Banyak orang mimpi bisa berbicara dengan perangkat komputer dan menyuruhnya untuk melakukan sesuatu seperti menyalakan perangkat elektronik (tv , mp3 player, lampu , dst) , mengambilkan makanan , menganalisa data bahkan diajak untuk bercerita alias curhat. 
Beberapa film sudah banyak memvisualisasikan perangkat komputer pintar itu, dengan efek2 yang sangat membuat penontonnya terpukau dan pastinya menginginkan memiliki komputer pintar itu,berikut 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film,dikutip dari berbagai sumber:
1. ICARUS
Judul Film : Sunshine (2007)
Sutradara : Danny Boyle
ICARUS adalah nama perangkat komputer pintar yang bisa diajak berbicara dalam misi untuk menyelamatkan bumi dari padamnya sinar matahari , dimana para ahli science memprediksi matahari pada saat itu tahun 2057 akan tidak lama lagi berpijar alias mati. Maka dibentuk tim untuk membom inti matahari supaya matahari terus hidup bercahaya.
Icarus ini sangat cangih dapat berbicara , menganalisa data yang diperlukan oleh awak-awak pesawat . Icarus pertama dikirim pun gagal , dan icarus II kemudian dikirim dengan harapan terakhir. Tapi kesalahan icarus II adalah gagalnya pemberitahuan bahaya kepada awak-awak pesawat dalam misi tersebut.
2. AUTO
Judul Film : Wall-E (2008)
Sutradara : Andrew Stanton
AUTO 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film
AUTO adalah perangkat komputer pintar yang ada didalam film WALL-E dimana dalam cerita kondisi bumi saat itu sudah tidak bisa dihuni. Maka manusia menciptakan sebuat pesawat luar angkasa bernama Axiom sementara sampai bumi bisa dihuni kembali.
Setelah terlalu lama tinggal di pesawat Axiom hampir semua manusia hidup dalam kenyamanan yang disediakan oleh komputer pintar didalam pesawat Axiom yang bernama AUTO. Karena segala sesuatu telah disediakan oleh AUTO ini ,manusia hampir tidak bisa berjalan sendiri tulang dan persendiannya tidak pernah bergerak dalam waktu yang sangat lama.
Sampai pada akhirnya ditemukan tanaman dibumi yang menandakan bumi sudah layak untuk dihuni tapi ternyata AUTO tidak memperbolehkan para manusia itu kembali ke bumi.
3. HAL 9000
Judul Film : 2001: A Space Odyssey (1968)
Sutradara : Stanley Kubrick
HAL 9000 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film
HAL 9000 adalah perangkat pintar didalam pesawat luar angkasa Discovery One. HAL mampu berinteraksi dengan pintar dengan manusia , mengolah expresi manusia , bermain catur dan berapresiasi dalam seni.
Namun ada beberapa kesalahan dalam program HAL yang dianggap berbahaya sampai kedua awak astronot dalam Discovery One memutuskan untuk mematikan HAL. Tentu saja perangkat pintar ini tidak tinggal diam dan melakukan berbagai perlawanan.
4. RED QUEEN
Judul Film : Resident Evil (2002)
Sutradara : Paul W. S. Anderson
RED QUEEN 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film
RED QUEEN adalah superkomputer yang dimiliki Umbrela Corporation yang mengendalikan The Hive fasilitas laboratorium besar dibawah tanah. RED QUEEN ini mengendalikan semua fasilitas didalam laboratorium tersebut sampai pada akhirnya terjadi kesalahan T-virus (virus yang dikembangkan oleh Umbrela Corporation).
Bekerja secara prosedural RED QUEEN yang divisualisasikan melalui hologram berwujud anak kecil ini menutup semua akses masuk dan keluar fasilitas laboratorium. Untuk manusia yang berusaha melarikan diri RED QUEEN ini tidak segan-segan untuk membunuh demi T-Virus ini tidak tersebar keluar.
5. VIKI
Judul Film : I-Robot (2004)
Sutradara : Alex Proyas
VIKI 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film
VIKI adalah singkatan dari Virtual Interactive Kinetic Intelligence , VIKI ini superkomputer yang di ciptakan oleh Dr. Alfred Lanning . VIKI ini diciptakan dengan 3 dasar hukum :
  1. Robot tidak akan membahayakan manusia , dan tidak akan membiarkan bahaya mengancam manusia
  2. Robot harus menuruti semua perintah manusia , kecuali perintah manusia tersebut melanggar hukum nomor 1.
  3. Robot harus melindungi keberadaannya sendiri kecuali melanggar hukum nomor 1 dan nomor 2.
VIKI divisualisasikan dengan hologram berbentuk kotak dengan wajah yang dibentuk dari beberapa pixel gambar.
Dengan banyaknya ancaman dari manusia terhadap VIKI , dan dengan kepintarannya yang luar biasa superkomputer VIKI ini sampai bisa merubah hukum nomor 1. Dimana akhirnya lahirlah yang disebut Revolusi para robot , para robot melenyapkan semua manusia karena manusia dianggap ancaman bagi manusia sendiri.
6. EDI
Judul Film : Stealth (2005)
Sutradara : Rob Cohen
EDI 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film
EDI adalah teknologi seperti otak yang berpikir dan membuat keputusan. Bentuknya bulat dengan cairan biru didalamnya. EDI ini di bentuk oleh tentara amerika dengan tujuan memperkecil korban akibat perang, dengan memasukan EDI ke pesawat tempurnya , amerika memiliki salah satu pesawat jet tanpa pilot tercangih saat itu.
EDI ini berdiri sendiri dan dapat membuat keputusan sendiri layaknya manusia biasa. EDI di gabungkan dalam misi bersama pilot-pilot elite militer amerika. Dalam misinya EDI tidak menuruti perintah sang komandan team , dikarenakan EDI dapat memprediksi langkah2 apa saja yang lebih baik untuk dia lakukan terhadap musuhnya. Bahkan EDI dapat memprediksi kemenangan teamnya.
7. SKYNET
Judul Film : Terminator 3 : Rise of The Machines(2003)
Sutradara : Jonathan Mostow
SKYNET 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film
SKYNET adalah jaringan kemananan yang dimiliki amerika serikat untuk prosedure darurat dimana jaringan utama terancam. Dengan terjadinya serangan virus bertubi-tubi yang pertama diduga dari musuh-musuh militernya , amerika terdesak untuk mengaktifkan prosedure SKYNET untuk mengamankan jaringan utamanya.
Namun yang sebenarnya terjadi adalah SKYNET sendiri yang menganggu jaringan utama mereka. Sehingga setelah diaktifkan SKYNET ini , seluruh komputer didunia dikuasai oleh SKYNET. SKYNET mulai menginfeksi semua perangkat komputer diseluruh dunia dan menghancurkan manusia yang dianggap adalah ancaman utamanya.
Dengan sudah banyaknya robot dibentuk , saat itu disebut “The Judgement day” atau disebut “Hari Kiamat para manusia”. SKYNET sendiri meluncurkan roket nuklir ke arah musuh-musuh amerika , dimana SKYNET sudah tau musuhnya pun akan menembakan roket nuklir kepada amerika sebagai perlawanan. Pada hari itu hampir semua manusia musnah akibat perang nuklir yang di akibatkan oleh SKYNET ini. Sisa-sisa manusia yang hidup terpaksa harus memerangi SKYNET ini untuk dapat hidup.
8.J.A.R.V.I.S
Judul Film : Iron Man(2008)
Sutradara : Jon Favreau 
JARVIS1 8 Komputer Pintar yang paling Menakjubkan dalam Film
JARVIS adalah komputer pintar yang dibuat oleh pria genius ,playboy dan sangat kaya bernama Tony Stark pemilik Stark Industri. JARVIS memiliki kemampuan yang sangat diluar batas , kemampuan kalkulasi , kemampuan visualisasi hologram yang dapat diinteraksikan dengan tubuh manusia, sampai design dan pembuatan jubah iron man dilakukan oleh sang komputer ini.
JARVIS dan Tony Stark sudah seperti sahabat yang tidak dapat dipisahkan. Bagi Tony JARVIS mengambil andil besar walaupun pencipta JARVIS adalah Tony sendiri. Dalam film ke-3nya Tony Stark sempat hilang komunikasi dengan JARVIS yang membuat Tony hampir tak berdaya, dan membuat beberapa kali dirinya hampir terbunuh.
JARVIS ini dihubungkan kekomputer rumah , ponsel , jubah-jubah cangih IronMan sampai device-device terkecil milik sang genius Tony Stark ini.
Sumber: Lihat

Post a Comment

 
Top