Mungkin ini terdengar cukup muluk dan sangat jelas pembahasannya, tapi apakah Anda bahagia? Itu merupakan pertanyaan sederhana dengan banyak variabel (hal-hal) yang terkait dengannya. Terkadang setiap orang membutuhkan suatu pengingat sederhana untuk membuat kehidupan dan perasaannya lebih senang. Berikut 10 Tips agar hidup terasa lebih menyenangkan dan mungkin selalu membahagiakan.
1. MULAILAH DARI YANG SEDERHANA
Tidur nenyak
Banyak orang jika ditanya mengenai apa hal yang membuat dirinya bahagia, maka ia akan menjawab panjang lebar mengenai berbagai kebutuhannya seperti hidup sehat, uang dan sebagainya. Tetapi sebelum masuk ke dalam hal-hal seperti itu, mulailah dari yang paling dasar. Seperti tidur cukup, makan cukup, minum cukup dan seterusnya. Pada kenyataannya, makanan dan tidur adalah kedua hal yang paling berpengaruh ke kebahagiaan manusia.
2. KELUARLAH DAN NIKMATI KEHIDUPAN
keluar dan nikmati lingkungan
Semakin majunya teknologi sekarang ini, kita semakin melupakan mengenai pentingnya kehidupan sosial dan kebutuhan akan penyegaran. Beberapa dari Anda mungkin akan merasakan bahwa kehidupan Anda sangat monoton, seperti bangun tidur, makan, kerja, hiburan sedikit dan tidur kembali. Mungkin hiburan bagi Anda adalah teknologi seperti smartphone, televisi dan sejenisnya.
Jika Anda merasa seperti itu, mungkin karena Anda terlalu terkurung dengan kehidupan Anda. Cobalah untuk keluar dan mendapatkan penyegaran yang berbeda, seperti menghirup udara segar, menikmati pemandangan, pergi jalan-jalan. Hal-hal seperti ini cukup Anda lakukan selama 10 menit dan Anda akan merasakan efeknya.
3. MANDI AIR DINGIN
air dingin
Kebanyakan orang akan lebih menyukai mandi air hangat dibandingkan air dingin. Tapi tahukah Anda kalau mandi air dingin dapat benar-benar membangunkan diri Anda dan memberikan berbagai keuntungan lainnya? Berbagai keuntungan itu adalah sirkulasi yang lebih baik, mengurangi stres, menjaga kulit dan rambut, menjaga kesuburan dan menjaga kesehatan. Hal ini lebih ditekankan lagi jika Anda bangun pagi, karena jika Anda mandi air hangat di pagi hari, Anda tidak akan benar-benar 'bangun' dan menjalani kehidupan Anda.
4. JANGAN MULAI PAGI ANDA DENGAN BERITA NEGATIF
berita baik
Jika Anda adalah orang yang senang membaca koran atau media lainnya di pagi hari, maka hindari membaca berita-berita yang negatif di pagi hari, mulailah aktivitas pada hari itu dengan membaca hal-hal yang memang positif, seperti olahraga atau hal lain yang memang Anda sukai. Untuk hal-hal berat dan negatif lainnya, baca saja di selang aktivitas Anda.
5. BERSENILAH
masak bersama keluarga
Walaupun Anda mempertimbangkan Anda bukan orang yang artistik baik dalam hal kreativitas maupun keahlian lainnya. Coblah memasak bersama pasangan Anda, menari, menyanyi di kamar mandi ataupun di mobil, mencatat jurnal, menggambar dan seterusnya. Ini akan membuat Anda benar-benar bahagia dan merasa bebas. Ekspresikan kreativitas Anda!
6. MEDITASI
tutup mata meditasi
Anda tidak perlu sampai meditasi seperti di film-film dimana orang melipat kakinya dan benar-benar berkonsentrasi terhadap meditasinya. Yang dimaksud meditasi di sini adalah Anda hanya perlu diam sebentar, tutup mata Anda, dan bebaskan pikiran Anda. Jika tiba-tiba Anda kepikiran suatu ide, maka imajinasikan itu.
Lalu bagaimana jika tidak ada apapun yang terpikirkan? Hal itu malah lebih baik, karena akan membantu Anda untuk benar-benar melepaskan berbagai perasaan negatif dalam diri Anda.
    7. BELILAH KEBAHAGIAAN, JIKA MUNGKIN
    beli kebahagiaan
    Dalam artikel mengenai apakah uang tidak dapat membeli kebahagiaan, kita sudah membahas ternyata uang memang dapat membeli kebahagiaan (jika digunakan dengan benar). Artikel tersebut juga menjelaskan bahwa kita akan merasa lebih bahagia jika kita menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan orang lain atau untuk kehidupan sosial, bukan hanya kebutuhan materi. Memang, dengan memenuhi kebutuhan materi, Anda akan merasa bahagia, tapi hanya untuk sementara.
    8. OLAHRAGA
    olahraga senang
    Berolahraga ringan begitu Anda selesai kerja terbukti membantu Anda menghilangkan rasa lelah yang ada, seperti mengajak peliharaan Anda untuk jalan-jalan atau berolahraga bersama teman. Hal ini akan membuat Anda lebih menghargai waktu bebas Anda dan merasa lebih puas dengan kehidupan Anda. Hal ini juga akan menjaga kesehatan diri Anda dan membuat tubuh Anda tetap 'muda'.
    9. BERHENTI MEMIKIRKAN HAL-HAL YANG TIDAK MENYENANGKAN BAGI ANDA
    pikirkan hal positif
    Memikirkan suatu subjek secara terus menerus pada akhirnya malah akan membuat diri Anda mengambil keputusan yang buruk dan frustasi berlebih. Oleh karena itu, jika hal tersebut memang tidak menyenangkan bagi Anda, maka lupakanlah. 
    Terkadang, Anda akan merasa bahwa suatu hal sulit dilupakan dan selalu terpikirkan oleh Anda. Oleh karena itu, untuk melupakannya, Anda dapat mengisi pikiran Anda dengan pikiran lain dan secara paksa mengusir pikiran negatif tersebut. Hal ini akan membuat diri Anda lebih relaks.
    10. JANGAN KEJAR KEBAHAGIAAN
    stop kejar kebahagiaan
    Kita sedang membicarakan bagaimana menjaga diri agar tetap bahagia tapi malah dikatakan jangan kejar kebahagiaan? Ya, penelitian menunjukkan orang yang terlalu mengejar kebahagiaan malah akan merasakan kebalikannya dan tidak secara nyata merasakan kebahagiaan itu sendiri. Daripada itu, lakukanlah apa yang insting atau perasaan Anda katakan.
    Jika insting Anda mengatakan Anda ingin makan suatu makanan, maka makanlah. Jika perasaan Anda mengatakan bahwa Anda harus keluar dan jalan-jalan, maka lakukan itu. Lakukan apapun yang benar-benar Anda rasakan tanpa terikat oleh hal-hal lainnya. Hiduplah secara bebas, tapi ketahui juga tanggung jawab Anda, jangan jadikan kebebasan Anda merugikan sekitar Anda dan malah membuat Anda tidak bahagia.
    + LIHATLAH GAMBAR ORANG YANG BAHAGIA ATAU GAMBAR LANNYA
    gambar orang senang
    Beberapa orang merasakan bahwa melihat banyak gambar orang yang sedang tersenyum dan bahagia juga secara tidak langsung dapat memberikan dirinya rasa senang tersendiri. Beberapa lainnya merasa bahwa mereka akan lebih bahagia jika mereka melihat gambar yang menurut mereka lucu seperti gambar hewan kecil lucu, kucing dan sebagainya.Anda dapat memulai aktivitas harian Anda dengan hal ini, ini akan membuat Anda memulai hari Anda dengan mood yang lebih menyenangkan

    Post a Comment

     
    Top