Dunia teknologi sekarang berkembang makin pesat, terhitung banyak banget merk-merk majoryang tiap tahunnya ngeluarin produk-produk handphone terbarunya, seperti BlackberrySamsung, HTC, dan iPhone. Persaingan dagang juga makin ketat, banyak terciptanya fitur dan aplikasi canggih yang mempunyai berbagai kelebihan untuk menopang kebutuhan kita untuk berkomunikasi.

Tapi, coba deh flashback ke era 1990-2000-an, pada waktu itu belum banyak keluar HP yang secanggih sekarang. Paling banter ya cuma buat SMS-an atau teleponan. Kualitas suaranya juga baru monophonic, dan paling bagus polyphonic. Kalo dibandingin ya jelas kalah jauh sama HP zaman sekarang.

Namun di balik semua itu ada beberapa kelebihan HP jadul yang gak akan bisa ditandingi HP canggih, bahkan sampe sekarang. Apa aja tuh?

Tahan Banting

Ini yang gak dipunyain HP canggih zaman sekarang. Pasti HP kamu pasti pernah kebanting, entah kebanting karena sengaja atau gak sengaja. Pokoknya, pasti pernah kebanting! *ngotot*. Nah, misalnya HP kamu tipe HP touchscreen, terus gak sengaja jatoh dari saku celana dan gak dipakein antigores. Ya, kalo gak layarnya retak, minimal lecet, itu juga berbekas banget, dan tentunya nyesek banget. Gak lama juga rusak, karena namanya layar touchscreen, kan seluruh permukaannya terjamah sama jari kamu. Apalagi jarinya juga gak bersih karena sering ngupil jarang cuci tangan. Udah deh kalo kayak gitu pas dijual juga harganya jatoh banget.

Tahan Cuaca

Saat kamu lagi bawa motor, lalu hujan pun turun dengan elegan dan ngebasahin sekujur tubuh kamu karena kamu gak pake piyama, eh maksudnya jas hujan. Tapi, kamu mikirnya nanggung bentar lagi sampe ke tempat tujuan, dan kamu lupa kalo kamu naro HP di kantong kamu. Pas udah sampe di tempat tujuan, kamu ngecek HP kamu siapa tau ada BBM/Line masuk.

Eh, tapi kok gak nyala-nyala ya? Pas kamu buka casing baterainya, ternyata di situ beberapa tetesan air yang ngebasahin ‘mesin’-nya, lalu air mata kamu pun jatuh perlahan-lahan basahi pipi. Mengingatkan kamu kalo HP itu kado ulang tahun mantan kesayangan kamu, yang akhirnya dia mutusin kamu karena gak bisa backstreet. Kemudian, dengan berat hati kamu pun harus lem biru, alias lempar beli yang baru.

Kalo HP jadul, keujanan kerendem aja kadang masih hidup. Keren.

Awet

Siapa disini yang pernah punya Nokia 3310? Itu HP kan udah lama banget, tapi kami pernah liat beberapa orang masih menggunakan HP tersebut. Bahkan, kondisinya masih mulus, paling ya cuma casing sama keypadnya aja yang udah agak buluk. Beda sama HP zaman sekarang, baru digunain 2-3 tahun aja kayaknya udah banyak keluhannya.

Bisa buat nimpuk orang

Pernah liat bentuk Nokia 6250? Kalo belum, kalian kepoin mbah Google deh, kalo udah ketemu dan bisa liat bentuknya segede apa. Dibanding sama HP zaman sekarang yang bentuknya imut-imut kayak bayi marmut. Ada juga sih HP yang gede sekarang, tapi bentuknya pasti gepeng dan cenderung enteng. HP jadul itu biasanya berat, jadi multifungsi. Bisa jadi ganjelan pintu atau kalo lagi kesel bsia dipake nimpuk orang.

Gimana? Coba kamu liat HP yang lagi kamu pegang, jangan dikira HP zaman dulu gak punya kelebihan kayak HP zaman sekarang. Memang, kelebihannya bukan terletak di kecanggihan fitur dan aplikasinya, tapi lebih ke bersifat fisik.

Makanya, jangan anggap remeh HP zaman dulu, bayangin suatu hari kamu liat pencopet nyopet tas ibu-ibu di tengah jalan, terus kamu timpuk pake iPhone 5 kamu ke penjahatnya. Yang ada, penjahatnya bukan kesakitan, tapi HP kamu juga diambil, dan kamu pun nyesek. Coba yang kamu lempar HP zaman dulu, udah pasti pencopet itu jatoh dan nangis, nangis karena megangin hidungnya yang patah.

Kalo menurut kamu, kelebihan HP jadul apa lagi? Pasti pada punya pengalaman seru dong ya sama HP jadul? Ceritain dong ceritain...

nyunyu.com

Post a Comment

  1. Kalau mau telepon di pasar atau terminal ga usah takut kecopetan hp atau dompet. Pencopetnya pasti mikir hpnya aja kayak gitu pasti yang punya juga kere.

    ReplyDelete

 
Top