Skip to main content

10 Roller Coaster Tercepat Paling Menantang

Bagi para penikmat adrenalin ketinggian dan kecepatan, roller coaster adalah favorit dan keharusan apabila berkunjung ke taman hiburan. Para penggila roller coaster bahkan berani berpergian ke berbagai belahan dunia untuk menantang si raksasa atau naga besi ini. Tapi roller coaster manakah yang sebenarnya paling cepat di dunia? Berikut 10 roller coaster tercepat di dunia.
Untuk perbandingan, jika Anda mengendarai kendaraan dengan kecepatan 60 km/jam maka itu setara dengan sekitar 37 mil/jam (1 km = 0.62 mil). Untuk membayangkan kecepatan yang melebihinya Anda dapat melipatgandakan kecepatan Anda mengendarai kendaraan tersebut.
10. Titan - 137 km/jam (Six Flags, Texas, Arington, US)
Sebenarnya peringkat nomor 10 ini dipegang oleh 3 roller coaster, yaitu Titan, Goliath, dan Phantom's Revenge. Alasan mengapa Titan masuk ke dalam daftar ini sedangkan pemegang nomor 10 lainnya tidak adalah dilihat tidak dari kecepatannya saja tetapi juga dari tinggi dan panjangnya roller coaster yang dimana Titan lebih unggul dibandingkan yag lainnya.
Six Flags, Texas, Arington adalah rumah dari roller coaster tercepat ke-10 ini, dengan tinggi yang melebihi pesaingnya, putaran dan turunannya yang lebih banyak. Kecepatan optimal dari Titan sendiri adalah 85 mil/jam dapat dibayangkan seperti 137 km/jam dan Anda akan 'menikmati' roller coaster selama 3 setengah menit.
9. Intimidator 305 - 140 km/jam (Kings Dominion, Doswell, Virginia, US)
Seperti namanya, pada awal dibuat Intimidator 305 dibuat dengan tujuan membuat para pengunjungnya merasa terselimuti oleh kecepatan yang ditawarkannya yakni sampai 151 km/jam. Tapi sayangnya tidak lama setelah pembukannya, Kings Dominion melakukan modifikasi terhadap roller coaster ini dan membuatnya jadi jauh lebih lambat.
Hingga pada tahun 2011, Kings Dominion ingin membuat roller coaster ini masuk ke dalam daftar roller coaster tercepat dunia kembali dengan melepas perubahan yang telah dilakukan sebelumnya namun kecepatannya sekarang hanya sampai 140 km/jam saja. Walaupun begitu, roller coaster ini tetap merupakan salah satu roller coaster terunik yang titik tertingginya hanya ditopang oleh dua penopang saja.
8. Leviathan - 148 km/jam (Canada's Wonderland, Vaughan, Ontario, Canada)
Merupakan roller coaster tercepat yang pernah ada di Canada, terletak di taman hiburan Canada's Wonderland. Selain memegang rekor tercepat dunia nomor 8, Leviathan juga memegang rekor lainnya seperti tertinggi ke-7 di dunia dan ia masih dapat dikatakan roller coaster yang baru dimana terbuka untuk umum di Mei 2012. Melalui roller coaster inilah Anda dapat meraskana salah satu hiburan yang paling cepat namun juga sangat tinggi.
7. Millennium Force - 150 km/jam (Cedar Point, Sandusky, Ohio, US)
Diluncurkan pada tahun millennium 2000 yang juga menjadi menggambarkan kecepatan tahun millenium tersebut. Roller coaster ini menawarkan berbagai 'fitur' yang dapat dinikmati para fans roller coaster, dimulai dari kecepatan 150 km/jam, roller coaster terpanjang ke-4 di dunia, tertinggi ke-6 di dunia dan dengan derajat turunan 80 derajat yang akan membawa para pengunjungnya dalam sebuah terowongan gelap dan hiburan yang berjalan selama 2 setengah menit.
Sejak tahun 2001, Millennium Force telah disebut secara terus menerus sebagai roller coaster besi nomor satu sebanyak 7 kali yang kemudian dikalahkan oleh teknologi roller coaster baru lainnya. Walaupun begitu ia tetap merupakan salah satu roller coaster dengan banyak kelebihan, tertinggi dan tercepat di dunia.
6. Steel Dragon 2000 - 153 km/jam (Nagashima Spa Land, Mie Prefecture, Jepang)
Si naga besi yang dapat ditemukan di Jepang pada taman hiburan Nagashima Spa Land ini memang tidak menyemburkan api akan tetapi kemampuannya untuk mencapai kecepatan 153 km/jam tetap dapat membuat orang-orang gemetar, baik karena ingin mencobanya atau ketakutan.
Uniknya, sama seperti Millennium Force, ia juga dibuka pada tahun 2000 dan merupakan terobosan roller coaster untuk tahun millennium tersebut. Ia diluncurkan 1 bulan sesudah Millennium dibuka untuk umum, begitu awal peluncurannya ia langsung melewati Millenium Force dan hingga sekarang masih merupakan roller coaster besi terpanjang nomor 1 di dunia.
5. Tower of Terror II - 167 km/jam (Dreamworld, Gold Coast, Queensland, Australia)
Tidak seperti roller coaster sebelumnya, Tower of Terror II ini menawarkan track lurus yang membuat Anda terhenti sesat sebelum kemudian turun dengan derajat kemiringan dapat mencapai 90 derajat dengan kecepatan optimal 167 km/jam yang akan Anda nikmati bolak balik.
Bersamaan dengan kembarannya, Superman: Escape from Krypton, ia merupakan roller coaster tercepat di dunia nomor 5, dan merupakan roller coaster tertinggi ke-4 di dunia, serta terpanjang ke-3 di dunia.
5. Superman: Escape from Krypton - 167 km/jam (Six Flags Magi Mountain, Valencia, California, US)
Sama seperti roller coaster sebelumnya, yakni Tower of Terror II, Superman: Escape from Krypton atau singkatnya Superman ini adalah roller coaster yang menawarkan pendekatan lain dibandingkan perputaran, lengkungan, dan belokan yang ditawarkan oleh roller coaster lainnya, yaitu dengan hanya track lurus. Ia bersama dengan Tower of Terror memegang peringkat ke-5 dalam hal roller coaster tercepat dunia.
Walaupun begitu Anda tidak boleh meremehkan roller coaster ini, karena roller coaster ini menawarkan track lurus yang membuat Anda mencapai kecepatan 167 km/jam lalu berhenti sesaat sebelum kemudian turun kembali dengan kecepatan yang serupa. Ia bersamaan denga Tower of Terror II memegang peringkat yang sama baik dalam gelar kecepatan dan panjang roller coaster. Hanya saja ia lebih tinggi dibandingkan Tower of Terror dimana Superman: Escape From Krypton berada di peringkat ke-3 di dunia dalam hal roller coaster besi tertinggi di dunia.
4. Dodonpa - 172 km/jam (Fuji-Q Highland, Fujiyoshida, Yamanashi, Jepang)
Nama dari roller coaster ini didapatkan dari musik yang dimainkan pada saat para pengunjung menaiki roller coaster ini. Tidak ada yang tahu secara jelas apa tujuan dari musik ini, apakah untuk membuat lebih bersemangat atau untuk menengakan para pengunjungnya, karena roller coaster ini sendiri dapat mencapai batas kecepatan hingga 172 km/jam.
Begitu ia diluncurkan pada akhir tahun 2001, ia langsung memegang dua rekor dan membuat nama roller coaster ini terkenal di dunia yaitu dalam hal kecepatan dan akselerasi. Sayangnya sekarang ini hanya memegang rekor akselerasi tercepat dunia saja dengan kecepatan 182 km/jam yang dapat dicapai dalam waktu 1,8 detik.
3. Top Thrill Dragster - 190 km/jam (Cedar Point, Sandusky, Ohio, US)
Merupakan roller coaster pertama yang dapat menyentuh ketinggian hingga 130 meter, hingga akhirnya disingkirkan menjadi roller coaster tertinggi ke-2 dunia oleh Kingda Ka pada tahun 2005. Kecepatan 190 km/jam ini dapat dicapai hanya dalam waktu 4 detik dan begitu tercapai Anda akan merasakan naikan hingga 90 derajat yang diikuti perputaran dengan derajat serupa.
Selalu di belakang Kingda Ka, Top Thrill Dragster memegang banyak peringkat roller coaster seperti roller coaster ketinggian ke-2 dan turunan terlama ke-2 setelah Kingda Ka. Moto dari roller coaster ini adalah "lomba menunju langit."
2. Kingda Ka - 206 km/jam (Six Flags Great Adventure, Jackson, New Jersey, US)
Selain dalam hal kecepatan, Kingda Ka merupakan raja ketinggian roller coaster dan setara dengan ketinggian yang dapat dicapainya, ia juga memegang roller coaster dengan turunan terlama ke-1 di dunia dan kecepatan 206 km/jam ini dapat dicapai hanya dalam waktu 3,5 detik. Jika Anda ingin mengendarai roller coaster ini cek terlebih dahulu kondisi cuaca, karena kecepatan optimal yang dapat dicapai hingga 206 km/jam maka apabila ada gerimis sedikit saja maka roller coaster ini tidak akan beroperasi.
1. Formula Rossa - 240 km/jam (Ferrari World, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab)
Serupa denga namanya, dikenal juga sebagai Roller Coaster F1. Jadi jika Anda ingin merasakan bagaimana rasanya mengendarai mobil Formula One yang dapat kecepatan rata-ratanya dapat mencapai hingga sekitar 250 km/jam maka naik roller coaster ini adalah alternatif yang benar-benar tepat.
Merupakan raja kecepatan roller coaster dunia yang dapat mencapai hingga 240 km/jam. Karena inilah, maka para pengunjung Formula Rossa diharuskan mengenakan kacamata dan helm pelindung untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan benda sekecil apapun seperti serangga dan sejenisnya. Roller coaster inilah yang sangat tepat bagi para pecinta adrenalin dan kecepatan.
+ Ring oRacer - 170 km/jam (Nurburgring, Nurburg, German)
ring racer roller coaster
Harusnya telah diluncurkan dan dibuka untuk umum pada tahun 2009 dengan tema formula one dan memegang rekor tercepat roller coaster tercepat di dunia dengan kecepatan yang dijanjikan sampai 135 mil per jam yang setara dnegan 217 km/jam. Namun dalam pengujiannya ternyata ia tidak pernah berhasil memecahkan rekor kecepatan yang dijanjikannya dan ditunda peluncurannya.
Rencananya ia akan diluncurkan dan dibuka untuk umum pada tahun 2013 ini hanya saja dengan kecepatan yang berbeda jauh dari yang dijanjikan yaitu menjadi 170 km/jam. Memang akan membuatnya menjadi salah satu roller coaster tercepat, hanya saja bukan yang tercepat di dunia.


Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html