Tiap bangsa punya tradisi libur yang berbeda. Bangsa Arab menganggap hari Jum'at adalah hari untuk Ibadah sehingga bangsa Arab libur. Lain lagi bangsa Yahudi yang menganggap hari sabtu adalah hari ibadah, sehingga mereka libur pada hari Sabtu.

inilah Alasan kenapa Hari Minggu Dijadikan Hari Libur Internasional
Tradisi libur di hari Minggu berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Pada saat itu orang Romawi Kuno beribadah di hari Minggu. Oleh kerena itu,orang Romawi libur di hari Minggu. Selain itu, orang Romawi libur di hari minggu. Selain itu, orang Romawi selalu menandai hari libur dan hari penting lainnya dengan warna merah.

Waktu itu orang Romawi menguasai banyak Negara di Eropa. Kekuasaan Romawi sampai Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lain- lain. Tradisi libur di hari Minggu kemudian diterapkan di Negara- Negara jajahan Romawi.Termasuk Negara Belanda. Negara Belanda kemudian menjajah Indonesia selama 350 tahun. Orang- orang Belanda di Indonesia menerapkan tradisi libur di hari Minggu.

Sampai sekarang, tradisi libur di hari Minggu masih dipakai di Indonesia. Alasannya, selama 6 hari orang sudah bekerja keras dan perlu libur. Pemerintah Indonesia menetapkan hari Minggu sebagai libur Nasional. Kalender Indonesia juga mewarnai hari libur lainnya dengan warna merah. Tradisi libur di hari Minggu tetap dipakai di banyak Negara sampai sekarang. Termasuk juga menandai tanggal- tanggal penting dengan warna merah..
Sumber :

Fakta Lain
Hari minggu biasanya dianggap sebagai hari untuk beristirahat. Tapi, bagi sepertiga masyarakat Inggris, kenyataan yang ada tidak seperti itu. Justru masyarakat di sana menganggap, kalau hari minggu adalah hari paling menegangkan.

Hampir dua pertiga masyarakat di sana disurvei, dan 65 persen mengatakan kalau dirinya memiliki jadwal yang sangat padat justru di hari Minggu, daripada di hari-hari kerja.
Satu dari sepuluh orang mengaku telah menghabiskan sebagian besar hari Minggu mengkhawatirkan kerja di hari berikutnya. Sementara 67 persen mengatakan 'Sunday Blues' ingin disingkirkan di beberapa titik dalam sehari.

Lebih dari setengah dari dirinya yang disurvei, sebanyak 51 persen percaya bahwa Minggu adalah hari untuk mendapatkan sesuatu.
Penelitian di saluran televisi benar-benar menemukan bukan dipakai untuk istirahat tapi sibuk dengan urusan rumah. Rata-rata 3 jam 36 menit dihabiskan menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga seperti menyetrika, mencuci, belanja bahan makanan dan bersih-bersih.

Lebih dari 2.000 orang dewasa Inggris mengambil bagian dalam Sunday Stress Audit untuk saluran televisi tersebut. Hal ini menemukan fakta bahwa sepertiga warga Inggris mengakui bahwa dirinya tidak pernah mendapatkan waktu untuk bersantai. Lebih dari setengah 53 persen mengakui bahwa dirinya begitu sibuk kita tidak pernah mendapatkan waktu untuk membaca koran di hari Minggu dengan benar.

Clare Laycock, Really's General Manager, mengatakan, "Sudah jelas bahwa terjadinya Sunday blues benar-benar melemparkan bayangan selama akhir pekan untuk banyak orang."
Seperti dilansir Dailymail, Minggu (12/5/2013), hari Minggu biasanya orang menghabiskan waktu untuk:
  • 2 jam mempersiapkan dan memasak makan siang di hari Minggu
  • 26 menit makan siang di hari Minggu
  • 3 jam dan 36 menit untuk melakukan pekerjaan
  • 2 jam 25 menit menghibur dan jalan-jalan bersama anak-anak.
Total keseluruhan yang digunakan adalah 8 jam 45 menit.
(Adt/Igw)

Post a Comment

 
Top