http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi Kepler 37b

Astronesia-Astronom berhasil menemukan dunia baru yang aneh yang berukuran sama seperti Bulan Bumi dan memecahkan rekor untuk planet asing terkecil yang diketahui.

Planet itu adalah Kepler 37b,planet pertama ditemukan yang berukuran lebih kecil dariMerkurius.Planet ini juga memiliki suhu permukaan yang panas berkisar 800 derajatFahrenheit (427 Celcius), kata para peneliti.Ini bukan tempat yang menjanjikan bagi kehidupanmereka menambahkan.

Para astronom menemukan Kepler-37b dan dua planet lainnya, planet yang lebih besar(disebut Kepler-37c dan Kepler-37d) yang mengorbit bintang berjarak sekitar 215 tahun cahaya dari Bumi menggunakan NASA's prolific Kepler space telescope.Planet ini berada di konstelasi Lyra.

Bintang memiliki sedikit bintik matahari dan relatif cerah,sehingga lebih mudah bagipesawat ruang angkasa Kepler untuk menemukan tanda peredupan yang terjadi ketikasebuah planet lewat di depan bintangnya atau biasa disebut transit.Metode ini bukan hanya mengungkapkan kehadiran Kepler-37b, namun juga menemukan dua planet lain yang mengorbit lebih jauh dari bintang induknya di banding Kepler-37b.

Planet ini terlalu panas untuk kehidupan

Kepler-37b dan saudaranya37c dan 37d,kemungkinan tidak dapat dihunikata para ilmuwan.Ketiga planet terletak dekat dengan bintang induknyabaik di dalam jarakbumi-matahari (disebut astronomi unitatau AU).Satu unit astronomi adalah sekitar 93juta mil (150 juta kilometer).

http://astronesia.blogspot.com/
Perbandingan Planet Kepler dan Planet Lain di Tata surya

Planet Kepler-37b yang berukuran seperti Bulan ini berjarak sekitar 0,10 AU dari bintang induknya,kemungkinan besar tidak memiliki atmosfer atau air cair di permukaannya.Planet berikutnyaKepler-37c, sedikit lebih kecil dari Bumi dan mungkin memiliki atmosfertetapi mengorbit bintang di 0,14 AU - di luar zona layak huni bintang dimana air cair dapat eksis di permukaan.

Dan planet terbesarnya Kepler-37d,berukuran dua kali ukuran Bumi dan mengorbitbintang induknya pada jarak 0,2 AU.

Planet Kepler-37d ini memiliki atmosfer yang panas dan kemungkinan juga planet ini bukan planet berbatu melainkan planet gas,terlihat dari ukurannya.

Langkah berikutnyaBarclay menambahkan, akan mencari exoplanet yang berukuran seperti Merkurius pada jarak lebih jauh dari bintang induk Kepler 37.Mungkin masih ada lebih banyak planet yang mengelilingi bintang ini dan menunggu untuk ditemukan.

Barclay dan timnya mengambil perhatian besar untuk mengkonfirmasi keberadaan planet di sekitar Kepler-37.

Sumber: Space.com

Post a Comment

 
Top