10 Game Terbaik Dunia Tahun 2013 - Tahun 2012 telah menjadi tahun yang baik bagi dunia video game, baik itu game PC, PS3, XBOX 360, Wii U, 3DS, ataupun platform lainnya. Dan tahun 2013 ini menjanjikan banyak sekali game-game menarik untuk penikmatnya, para gamer. Terlebih dengan rumor PlayStation 4 dan Xbox One. Berikut daftar 10 game terbaik tahun 2013.
best video game
Daftar berikut ini merupakan kumpulan dari daftar game terbaik menurut berbagai web di Internet. Untuk sekedar info, video game dapat di-franchise yang berarti setiap elemen dalam video game tersebut baik karakter, tempat, icon dan sejenisnya dapat menjadi media lisensi berbayar. Tidak puas dengan daftar ini? Berikan komentar mengenai daftar game terbaik menurut Anda.
10. Kingdom Hearts 3 - PS4, Xbox One [TBA]
Sama seperti Final Fantasy, Kingdom Hearts juga dikembangkan oleh Square Enix dan dirilis untuk PS4 dan Xbox One. Seri Kingdom Hearts ini, yakni Kingdom Hearts III (KH3) adalah seri paling pertama yang dirilis untuk platform Microsoft Xbox. Sejak akhir Kingdom Hearts II dan Kingdom Hearts Birth By Sleep (KHBBS), banyak rumor dan spekulasi mengenai game ini, apalagi dengan ending rahasia yang ada di KHBBS.
Dalam seri ini, Sora kembali menjadi protagonis dari game ini. Dengan kemunculan karakter-karakter sebelumnya seperti Riku, Donald Duck, Goofy, dan King Mickey, serta sekumpulan karakter Disney. Seri ini akan menjadi penutup dari kisah "Dark Seeker" (kisah mengenai Ansem hingga Master Xehanort). Belum banyak yang diketahui mengenai game ini.
Bagi Anda yang kurang mengenal nama Kingdom Hearts, berikut penjelasannya. Kingdom Hearts adalah game RPG naungan Square Enix yang bertemakan action RPG. Salah satu penyebab mengapa Kingdom Hearts memiliki banyak penggemar adalah karena ia bekerjasama dengan Disney dan dalam game ini, banyak karakter Disney yang muncul di dalamnya.
9. Pokemon X and Y - 3DS [12 Oktober 2013]
Gamer mana yang tidak mengenal franchise atau brand video game ini, Pokemon. Walaupun game ini memiliki sangat banyak penggemar, banyak gamer yang melihat bahwa game ini tidak mengikuti perkembangan zaman dan terlalu statik. Argumen ini harus ditahan dengan kemunculan Pokemon X/Y.
Pokemon X/Y benar-benar mengubah keseluruhan seri game ini, dari yang sprite 2D menjadi 3D dalam dunia 3D (3 dimensi), cocok dengan kemunculannya dalam 3DS. Walaupun belum banyak yang dikethaui mengenai game ini, tapi Game Freak menjanjikan bahwa dengan kemunculan Pokemon X/Y, maka era baru untuk Pokemon akan muncul. Kita tunggu saja apakah perkataan ini benar, mungkin Pokemon X/Y dapat menjadi game pokemon paling penting sejak kemunculan seri game ini.
8. Metal Gear Rising: Revengeance PS3, Xbox 360 [19 Februari 2013]
Pada awal kemunculannya di Metal Gear Solid 2 (MGS2), Raiden bukanlah favorit bagi para fan Metal Gear. Tetapi kemunculannya sebagai Protagonis dalam Metal Gear Rising: Revengeance benar-benar membuat dirinya memiliki banyak penggemar.
Metal Gear Rising: Revengeance menawarkan sebuah permainan dengan nuansa sangat cepat, brutal dan menantang. Bayangkan sebuah game dimana Anda diperbolehkan untuk memotong apapun dengan pedang yang luar biasa tajam. Bahkan Anda dapat memotong semangka. Merupakan game action yang benar-benar berbeda jauh dibandingkan seri Metal Gear Solid. Game ini direncanakan akan dirilis di PC juga dengan tanggal yang belum diketahui.
7. Tomb Raider - PS3, Xbox 360, PC [5 Maret 2013]
Satu lagi game di bawah naungan Square Enix yang masuk ke daftar ini. Tomb Raider, terkesan seperti game zaman dulu dimana masih berbasis 32 bit. Tapi jangan salah, video game Tomb Raider yang satu ini benar-benar dapat disebut sebagai salah satu game terbaik tahun 2013.
Sekarang Lara Croft digambarkan sebagai seseorang yang berusaha bertahan hidup dalam sebuah situasi yang benar-benar mencekam, dimana ia harus menjatuhkan lawannya sebelum ia yang menjatuhkan Lara. Dengan setting sebuah pulau yang alami namun juga dapat memberikan rasa yang mencekam, sangatlah cocok untuk game generasi sekarang. Banyak gamer yang mengatakan bahwa seharusnya game ini disebut sebagai game terbaik sepanjang tahun 2013.
6. Ni No Kuni: The Wrath of The White Witch - PS3, NDS [22 Januari 2013]
Level-5 telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam memberikan alur cerita yang bagus dan gameplay yang imajinatif dengan gabungan RPG dan game bergaya Pokemon. Hal ini dibantu lagi dengan animasi yang indah oleh Studio Ghibli. Kedua hal ini membuat Ni No Kuni sebagai salah satu Japan RPG (JRPG) terbaik di PS3.
Pemain diperbolehkan untuk menjelajahi kota, perkampungan, dungeon, dan tempat-tempat berbahaya di dunia, hal ini diperluas lebih jauh dengan adanya dunia lain. Seperti yang dikatakan sebelumnya, game ini menggabungkan RPG dan game bergaya Pokemon dimana Anda dapat menggunakan 'Esther' untuk menjinakkan mahluk-mahluk di game ini dan membuatnya menjadi familiar Anda. Familiar ini juga dapat berevolusi menjadi bentuk yang lebih lanjut. Menarik?
5. Watch Dogs - PS3, Xbox 360, Wii U, PSD4, Xbox One [19 November 2013]
Bayangkan Anda dapat bermain sebagai seorang supercop atau kriminal dengan perlengkapan teknologi yang sangat canggih di kota yang sangat modern. Merupakan game yang menyerupai GTA, hanya saja dibandingkan Anda menimbulkan kekacauan dengan pistol atau mobil, Anda dapat menimbulkan kekacauan dalam lingkup teknologi. Dimulai dari mengubah lampu merah, memainkan atm, hingga memberikan informasi mengenai bom dalam radius satu blok kota.
Selain sangat ahli dalam hacking, tokoh yang Anda mainkan juga ahli dalam hal berkelahi dan pembunuhan diam-diam (assassination). Di sini Anda juga dapat mengendarai mobil, serupa seperti GTA. Ini merupakan game yang wajib Anda coba. Khususnya jika Anda pernah mencoba GTA.
4. The Last of Us - PS3 [14 Juni 2013]
Game action adventure dengan tema survival horror. Walaupun dikembangkan oleh developer seri game Uncharted, Naughty Dog, jangan membayangkan sebuah game dnegan nuansa serupa. The Las of Us menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda dengan tema dunia yang berada di ambang kiamatnya. Hanya dalam waktu 3 minggu rilisnya, game ini telah dibeli hingga 3.4 juta unit, masuk sebagai game dengan penjualan tercepat dalam waktu 3 mingu.
Dipenuhi dengan monster menyeramkan di jalan (manusia sebenarnya) dan zombie-zombie. Setiap tindakannya terasa benar-benar nyata dan berkesan, baik dari menembak hingga melempar bata ke kepala Clicker. Karakternya-pun sangat mendalam, yaitu duo antara Joel dan Ellie. The Last of Us benar-benar adalah salah satu game terbaik dengan gameplay berbasis pilihan, alur cerita memukau, suara pas dan lingkungannya sendiri. Banyak yang memberikan game ini score perfect.
3. Bioshock Infinite - PS3, Xbox 360, PC [26 Maret 2013]
Sebelum kemunculannya, ia diberi nama "Project Icarus" dan banyak orang telah menunggu-nunggu kemunculan dari game ini karena janji-janji tinggi yang dikemukan oleh developer-nya. Begitu kemunculannya, percaya atau tidak, janji-janji tinggi tersebut benar-benar dicapai oleh mereka. Dimulai dari memangkan penghargaan "Best of Show" (trailer game terbaik) pada E3 2011 hingga mencapai penjualan 3.7 juta hanya dalam waktu 2 bulan sejak kemunculannya.
Dengan setting yang mengagumkan, alur cerita yang benar-benar memukau dan mungkin akan diingat selama bertahun-tahun. Walaupun begitu, game ini juga memiliki banyak kontroversinya di forum-forum Internet. Tidak ada yang tahu apakah game ini benar-benar akan menjadi 'kartu terbaik' seri Bioshock, tetapi yang perlu kita ketahui adalah game ini akan dicantumkan sebagai salah satu game terbaik pada generasinya.
2. Assassin's Creed 4: Black Flag - PS4, Xbox One, Xbox 360, PS3, Wii U, PC [29 Oktober 2013]
Jika Anda sudah memainkan Assassin's Creed 3 (ACIII) maka Anda akan menyadari bahwa finale (ending)-nya tidak terlalu memuaskan, dengan kemunculan ACIV maka para gamer akan mengharapkan developer Ubisoft untuk memperbaiki isu tersebut dengan menjadikan ACIV sebagai follow-up dari ACIII. Assassin's Creed sendiri adalah salah satu seri video game yang memiliki storyline (alur cerita) dalam dunia video game.
ACIV atau Assassin's Creed 4 sendiri dikatakan akan mengarahkan seri ini ke arah yang baru. Dengan memberikan nuansa karakter yang berbeda dengan tema Perompak atau Bajak Laut. ACIV adalah sebuah permulaan baru karena juga dikatakan akan dirilis untuk konsol generasi terbaru yaitu Xbox One dan PSIV.
1. Grand Theft Auto 5 (GTA 5) - PS3, XBOX 360 [17 September 2013]
GTA 4 saja sudah mencantumkan namanya di dunia video game sebagai salah satu game terbaik di tahun 2008 dan tahun-tahun sesudahnya, apalagi GTA V. Grand Theft Auto atau lebih dikenal dengan GTA merupakan salah satu seri video game yang paling banyak penggemarnya dan paling ditunggu-tunggu.
GTA 5 menjanjikan banyak perubahan dibandingkan seri-seri sebelumnya. Bertempatkan di Los Santos (nama samaran Los Angeles). Dengan setting California selatan, GTA V disebut-sebut sebagai franchise terbesar dalam sejarah, bahkan ada yang mengatakan bahwa lebih besar dari seluruh perumahan yang ada di Red Dead Redemption, GTA 4 dan GTA: San Andreas digabungkan. Anda dapat melihat perubahan besar lainnya di trailer di atas, bahkan Anda dapat bermain stock (saham) di dalam game ini.
+ Final Fantasy XV - PS4, Xbox One [TBA]
Bagi Anda yang menyenangi game RPG, tentu mengenal nama seri game Final Fantasy. Pada awalnya pengembangannya, Final Fantasy 15 (FFXV) ini dikenal dengan nama Final Fantasy Versus XIII, hingga pada Juni 2013 diketahui namanya diubah menjadi FFXV karena pengembangannya yang memakan waktu sangat lama dan beralih dari PS3 ke PS4 dan Xbox One.
Konsep dari Gameplay Final Fantasy 15 ini benar-benar berbeda dari konsep sebelumnya, kali ini bertemakan action RPG serupa dengan Kingdom Hearts (Lihat daftar berikutnya). Kali ini, Square Enix menawarkan pendekatan yang benar-benar beas, dimulai dari interaksinya seperti objek dapat dihancurkan dan untuk mencapai suatu tempat banyak alternatif. Sistem pagi-malam dan masih banyak lainnya.
Alasan mengapa FFXV masuk ke daftar bonus adalah karena banyak gamer yang tidak setuju bahwa FF dapat dikatakan salah satu game terbaik, hal ini dikarenakan banyaknya seri game yang telah dirilis di bawah naungan nama Final Fantasy. Dan alasan mengapa seri game ini masih terus ada adalah karena namanya saja. Walaupun begitu, tentu dari banyaknya seri Final Fantasy, tidak semua seri game ini cocok untuk setiap pemainnya. Mungkin bagi Anda yang menyukai game RPG tapi tidak menyukai FF dapat mencoba satu-satu seri game ini.

Post a Comment

 
Top