakta terpopuler yang menghebohkan sepanjang 2015


akta paling populer di tahun 2015 sangat menghebohkan merupakan fakta paling hot dan fakta terpopuler yang paling menghebohkan warga indonesia sejak januari sampai sekarang dibawah ini faktanya di rangkum oleh rajawow.com
7 fakta terpopuler yang menghebohkan sepanjang 2015
1.AHOK vs DPrd ketegangan antara gubernur DKI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menyebabkan adu argumen anatara kedua belah pihak saling menguak seperti ahok berusaha membongkar sisi kecurangan DPRD kepada rakyat indonesia begitu juga DPRD tidak hanya duduk diam atas serangan AHOK yang selalu blak-blakan berbicara dihadapan publik,DPRD mengambil andil dan menyerang AHOK serta membungkam kembali mulut AHOK yang suka ceplas-ceplos logat bahasanya tidak hanya berhenti disitu saja wakil presiden RI pun ikut turun tangan menegur AHOK agar berbicara secara sopan dan sant…