Skip to main content

10 Game Adaptasi Film Terbaik dalam Sejarah


Sebagai sebuah bagian dari satu kesatuan bisnis yang lebih besar, industri game memang tumbuh bersama dengan industri-industri hiburan lainnya. Tidak hanya sekedar berjalan beriringan, banyak dari mereka menggantungkan diri satu sama lain, saling bertukar dan mengimplementasikan ide yang sudah ada ke dalam bentuk yang baru. Dari kacamata gamer, kita mungkin banyak melihat bahwa ide seperti ini begitu buruk. Mengapa? Karena sudah menjadi fakta yang tidak dapat lagi dipungkiri bahwa proses adaptasi seringkali berakhir menjadi mimpi buruk, terutama mereka yang berusaha membawa ide-ide original video game menjadi film Hollywood dengan efek luar biasa. Lantas bagaimana dengan proses adaptasi sebaliknya? Dari film menjadi video game?
Dari sekian banyak video game yang lahir di industri game setiap tahunnya, tidak sedikit video game yang dikembangkan dan diriis berdasarkan sebuah judul film yang memang sudah populer terlebih dahulu. Beberapa diantaranya bahkan datang sebagai konten pelengkap yang dirilis secara bersamaan dengan filmnya. Hebatnya lagi, tidak jarang datang dengan konten-konten ekstra yang bahkan tidak ada di film. Apa yang sebenarnya seorang gamer cari dari sebuah game hasil adapatasi dari film? Poin utamanya tentu adalah kemampuan untuk menghadirkan sensasi yang sama, apalagi ia dikembangkan secara serius dengan menghadirkan plot yang berbeda. Satu yang pasti, memuaskan kebutuhan kualitas gaming seorang gamer bukanlah sesuatu yang mudah. Dari semua game yang mengusung konsep yang sama, hanya beberapa saja yang mampu melakukannya.
Jadi 10 game adaptasi film apa saja yang menurut kami, terbaik sepanjang masa?

10. Bourne Conspiracy

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Bourne yang fenomenal di industri film Hollywood? Datang dengan pertarungan yang cepat dan brutal serta plot konspirasi yang menarik, Bourne yang diadaptasi dari seri novel ini berhasil menciptakan sebuah “standar baru” bagi film action. Lantas bagaimana dengan gamenya sendiri? Bagi para penggemar Bourne, Conspiracy harus diakui menghadirkan adaptasi yang berhasil menangkap esensi filmnya sendiri, terutama dari sisi pertarungan tangan kosong yang ada. Sisi sinematik yang dhadirkan benar-benar memunculkan sensasi brutalitas Bourne yang selama ini kita kenal. Walaupun harus diakui muncul sebagai sebuah game action yang terhitung standar, namun bagi para penggemar Bourne, Conspiracy adalah “surga”.

9. Die Hard Trilogy

Yippie ki-yay Mother-father! Semua penggemar film action tentu familiar dengan ucapan khas John McClane ini (saya tentu harus memodifikasinya sedikit). Perawakan salah satu karakter protagonis yang terhitung paling susah dibunuh ini memang mampu meramu sebuah cerita pertualangan dan pertempuran yang epik, Tiga trilogi pertamanya yang sudah seringkali diputar di stasiun televisi swasta di Indonesia membuat franchise film yang satu ini begitu dekat. Namun tahukah Anda bahwa Die Hard pernah diadaptasikan menjadi sebuah video game yang juga dirilis secara – trilogi? Datang dengan elemen action  dan arcade shooting ala Time Crisis, adaptasi Die Hard menjadi video game memang untuk masuk sebagai salah satu yang terbaik. Sederhana tetapi juga mampu menghadirkan sensasi epicness yang sama.

8. The Lords of the Ring

Peter Jackson mungkin sudah menyihir jutaan penikmat film lewat trilogi Lords of The Ring yang epik. Namun bagi industri game, ini menjadi kesempatan yang terbaik untuk berusaha menggaet pasar potensial sama yang mungkin jatuh hati pada ketiga film ini. Hasilnya? Sebuah game adaptasi yang terhitung baik. Dirilis pertama kali untuk Playstation 2, adaptasi game dari Lord of The Rings ini datang sebagai kesempatan untuk terlibat dalam perjalanan melelahkan Frodo, Eragorn, Legolas dan Gandalf yang lebih interaktif. Dibalut dalam format action, game ini berhasil menangkap semua esensi LOTR dengan sangat baik, terutama dari desain karakter dan dunia Middle-Earth yang begitu dingin dan kelam. Bagi para pencinta seri LOTR, adaptasi ini menjadi seri yang tidak boleh terlewatkan.

7. The Chronicles of Riddick

Anda mengenal nama Riddick sebelumnya? Anda yang menggemari film-film science-fiction yang berhubungan dengan perang masif antar alien tentu mengenal seri film yang satu ini. Dibintangi oleh Vin Diesel, Riddick memang tidak menawarkan banyak hal baru untuk sebuah film, namun untuk versi gamenya sendiri? Begitu banyak pujian melayang untuknya. Sebagai sebuah game first person yang lebih dari sekedar shooter, Riddick puji karena mampu menghadirkan mekanisme gameplay yang berbeda dibandingkan game first person lainnya. Dimana kegelapan dan bayangan memainkan peranan yang penting bersama dengan plot yang juga menarik. Riddick berhasi mencapai kualitas dimana versi gamenya sendiri lebih banyak dipuji daripada film-film yang lahir dari franchisenya.

6. Aladdin

Di masa ketika Disney masih hidup dengan film-film kartun berkualitas, tidak ada satupun anak-anak yang tidak mengenal nama Aladdin yang diadaptasikan dari cerita 1001 malam. Karpet terbang, jin dari lampu ajaib, dan usaha untuk menyelamatkan sang putri raja dari cengkeram kekuatan jahat memang menjadi cerita impian khas anak-anak yang harus diakui, berhasil divisualisasikan dengan kualitas yang patut diacungi jempol. Untuk adaptasi gamenya sendiri? Aladdin untuk Super Nintendo boleh dibilang  sebagai salah satu yang terbaik. Hadir dengan animasi dan gaya yang hampir sama dengan film kartunnya, Aladdin berhasil menghadirkan sensasi petualangan yang seru lewat platform dua dimensinya yang sederhana. Tidak mudah untuk melewatkan game yang satu ini.

5. Matrix: The Path of Neo


Menghindari peluru, terbang, mengalahkan pasukan bersenjata lengkap dengan tangan kosong, bergerak sangat cepat dengan bullet time, dan menghadapi pertarungan epik dengan Mr. Smith sudah menjadi impian bagi semua gamer yang sempat menikmati trilogi The Matrix yang cukup membingungkan. Ada usaha untuk mengadaptasikan game ini lewat Enter The Matrix yang membawa cerita dari sudut pandang Niobe dan Ghost, namun berakhir mengecewakan karena absennya sang tokoh utama – Neo di dalamnya. Lewat The Path of Neo, “kesalahan” ini diperbaiki dalam level yang luar biasa. Semua kesalahn seolah terampuni dengan seri yang satu ini. Berperan sebagai Neo, kita diberi kesempatan untuk menyusuri berbagai setting, level, dan pertarungan memorable yang mendefinisikan seri The Matrix itu sendiri. Salah satu adaptasi  terbaik.

4. Jurassic Park: The Lost World

Lewat tangan dingin Steven Spielberg, kita berkesempatan untuk merasakan sensasi Dinosaurus yang hiudp, walaupun hanya lewat tipuan teknologi dan kamera. Walaupun tidak menghadirkan fakta yang akurat sesuai data pre-historis yang tercatat, namun Jurassic Park tumbuh menjadi salah satu franchise film yang tidak tergantikan, sampai kapan pun. Lantas bagaimana dengan versi video gamenya sendiri? Dari semua genre yang pernah didapatasikan darinya, seri Jurassic Park: The Lost World adalah yang terbaik. Tidak hanya terjebak mengambil sisi cerita dari manusia, Anda bahkan diberi kesempatan untuk berperan sebagai dinosaurus-dinosaurus ikonik dalam sebuah platform gameplay dua dimensi. Ini menjadi satu-satunya kesempatan Anda berperan sebagai Velociraptor atau T-Rex yang memaksa manusia.

3. LEGO Indiana Jones

Menganggap remeh sebuah seri LEGO video game adalah kesalahan besar. Walaupun visualisasinya begitu sederhana dan tidak menarik hati, namun LEGO selalu mampu menawarkan sebuah tingkat kesenangan yang tidak terlukiskan. Salah satu tren yang paling identik dengan LEGO adalah kebiasaannya mengadaptasikan sebuah game yang lahir dari film-film ikonik yang populer. Sebut saja Star Wars, Harry Potter, Batman, Pirates of Caribbean, hingga Indiana Jones. Memang sulit untuk mencari yang terbaik dari semua seri ini, namun Indiana Jones pantas mendapatkan perhatian lebih. Mengapa? Pertama, karena Indiana Jones bukanlah sebuah seri film yang mudah Anda temukan di industri game. Kedua? Karena kemampuannya menangkap esensi Indiana Jones dalam gameplay yang begitu fun, tetapi juga epik dalam kesempatan yang sama.

2. GoldenEye 007


Seiring dengan lahirnya lebih banyak seri James Bond di industri film, maka semakin banyak pula video game yang dirilis dengan nama yang serupa, seperti yang dilakukan oleh 007 Legends yang rencananya akan merangkum enam cerita Bond ke dalamnya. Namun dari semua seri yang ada, GoldenEye: 007 yang dirilis di Nintendo64 pada tahun 1997 silam pantas mendapatkan penghargaan tertinggi. Mengapa? Terjual lebih dari jutaan unit, tidak hanya sekedar adaptasi, ia bahkan dianggap sebagai sebuah karya FPS yang menjadi standar bagi game-game bergenre serupa setelahnya. Menggabungkan sedikit konsep open-world di dalamnya, GoldenEye: 007 menjadi sebuah bukti, bahwa sebuah film dan adaptasi video game yang menyertainya, memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan, selama dikerjakan dengan kualitas terbaik.

1. The Godfather


Lantas siapa yang pantas menjadi game adaptasi film yang terbaik? Bagi Anda yang pernah merasakan keanggunan dan kekuatan cerita dari trilogi The Godfather akan setuju bahwa seri video game yang diadapatasikan darinya merupakan yang terbaik. Dengan mekanisme gameplay open-world ala GTA, The Godfather menawarkan semua hal unik yang tidak akan pernah Anda temukan di game-game serupa, bahkan untuk sekelas Mafia atau GTA sendiri. Sebagai sebuah game mafia, ia menawarkan konsep gameplay dengan kesan role-playing yang kuat. Anda  akan benar-benar berperan sebagai seorang mafia dengan semua kejahatan yang bisa Anda lakukan, dari sekedar memeras, membunuh, bahkan berperang memperbutkan kekuasaan dengan keluarga mafia yang lain. Walaupun masih kalah epik dengan cerita film triloginya (terutama dua seri pertama), The Godfather versi video game ini berhasil menangkap pengalaman menjadi seorang mafia yang sesungguhnya. Tidak heran ia pantas menjadi yang terbaik.
Di atas adalah 10 game adaptasi film terbaik sepanjang masa menurut versi kami. Sebagian besar dari Anda tentu bertanya-tanya tentang absennya beberapa judul film seperti Star Wars dan Batman: Arkham City yang begitu luar biasa. Namun, dari sudut pandang kami, kedua game ini sama sekali tidak berhubungan dengan seri film populer yang lahir dari franchise yang sama. Batman misalnya, mengesankan plot dan cerita yang lebih terkesan ke arah komiknya, walaupun visualisasinya kental dengan gaya milik Christopher Nolan.
Jangan ragu untuk memberikan komentar jika Anda merasa ada video game yang pantas untuk mastuk ke dalam list di atas namun terlewatkan oleh kami. Feel free to comment!

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html