Banyak cara untuk mencetak gol di sebuah pertandingan. Salah satunya melalui eksekusi penalti. Akan tetapi, walau sepertinya mudah, tendangan dari titik 12 pas tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan.
Tak hanya butuh akurasi dan kekuatan, namun mental juga turut berperan besar. Tak bisa menendang tepat sasaran, bola bakal diblok kiper lawan, atau malah melenceng jauh dari sasaran. Jika tak memiliki nyali besar, maka kemungkinan eksekusi tersebut akan gagal. 
 
Akan tetapi, tak bisa dipungkiri, faktor keberuntungan juga turut mempengaruhi apakah si kulit bundar akan masuk ke dalam gawang atau tidak Kadang kala, ada saatnya, seorang pemain yang terkenal jago mengeksekusi penalti pun bisa gagal karena faktor ketidakberuntungan Berikut adalah 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola dikutip dari berbagai sumber:
 
1 . Peter Devine
Peter Devine 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Eksekusi pemain Lancaster ini saat melawan Whitley Bay pada tahun 1991 ini begitu buruk, sehingga klipnya pun sangat sering diputar di televisi pada era 90an sebagai bahan guyonan.
2 . Amir Sayoud
Amir Sayoud 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Trik menahan tendangan saat penalti untuk mengecoh kiper cukup sering terjadi. Banyak yang sukses, akan tetapi, bisa jadi hal itu malah mengundang rasa malu. Contohnya seperti yang terjadi pada pemain Al Ahly ini ketika melawan Kima Aswan. Alih-alih mencatatkan namanya di papan skor, ia malah terpeleset dan mencium harumnya aroma rumput lapangan tempatnya berpijak. Plus sebuah kartu kuning.
 
3 . Pilo
Pilo 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Baru-baru ini, masih di tahun 2013, Sao Paulo bertanding kontra Votuporanguense di ajang kejuaraan antar negara bagian di Brasil. Tim tersebut mendapatkan penalti. Akan tetapi, eksekusi yang dilakukan Pilo menentang semua hukum fisika. Pasalnya, saat bola mestinya melaju ke depan ketika ditendang, namun, yang terjadi, bola malah meluncur menyamping dari titik 12 pas.
4 . Pat Nevin
Pat Nevin 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Jangan terlalu percaya diri dalam mengeksekusi penalti. Itulah pesan moral yang sepertinya coba ditunjukkan oleh pemain Chelsea ini dalam laga kontra Manchester City pada tahun 1984 silam. Nevin mengambil tanggung jawab menendang dari titik 12 pas dengan kepercayaan diri yang cukup tinggi. Begitu tingginya sehingga ia hanya mengambil ancang-ancang satu langkah saja untuk mengeksekusi bola tersebut. Yang terjadi kemudian, rasa malu justru menghinggapi dirinya.
5 . William
William 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Pemain asal Brasil ini semestinya bisa membuat timnya, Botafogo unggul melawan Fluminense dalam ajang Copa America Selatan pada tahun 2006 silam melalui eksekusi penaltinya. Akan tetapi, yang terjadi justru ia menendang bola tersebut dengan lemah sekali. Bola tersebut meluncur begitu pelan sehingga banyak yang menyindir bahwa sang kiper bisa bersantai dahulu untuk sekedar meminum kopi atau bir sebelum bola sampai ke tangannya.
6 . Neymar
Neymar 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Ya, bintang sekelas Neymar pun bisa gagal mengeksekusi penalti. Pada saat ia membela Brasil melawan Kolombia di laga persahabatan pada tahun 2012 lalu, ia menendang bola dengan tidak sempurna sehingga bola melambung jauh ke arah tribun penonton. Striker berusia 22 tahun itu sempat berdalih bahwa kegagalannya itu mungkin disebabkan oleh rumput yang tidak rata.
 
7 . Robert Pires
Robert Pires 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Pires, dan juga Thierry henry, mungkin akan sangat malu mengingat eksekusi penaltinya pada tahun 2005 silam saat Arsenal melawan Manchester City. Pemain asal Prancis itu sebenarnya mencoba melakukan trik penalti yang pernah dilakukan oleh Johan Cruyff pada era 80an. Akan tetapi, hasilnya justru berbalik 180 derajat. Hasilnya, sempat terjadi kebingungan antara dirinya dengan Henry. Selain itu, wasit juga menganggapnya melakukan pelanggaran.
8 . Mehmet Aurelio
Mehmet Aurelio 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Gelandang keturunan Turki-Brasil ini adalah salah satu contoh pemain yang tak beruntung dalam eksekusi penalti. Ketika membela Real Betis melawan Gimnàstic de Tarragona di divisi dua La Liga, pada tahun 2011 lalu, ia mendapatkan kesempatan mengeksekusi penalti. Sayangnya, ia terpeleset dan bola justru melambung jauh ke arah kiri gawang lawan.
9 . David Beckham
David Beckham 9 Eksekusi Tendangan Penalti Terburuk Sepakbola
Siapa yang tak kenal Beckham. Maestro dalam hal mengeksekusi bola-bola mati. Akan tetapi, sayangnya, ada pula momen di saat ia tak beruntung membobol gawang lawan dari jarak yang lebih dekat. Seperti yang terjadi saat laga Inggris kontra Turki di ajang kualifikasi Euro 2004 silam. Ia terpeleset saat berancang-ancang mengambil penalti, dan bola pun melambung jauh ke atas gawang lawan


Lihat.co.id

Post a Comment

 
Top