Skip to main content

Bukti Bahwa UN Sekarang Lebih Susah



Siswa SMA hampir di seluruh Indonesia serentak ngelaksanain Ujian Nasional (UN) mulai hari Senin, 15 April 2013. Meriah? Pastinya nggak, yaiyalah mana ada UN meriah, kan di depan sekolah dipasang tulisan, “HARAP TENANG SEDANG UJIAN.” Mana bisa meriah pake balon dan glitter-glitter di udara. Oke, sorry, kita fokus lagi.

Kami mengucapkan semoga kalian yang sedang menempuh UN diberi kelancaran dan bisa mengerjakan soal-soalnya dengan maksimal.

Kami sempat mendengar, ternyata UN kali ini jadi ribet. Banyak aturan dan banyak kejadian-kejadian yang justru mempersulit UN. Mungkin ini disebabkan karena pemerintah terlalu fokus mencari cara supaya para siswa gak bisa nyontek ketimbang mencari cara agar para siswa bisa sukses ngerjain soal UN. Mungkin.

Beberapa hal tersebut adalah:

  1. LJK Gampang Robek
LJK yang terlalu tipis pastinya jadi gampang robek kalau dihapus. Ini aneh. LJK harusnya dibuat sekuat mungkin supaya bisa awet dan gak gampang robek. Tapi yang terjadi ternyata LJK-nya gampang robek. Lha, ini kan LJK, bukan cewek PMS, kok sensitif banget sih?

Kalau cewek PMS sih wajar sensitif, kalau LJK yang gampang robek sih gak wajar. Soalnya sesensitif apapun LJK, LJK nantinya gak bakal bisa hamil. Jadi, LJK gak boleh sensitif kayak cewek PMS. Harusnya.

  1. Soal dan LJK Pake Barcode
Oke ini tujuannya supaya gak terjadi kebocoran soal karena naskah soal dan LJK gak bisa dipisah karena dicocokkan barcode-nya. Tapi kalau LJK-nya mudah robek, tamatlah riwayat seorang siswa. Ini malah bikin fokus siswa bukan buat mengerjakan soal, tapi malah bikin fokus jagain LJK supaya gak robek atau kotor. Soalnya gak akan bisa pake LJK cadangan.

Ibarat pasangan, soal UN dan LJK kali ini gak bisa dipisahin. Padahal, setiap pasangan gak selamanya sama yang itu-itu aja. Kalau emang gak jodoh, ya harusnya bisa move on. Format UN yang seperti ini malah ngajarin kita buat gak move on. Hiks.

  1. Ada 20 Paket
Pemerintah terlalu insecure nih sama masalah UN. Curigaan banget siwa SMA bakal pada nyontek. Padahal kan… #IsiSendiri. Kondisi kayak gini juga bikin siswa yang UN gak tenang. Mana ada orang yang mau di-insecure-in sampe kaya gitu. Di-insecure-in pacar aja udah cukup, gak perlu lagi sama soal UN.

UN sampe 20 paket ini terlalu insecure. Padahal cuma beda urutan nomernya aja. Soalnya sih itu-itu aja. Kecuali kalau ada paket hemat, yang harusnya 50 soal, kalau di paket hemat bisa sampai 25 soal. Atau yang paling bikin gampang adalah paket take away, soal UN-nya dibawa pulang dan dikerjakan di rumah. Pasti paket take away paling banyak dipilih nih kalau ada. Kalau ada itu juga. Kwuk!

  1. Keterlambatan Distribusi Soal
Ini ironis dan inilah kenapa kami menuliskan di awal tulisan ini, “Siswa SMA hampir di seluruh Indonesia.” Itu karena 11 provinsi di Indonesia belum melaksanakan UN karena distribusi soal yang bermasalah. Sekolah belum menerima soal UN padahal seharusnya UN bisa dilangsungkan hari itu. Efeknya bahaya, siswa yang udah nyiapin mentalnya dari jauh hari bisa nge-drop karena momen yang diperjuangkan itu terhambat.

Ibaratnya gini, kita udah di-PDKT-in sama gebetan udah lama, suatu hari dia pengen ngajak kita jalan dan dia bilang mau ngomong serius hari itu. ekspektasi udah pasti berkata bahwa dia bakal nembak di hari itu. tapi yang terjadi dia tiba-tiba ngilang di hari H tanpa kabar. Tertundalah momen penting itu. hal itu bikin kita bertanya, “Sebenernya dia serius gak sih sama gue?” Nah, untuk kasus UN, “Sebenernya pemerintah serius gak sih ngurusin UN?” Kwuk!

Dari sekian banyak penyebab kenapa UN tahun ini lebih susah dari tahun sebelumnya sebenernya cuma satu, yaitu tahun ini lagi ramenya orang main Twitter. Iya, penyebab UN jadi susah itu Twitter. Sesederhana itu.

Twitter lagi rame banget akhir-akhir ini, sampe presiden SBY aja udah bikin akun Twitter. Anak SMA? Udah pasti punya dari lama. Di Twitter itu, gak ngetwit aja udah bisa seneng baca timeline. Lupa belajar deh. Apalagi kalau udah stalking timeline gebetan atau mantan, nyeseknya habisstalking itu bisa bikin kita jadi lupa kalau besok itu UN. Bawaannya ya pengen bengong-bengong galau ngeliatin bintang-bintang gitu deh. Kwuk!

Menurut kamu, apa lagi yang bikin UN sekarang tuh jadi susah? Coba-coba pada curhat sini di kolom comments.

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html