Sebagai anak kos yang hidup jauh dari keluarga kamu memang harus pinter-pinter mengatur keuangan. Tapi sepengamatan kami, sepinter-pinternya anak kos ngatur keuangan pasti pernah mengalami yang namanya kehabisan uang sebelum waktunya. Entah karena tiba-tiba ada tugas kuliah yang ngabisin duit, tiba-tiba diajak temen jalan-jalan, atau tergoda untuk jajan makanan mahal.

Alhasil, karena belum bisa minta uang lagi ke ortu sebelum tanggalnya berbagai siasat untuk ngirit pun kamu perlu dilakukan. 

Tapi kami percaya, keterbatasan bakal memicu kreativitas. Kalau udah kehabisan uang, kelakuan-kelakuan anak kos memang suka menakjubkan. Apa sajakah kelakuan-kelakuan itu. Inilah beberapanya:

1.    Masukin Air Botolan ke Dispenser

Nah, kelakuan ini biasanya dilakukan sama anak-anak kos yang doyan bikin kopi tapi lagi gak mampu beli air galonan. Demi mendapatkan air panas dari dispenser air mineral yang botolan pun dipaksakan masuk ke dispenser. Hal ini sungguh sangat mengganggu pemandangan. Bayangin aja ada anak yang badannya gemuk tapi kepalanya kecil banget. Yah begitulah kira-kira.



2.    Ngegulung Odol dan Campur Sampo dengan Air

Peralatan mandi itu harganya nggak murah. Bisa ngabisin jatah makan satu hari kalau dibeli. Jadi, ketika alat-alat mandi udah mau abis yang dilakukan anak kos irit adalah menggunakannya sampai tetes terakhir. Odol dipencet-pencet dan digulung-gulung sampai ke pangkalnya biar odolnya bisa keluar semua, bahkan sampe digunting dan dibedah udah kayak orang dioperasi.


Terus, pas sampo udah mau abis, dicampurlah dengan air, jadinya isinya pun jadi bertambah. Encer sedikit nggak apa-apa lah yang penting berbusa.

3.    Beli Nasi di Warung yang Porsinya Bebas

Bukan anak kos sejati namanya kalau beli makan di tempat yang nasinya cuma semangkok kobokan. Anak kos sejati yang lagi ngirit pasti bakal cari warung yang nasinya boleh ngambil sendiri. Mereka nggak makan di tempat, melainkan dibungkus. Jadi, sekali beli nasi bisa untuk dua kali makan. Untuk bisa kayak gini, kamu perlu juga nyiapin rice cooker atau sejenisnya. Biar makanan nggak cepet basi, diangetin gitu.

4.    Numpang Makan ke Kawinan Orang Tak Dikenal

Trik satu ini udah ada sejak jaman mamah-papah kamu kuliah. Sebagaimana yang kita tahu biasanya pesta kawinan selalu menyediakan makanan yang berlimpah. Kadang untuk bisa masuk pun panitia nggak pernah ngecek satu persatu undangannya. Jadi dengan modal setelah batik, celana bahan, sepatu rapih, dan amplop kita udah bisa masuk dan ikutan makan.

Nah, biar keliatan keren, saat di meja tamu kamu tulis aja nama yang kira-kira semua orang kenal, misalnya Agus. Terus kamu masukin amplop juga ke dalam kotak. Santai, amplopnya nggak mesti ada isinya. Yang penting amplop!

Oya, makan gratis nggak cuma bisa kamu dapatkan di acara nikahan loh. Kalau kamu ngekosnya di perkampungan gitu kan suka ada acara pengajian tuh. Biasanya pulangnya tamu bakal dikasih besek alias bakul-bakulan berisi makanan. Lumayan kan?!

5.    Jadi Baik Banget Sama Teman Yang Punya Kendaraan



Weits, sekarang ini bensin udah naik harganya. Demi ngirit, anak kos sejati bakal lebih memilih untuk nebeng yang punya kendaraan. Jadi, berbaik-baiklah kamu sama mereka agar mereka merasa nyaman kamu tebengin. Misalnya, tiap lagi nebeng kamu pijitin punggungnya dari belakang, atau nawarin diri untuk nyopir biar temen kamu tinggal duduk.

Menurutmu, apalagi ya kelakuan anak kost buat ngirit di akhir bulan? Eh, bukan akhir bulan doang deh, tapi sepanjang bulan.

nyunyu.com

Post a Comment

 
Top