Skip to main content

100 Fakta Unik Menarik Yang Hanya ada di INDONESIA


Tahukah Anda ...
  1. “… bahwa Imam Muhayat dari Bali menulis surat terpanjang di dunia selama 8 bulan 5 hari? Surat sepanjang 1.450 halaman yang ditujukan kepada Farida H. Hasyim, istrinya, selesai ditulisnya pada pukul 19.50 WITA, 15 Mei 1995.”
  2. “… bahwa Prof. Dr. F.X. Arif Adimoelja adalah androlog Indonesia pertama? Gelar doktornya dalam bidang ini diperolehnya dari Universitas Katolik Leuven, Belgia, pada 12 Juli 1974.”
  3. “… bahwa pembangunan Rodi menelan ribuan nyawa ? \
  4. “… bahwa Kota Bandung adalah kota terpadat penduduknya di Indonesia? Kepadatan penduduk kota ini adalah 15.745 orang per km².
  5. “… bahwa Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
  6. “… bahwa Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
  7. “… bahwa Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  8. “… bahwa Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut / abrasi.
  9. “… bahwa Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  10. “… bahwa Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  11. “… bahwa Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  12. “… bahwa Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  13. “… bahwa Ribowo menempuh jarak Jakarta-Surabaya yang jauhnya 835 km dengan egrang? Perjalanan ini ditempuhnya dari 7 Januari 1992 hingga 27 Februari 1992.”
  14. “… bahwa Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani, anggota tim panahan Indonesia adalah orang-orang Indonesia pertama yang memperoleh medali di ajang Olimpiade? Mereka merebut medali perak pada Olimpiade Seoul 1988.”
  15. “….. bahwa Indonesia yang terus tumbuh ekonomi dan demokrasinya menjadi sorotan  dunia. Negeri kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau ini selain  berpenduduk (230 juta) terbesar ke empat dunia juga memiliki garis  pantai terpanjang di dunia.
  16. “… bahwa Ki Manteb Soedharsono adalah dalang wayang kulit dengan pagelaran terlama, yaitu 24 jam 28 menit non-stop dengan lakon Bharata Yudha? Acara ini disiarkan oleh RRI Semarang mulai pada pk. 21.25 WIB, 4 September 2004 hingga pk. 21.15 WIB, 5 September 2004.”
  17. “… bahwa tempe terpanjang di dunia dibuat oleh warga Kwaron RT 05/RW 11, Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk, Semarang? Tempe yang panjangnya 501,74 meter, lebar 6 cm dan tebal 2 cm ini dibuat dalam rangka peringatan hari kemerdekaan R.I., 17 Agustus 2004. Pembuatan tempe ini menghabiskan bahan 375 kg kedelai dan 0,5 kg ragi.”
  18. “… bahwa kipas angin di langit-langit menggunakan tenaga listrik yang sama banyaknya dengan lampu 60 watt? Itu berarti listrik yang digunakan sekitar 98% lebih sedikit daripada kebanyakan pendingin udara!”
  19. “…bahwa setiap menit di Indonesia, area hutan setara dengan luas lima lapangan sepak bola dihancurkan?”
  20. “… bahwa konsumsi jengkol berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pengeluaran urin karena kandungan asam jengkol yang mengendap membentuk kristal jarum-jarum halus dan merusak jaringan dinding ginjal dan saluran urin?”
  21. “… bahwa ketika para astronot Apollo 12 mendarat di Bulan, dampaknya menghasilkan “… bahwa Bandar Udara Internasional Minangkabau merupakan bandar udara pertama di dunia yang memiliki nama suatu suku atau etnik?”
  22. “… bahwa Ahmad Khatib Al-Minangkabawi adalah orang non-Arab pertama dan satu-satunya yang pernah menjadi imam besar Masjidil Haram, Mekkah?”
  23. “… bahwa 1.500 di antara 4.000 spesies tumbuhan lumut tumbuh di Indonesia?”
  24. “… bahwa taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur? Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.”
  25. “… bahwa protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24)
  26. “… bahwa teh adalah minuman paling populer di seluruh dunia setelah air biasa? Dari pohon teh yang sama diperoleh tiga jenis dasar teh, teh hitam, hijau dan oolong, serta lebih dari 3.000 varitas lainnya.”
  27. “… bahwa Overclocker asal Indonesia dengan nickname Hazzan berhasil menorehkan rekor baru di dunia kartu grafis. Dengan konfigurasi 4-Way SLI GeForce GTX 680 ia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh overclocker Hong Kong.
    Apa yang dilakukan oleh Hazzan memang tergolong luar biasa, ia berhasil memacu GTX 680 hingga 1706 MHz untuk kecepatan GPU dan memory dipacu hingga mendekati angka efektif 7200 MHz. Luar biasa. Sistem yang dipakai untuk menopang empat kertu grafis sangar itu juga tidak main-main. Hazzan menggunakan prosesor Core i7-3930K yang dioverclock hingga 5784 MHz, 8 GB quad-channel GSkill DDR3 2480 MHz, Power Supply Antec High Current Pro 1300W, dan mainboard ASUS Rampage IV Extreme. Sementara untuk pendingin CPU menggunakan cairan nitrogen.
  28. “… bahwa artikel pertama di Wikipedia Indonesia yang berjudul Elektron dibuat pada tanggal 30 Mei 2003 oleh Paramita?”
  29. “…bahwa wali kota Padang Panjang pada tahun 2010 menerima penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak dan Organisasi Kesehatan Dunia atas komitmen menanggulangi bahaya rokok. Sehingga Kota Padang Panjang kemudian ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Indonesia sebagai pusat peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 31 Mei 2010.”
  30. “… bahwa Tahun 1815, ada gunung di pulau Sumbawa yaitu Gunung Tambora meletus bulan April dengan ledakan terdahsyat di dunia, setidaknya itu yang pernah terdokumentasi sejarah. Dalam skala index letusan gunung, Tambora meletus pada posisi index  hingga angka tujuh, tertinggi. Letusan tersebut menjadi letusan terbesar  sejak letusan danau Taupo pada tahun 181. Letusan gunung Tambora terdengar hingga pulau Sumatera atau sekitar radius 2.000 kilometer. Abu vulkaniknya jatuh hingga di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Mengakibatkan kematian lebih dari 71.000 orang dengan 11.000—12.000  di antaranya terbunuh secara langsung akibat dari letusan tersebut. Padahal saat itu penduduk di Hindia Belanda (Indonesia) baru sekitar  19 juta jiwa. Sebanding dengan 3 persen jumlah penduduk Indonesia saat  itu tewas oleh ledakan gunung Tambora. Dahsyatnya lagi, letusan gunung ini mengakibatkan perubahan iklim  dunia. Satu tahun berikutnya (1816) sering disebut sebagai tahun tanpa  musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa  efek dari debu yang dihasilkan Tambora ini. Orang menyangkan dunia mau  kiamat. Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen yang gagal dan  kematian ternak di Belahan Utara memicu terjadinya kelaparan terburuk  pada abad ke-19.
  31. “… bahwa Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat  dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian  gunung berapi aktif (Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif di  wilayah Indonesia.
  32. “… bahwa cerita rakyat Ciung Wanara di kalangan orang Sunda menceritakan legenda Kerajaan Sunda Galuh dan menggambarkan hubungan budaya antara orang Sunda dan Jawa yang tinggal di bagian barat provinsi Jawa Tengah, Indonesia?”
  33. …bahwa presenter TV Piala Dunia FIFA 2006 di SCTV Titik Soeharto merupakan anak dari mantan presiden Soeharto?
  34. “… bahwa Stadion Gajayana di Kota Malang merupakan stadion olahraga tertua di Indonesia? Stadion ini didirikan pada tahun 1924.”
  35. ” … bahwa pada jalur rel kereta api antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Purwakarta terdapat kurang lebih 400 jembatan kereta api?
  36. “… bahwa pemerintah Indonesia harus menalangi tak kurang dari Rp 660 triliun jaminan terhadap dana masyarakat ketika terjadinya “krismon”? Angka ini mencapai 60% dari PDB Indonesia tahun 1999 dan termahal dalam sejarah pemulihan perbankan di dunia.”
  37.  ”… bahwa Aceh marupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang diberikan keistimewaan oleh Pemerintah Indonesia untuk menerapkan syariat Islam?”
  38. “… bahwa koperasi pertama di Indonesia didirikan di Tasikmalaya? Nama Bapak Koperasi Indonesia, yaitu Mohammad Hatta dijadikan nama jalan tempat Gedung Koperasi itu berada.”
  39. dilarang makan hampir semua jenis pisang, dengan ancaman hukuman mati bagi yang melanggarnya?”
  40. “… bahwa Gerakan Pramuka secara resmi di sahkan oleh Ir.H. Djoeanda Kartawidjaja melalui Keputusan Presiden Nomor 238 tahun 1961 ? Dan seluruh organisasi yang sifatnya sama, dilebur kedalam Gerakan Pramuka kecuali yang bersifat komunis ?
  41. “… bahwa Kalimantan pada asalnya merujuk kepada keseluruhan Pulau Borneo, dan bukan wilayah Indonesia kini saja?”
  42. “… bahwa Trulek jawa (Vanellus macropterus) adalah salah satu burung endemik dari Jawa yang statusnya terancam dan mungkin sudah punah?”
  43. “… bahwa masyarakat Minangkabau telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu?”
  44. “… bahwa Prof. Dr. Hamka hanya memperoleh pendidikan formal hingga Sekolah Dasar dua tahun dan lebih banyak belajar secara informal ke para ulama dan autodidak?”
  45. “… bahwa India memproduksi lebih dari 800 film cerita dalam 14 bahasa setiap tahun, sehingga berarti rata-rata dua buah film diproduksi setiap harinya?”
  46. “… bahwa Kabupaten Merauke saat ini adalah kabupaten terluas di Indonesia, dengan luas wilayah 44.071 km2?”
  47. “… bahwa kota Padang Panjang telah menerapkan kawasan tanpa asap rokok dan kawasan tertib rokok serta menolak iklan rokok sejak tahun 2009. Meski pemerintah setempat harus kehilangan 70% penerimaan daerah dari total penerimaan iklan?”
  48. “… bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah keluar dari keanggotaan PBB untuk kemudian masuk lagi?”
  49. ” … bahwa kota-kota di Jawa Barat tidak pernah menggunakan nama Hayam Wuruk dan Gajah Mada sebagai nama jalan, padahal pemberian nama seperti itu adalah suatu yang umum terjadi pada jalan-jalan di kota-kota di Indonesia? Konon hal ini terjadi karena dendam suku Sunda terhadap tragedi Perang Bubat tahun 1357 M.
  50. “…Idul Fitri dan Idul Adha merupakan hari raya nasional di Timor Leste yang mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma”.”… bahwa walaupun Kejuaraan Dunia Bulutangkis Beregu Pria Piala Thomas telah dilangsungkan 24 kali sejak tahun 1949, hanya tiga negara (Indonesia, RRC dan Malaysia) yang berhasil menjuarainya? Denmark selalu mengikuti kedua puluh empat Putaran Final dan delapan kali bertanding di Partai Final, namun tidak sekalipun berhasil menjuarainya.”
  51. “… bahwa Hotel Yamato yang menjadi saksi perjuangan rakyat Kota Surabaya masih bertahan hingga sekarang?”
  52. “…bahwa di negara bagian Alaska, Amerika Serikat terdapat kota yang bernama Deadhorse, sementara di Kota Ambon, Indonesia, terdapat wilayah yang dinamai Kudamati?”
  53. “… bahwa mendapatkan ijazah dan dua kali gagal mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.
  54. “… bahwa Ida Ayu Nyoman Rai, ibu Soekarno, adalah keturunan dari raja Kerajaan Buleleng?”
  55. “… bahwa RI merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
  56. “… bahwa Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia
  57. “… bahwa Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hamper penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  58. “… bahwa Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  59. “… bahwa Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
  60. “… bahwa Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di
    junia.
  61. “… bahwa Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
  62. “… bahwa Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
  63. “… bahwa Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  64. “… bahwa Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
  65. “… bahwa Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).
  66. “… bahwa Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  67. “… bahwa Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
  68. “… bahwa Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
  69. “… bahwa Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.
  70. “… bahwa Ernest Douwes Dekker adalah penggagas nama “Nusantara” sebagai nama untuk Hindia-Belanda yang merdeka?”
  71. “… bahwa Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. Semboyan nasional Indonesia, “Bhinneka tunggal ika” (“Berbeda-beda tetapi tetap satu”), berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.
  72. “… bahwa Di akhir abad ke-13, Majapahit berdiri di bagian timur pulau Jawa. Di bawah pimpinan mahapatih Gajah Mada, kekuasaannya meluas sampai hampir meliputi wilayah Indonesia kini; dan sering disebut “Zaman Keemasan” dalam sejarah Indonesia
  73. “… bahwa Wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi sehingga oleh beberapa pihak wilayah ekologi Indonesia disebut dengan istilah “Mega biodiversity” atau “keanekaragaman mahluk hidup yang tinggi”umumnya dikenal sebagai Indomalaya atau Malesia bedasarkan penelitian bahwa 10 persen tumbuhan, 12 persen mamalia, 16 persen reptil, 17 persen burung, 25 persen ikan yang ada di dunia hidup di Indonesia, padahal luas Indonesia hanya 1,3 % dari luas Bumi. Kekayaan makhluk hidup Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah Brasil dan Republik Demokratik Kongo.
  74. “… bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau  (termasuk 9.634 pulau kecil yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang  tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau  terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2)  dan Papua (421.981 km2).
  75. “… bahwa Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan  seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir  25% panjang pantai di dunia.
  76. “… bahwa  Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  77. “… bahwa  Pulau Bungin di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa NTB, merupakan  pulau kecil buatan terpadat didunia melebihi kepadatan pulau Jawa dengan  kepadatan 36000 jiwa/km2 sedangkan kepadatan pulau jawa hanya sekitar  813 jiwa/km2 atau kepadatan pulau Bungin sama dengan 44 kali kepadatan  pulau Jawa. Pulau yang hanya seluas 8 hektar ini mempunyai jumlah penduduk sebanyak 2.800 Jiwa.
  78. “… bahwa  Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di  dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja  terdapat 270 suku. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan  dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di  Indonesia.
  79. “… bahwa  Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan  jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa. Bahasa daerah  seperti Batak, Sunda, Minang, Melayu, Madura, Bali, Bugis, Ambon,  Flores, Minahasa, Aceh dan sebagainya masih eksis memperkaya budaya  Nusantara.
  80. “… bahwa Guinness World Records pada 2008 pernah mencatat rekor Indonesia sebagai negara yang paling kencang laju kerusakan hutannya di dunia. Setiap tahun Indonesia kehilangan hutan seluas 1,8 juta hektar. Kerusakan yang terjadi di daerah hulu (hutan) juga turut merusak kawasan di daerah hilir (pesisir).
  81. “… bahwa  Spa terbaik di dunia berada di pulau Bali, penghargaan SPA Terbaik didapat dari majalah Senses di Eropa. Sebanyak 60.000 pembacanya menyatakan Bali sebagai The Best Spa Destination in The World 2009.
  82. “… bahwa  Indonesia menjadi negara dengan jumlah bank dan lembaga keuangan  yang berlandaskan sistem syariah terbanyak di dunia. Hal ini terbukti  dengan hadirnya 33 bank, 46 lembaga asuransi, dan 17 mutual fund yang menganut sistem syariah untuk semester pertama tahun 2009.
  83. “… bahwa  Sejak tahun 2006 Indonesia telah menjadi produsen minyak sawit  terbesar di dunia dengan hasil produksi pada tahun 2006 mampu mencapai  sebesar 16 juta ton pertahun. Bersama dengan Malaysia, Indonesia  menguasai hampir 90% produksi minyak sawit dunia.
  84. “… bahwa  Eksport nanas Lampung tahun 2008 menduduki peringkat dua terbesar di dunia.
  85. “… bahwa Situs komunitas http://www.kaskus.us murni buatan Indonesia menempati  peringkat teratas paling banyak dikunjungi dengan posisi ke-6 top site  Indonesia berdasarkan peringkat Alexa, data per April 2010.
  86. “… bahwa  Paguyuban Pencinta Batik Pekalongan mendapat penghargaan Guinness  World Records tahun 2005 setelah berhasil membatik kain sepanjang 1.200  meter persegi (setara 12.916 kaki) oleh 1.000 pembatik tulis berikut  pewarnaannya dalam waktu satu hari.
  87. “… bahwa  Satu dari 4 masjid kubah emas didunia terdapat di Indonesia. Berikut nama dan tempat masjid kubah emas 1. Masjid Jame’ Asr atau  Masjid Bandar Seri Begawan di Brunei, 2. Masjid Al-Askari di Samarra,  Irak, 3. Masjid Qubbah As Sakhrah / Dome of the Rock di Yerusalem,  Palestina, 4. Masjid Dian Al Mahri di Depok, Indonesia.
  88. “… bahwa  Indonesia sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan pengguna  facebook paling tinggi di Asia Tenggara. Pada tahun 2008, pengguna  facebook di Indonesia tumbuh 645 persen mengalahkan China, India,  Malaysia, Thailand, dan Singapura.
  89. “… bahwa  Berdasarkan http://www.internetworldstats.com, pengguna internet di  Indonesia tumbuh lebih 1.150,0% dalam 10 tahun terakhir. Tahun 2008 saja  total pengguna internet mencapai 25 juta dengan populasi 237.512.355  jiwa.
  90. “… bahwa  Pasar tanah abang merupakan pusat penjualan tekstil dan pakaian  terbesar di Asia Tenggara. Produk yang dijajakan di pasar ini dikenal  sangat murah, lengkap, bagus dan bisa dikirim ke daerah mana saja dalam  jumlah grosir.
  91. “… bahwa  Oceanorium Pertama telah diraih Gelanggang Samudera Jaya Ancol Didirikan tahun 1974, seluas 10 ha, oceanorium yang memiliki koleksi satwa air tawar dan air laut ini terdapat di Gelanggang Samudra Jaya Ancol dan merupakan yang pertama di Indonesia
  92. “… bahwa  Telur burung onta / ostrich (struthio camelus) di kebun binatang Surabaya, berukuran keliling lingkaran 14,125 cm merupakan telur ungga terbesar di indonesia
  93. “… bahwa  Riyadi mempunyai seekor ayam yang telurnya berukuran keliling 5 cm, panjang 1,5 cm dan lebar 1,3 cm.
  94. “… bahwa  Martin Widjaya. dan Francisca M Faas mempunyai koleksi tanduk tetrbesar di Indonesia, Tanduk kiri berukuran 1,4 meter dan kanan 1,5 meter, keliling lingkaran kiri 43 cm dan keliling lingkaran kanan 45 cm.
  95. “… bahwa  Pada tanggal 27 Agustus 1883 gunung Krakatau di selat Sunda meletus. Lebih dari 160 desa hancur dan 36.380 jiwa manusia melayang. Kekuatan ledakan diduga 26 kali lipat ledakan percobaan bom hidrogen buatan manusia yang terdahsyat oleh USSR
  96. “… bahwa   Pohon Jati dengan Harga Jual Tertinggi telah dijual oleh  Perum Perhutani, Saekoni dan Bobby Wibowo Pohon jati dengan ukuran diameter 3 meter dan tinggi  25 meter, berusia 150 tahun terjual dengan harga 1 milyar rupiah, pada tanggal 23 Agustus 2007 di Cepu
  97. ” ….bahwa rekor menara tertinggi Indonesia yang saat ini dipegang Wisma 46 setinggi 262 meter.
  98. … bahwa   Dalam rangka memperingati 100 tahun Hari Kebangkitan Nasional, diselenggarakan pembentangan Bendera Merah Putih berukuran 80 meter x 60 meter dan pembentangan kain Merah Putih berukuran 165 meter x 59,64 meter, di sepanjang Jl. Parangtritis, Yogyakarta . Saat ini Signature Tower akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia dan ke-5 di dunia.
  99. ” … bahwa Indonesia akan memiliki gedung tertinggi kelima dunia setinggi 600 meter yang rampung 2017. Gedung ini akan dibangun di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta. Proyek pembangunan gedung tertinggi masih terus dirancang. Gedung yang berada di kawasan bisnis terpadu SCBD Jakarta itu nantinya akan diberi nama Signature Tower direncanakan akan selesai dan beroperasi pada 2017. Signature Tower rencananya akan dibangun pada Lot 6 dan 7 di SCBD, Jakarta. Gedung ini dirancang setinggi 600 meter lebih dengan jumlah 111 lantai.
  100. “…. bahwa Bayi dengan berat badan 8,7 Kg yang lahir di Kisaran, Asahan, Sumatra Utara merupakan bayi terbesar di Indonesia. Bayi berjenis kelamin laki-laki ini merupakan anak ketiga pasangan Ani dan Hasanuddin, warga Bulan-Bulan, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara. Bayi lahir melalui operasi caesar oleh tim Dokter Rumah Sakit Umum Abdul Manan Kisaran, Asahan, Sumatra Utara

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html