Skip to main content

10 Bintang Terdekat dengan Bumi

Bintang adalah sebuah bola gas yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium dan bersinar sangat terang.
Matahari juga termasuk bintang. Bintang memiliki densitas besar sehingga intinya amat padat dan panas.
Pada suhu inti yang amat tinggi tersebut, atom bergerak begitu cepat sehingga saling bertabrakan dan melepaskan sejumlah besar energi. Proses ini dikenal sebagai fusi nuklir.
Berikut adalah daftar 10 bintang yang berlokasi paling dekat dengan tata surya kita.
1. Proxima Centauri
Proxima Centauri adalah bintang ketiga dalam sistem bintang Alpha Centauri, yang juga dikenal sebagai Alpha Centauri C.
Jarak: 4,2 tahun cahaya
Tipe Spektral: M5.5Vc
2. Rigil Kentaurus
Rigil Kentaurus merupakan bintang ketiga selain bintang kembar Alpha Centauri A dan B.
Ketiga bintang tersebut membentuk sistem bintang tiga Alpha Centauri.
Jarak: 4,3 tahun cahaya
Tipe Spektral: G2V
3. Barnard’s Star
Barnard’s Star merupakan sebuah bintang katai merah samar yang ditemukan pada tahun 1916 oleh EE Barnard.
Jarak: 5,9 tahun cahaya
Tipe Spektral: M3.8V
4. Wolf 359
Wolf 359 dikenal sebagai lokasi pertempuran terkenal di film Star Trek the Next Generation.
Bintang ini merupakan katai merah dan berukuran kecil. Seandainya Wolf 369 menggantikan posisi matahari, pengamat dari bumi akan memerlukan teleskop agar bisa melihatnya dengan jelas.
Jarak: 7,7 tahun cahaya
Tipe Spektral: M5.8Vc
5. Lalande 21185
Lalande 21185 merupakan bintang yang redup sehingga sulit dilihat dengan mata secara langsung.
Jarak: 8,26 tahun cahaya
Tipe Spektral: M2V
6. Luyten 726-8A dan B
Luyten 726-8A dan B ditemukan oleh Willem Jacob Luyten (1899-1994). Kedua bintang ini merupakan katai merah yang terlalu redup untuk bisa dilihat langsung.
Jarak: 8,73 tahun cahaya
Tipe Spektral: M5.5 de & M6 Ve
7. Sirius A dan B
Sirius, juga dikenal sebagai Bintang Anjing, adalah bintang paling terang di langit.
Sirius B telah mendapatkan banyak perhatian karena merupakan katai putih pertama dengan spektrum untuk menunjukkan pergeseran merah gravitasi seperti yang diperkirakan oleh teori relativitas umum.
Jarak: 8.6 tahun cahaya
Tipe Spektral: A1Vm
8. Ross 154
Ross 154 tampak seperti bintang suar, yang berarti dapat meningkatkan kecerahannya hingga 10 kali lipat sebelum kembali ke keadaan normal, sebuah proses yang memakan waktu hanya beberapa menit.
Jarak: 9,693 tahun cahaya
Tipe Spektral: M3.5
9. Ross 248
Meskipun Ross 248 sekarang menjadi bintang terdekat kesembilan dari tata surya kita, sekitar tahun 38000 SM, bintang ini merupakan bintang terdekat dan akan mengambil alih tempat Proxima Centauri.
Jarak: 10,32 tahun cahaya
Tipe Spektral: M5.5V
10. Epsilon Eridani
Eridani adalah bintang terdekat dari bumi yang diketahui memiliki planet yaitu Epsilon Eridani b.
Bintang ini adalah bintang terdekat ketiga yang dapat dilihat tanpa teleskop.
Jarak: 10,5 tahun cahaya
Tipe Spektral: K2V

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html