Skip to main content

Exoplanet Seukuran Bulan Ditemukan

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi Kepler 37b

Astronesia-Astronom berhasil menemukan dunia baru yang aneh yang berukuran sama seperti Bulan Bumi dan memecahkan rekor untuk planet asing terkecil yang diketahui.

Planet itu adalah Kepler 37b,planet pertama ditemukan yang berukuran lebih kecil dariMerkurius.Planet ini juga memiliki suhu permukaan yang panas berkisar 800 derajatFahrenheit (427 Celcius), kata para peneliti.Ini bukan tempat yang menjanjikan bagi kehidupanmereka menambahkan.

Para astronom menemukan Kepler-37b dan dua planet lainnya, planet yang lebih besar(disebut Kepler-37c dan Kepler-37d) yang mengorbit bintang berjarak sekitar 215 tahun cahaya dari Bumi menggunakan NASA's prolific Kepler space telescope.Planet ini berada di konstelasi Lyra.

Bintang memiliki sedikit bintik matahari dan relatif cerah,sehingga lebih mudah bagipesawat ruang angkasa Kepler untuk menemukan tanda peredupan yang terjadi ketikasebuah planet lewat di depan bintangnya atau biasa disebut transit.Metode ini bukan hanya mengungkapkan kehadiran Kepler-37b, namun juga menemukan dua planet lain yang mengorbit lebih jauh dari bintang induknya di banding Kepler-37b.

Planet ini terlalu panas untuk kehidupan

Kepler-37b dan saudaranya37c dan 37d,kemungkinan tidak dapat dihunikata para ilmuwan.Ketiga planet terletak dekat dengan bintang induknyabaik di dalam jarakbumi-matahari (disebut astronomi unitatau AU).Satu unit astronomi adalah sekitar 93juta mil (150 juta kilometer).

http://astronesia.blogspot.com/
Perbandingan Planet Kepler dan Planet Lain di Tata surya

Planet Kepler-37b yang berukuran seperti Bulan ini berjarak sekitar 0,10 AU dari bintang induknya,kemungkinan besar tidak memiliki atmosfer atau air cair di permukaannya.Planet berikutnyaKepler-37c, sedikit lebih kecil dari Bumi dan mungkin memiliki atmosfertetapi mengorbit bintang di 0,14 AU - di luar zona layak huni bintang dimana air cair dapat eksis di permukaan.

Dan planet terbesarnya Kepler-37d,berukuran dua kali ukuran Bumi dan mengorbitbintang induknya pada jarak 0,2 AU.

Planet Kepler-37d ini memiliki atmosfer yang panas dan kemungkinan juga planet ini bukan planet berbatu melainkan planet gas,terlihat dari ukurannya.

Langkah berikutnyaBarclay menambahkan, akan mencari exoplanet yang berukuran seperti Merkurius pada jarak lebih jauh dari bintang induk Kepler 37.Mungkin masih ada lebih banyak planet yang mengelilingi bintang ini dan menunggu untuk ditemukan.

Barclay dan timnya mengambil perhatian besar untuk mengkonfirmasi keberadaan planet di sekitar Kepler-37.

Sumber: Space.com

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html