Google si Raksasa Mesin Pencari, mungkin itulah yang terlintas di benak kita begitu mendengar nama itu. Tetapi sekarang ini Google telah menjadi pesaing dari berbagai Raksasa teknologi seperti PayPal, Skype, sampai Facebook. Berikut berbagai perusahaan teknologi ternama yang telah dicoba disingkirkan oleh Google.
Di akhir artikel juga diberikan bonus video mengenai impian Google terkait dengan teknologinya Google Glass.
1. YAHOO!, BING DAN MESIN PENCARI LAINNYA - GOOGLE
Tentu saja jika kita membicarakan mengenai berbagai produk dan teknologi yang telah dicoba disingkirkan oleh google maka mesin pencari pasti ada di antaranya, karena justru itulah yang membuat nama Google terkenal.
pencarian oleh google
Sebelum adanya Google, ada berbagai mesin pencari atau search engine seperti Yahoo! dan Windows Live Search (MSN), dan Yahoo! merupakan salah satu yang terbaik. Tetapi begitu Google muncul maka berbagai mesin pencari ini telah kehilangan fungsionalitasnya, khususnya di tahun 2000 dimana Google menyatakan dirinya sebagai mesin pencari terbesar dalam hal halaman yang di-indeks.
Sejak saat itu Google telah menjadi mesin pencari terbesar sampai sekarang ini, bahkan Yahoo!-pun sudah tidak mefokuskan dirinya ke mesin pencarian dan MSN berganti nama menjadi Bing, dimana kebanyakan digunakan di Cina.
2. SKYPE, GROUPME DAN MESSENGER LAINNYA - HANGOUTS
Mungkin Anda sudah pernah mendengar nama Google Talk, yakni sebuah layanan IM (Instant Messaging) yang memberikan fitur komunikasi teks dan suara. Jika kita hanya membicarakan Google Talk, maka hal ini belum dapat menyaingi messenger lainnya seperti Skype atau GroupMe. Tetapi begitu Google mengembangkan Google Talk menjadi Hangouts di Juni 2012, maka persaingan-pun dimulai.
Hangouts adalah aplikasi messenger yang memperbolehkan komunikasi melalui teks, foto, album, dan  khususnya video chat  antara 2 orang atau bahkan lebih (grup). Sekarag sudah ada di web, iOS, dan Android dengan berbagai fitur. VIdeo Chat yang disediakannya juga gratis dan fitur utama yang disediakannya adalah unified chat. Anda dapat melihatnya pada video di atas.
3. PAYPAL DAN MASTERCARD - GOOGLE WALLET
Dengan Google Wallet, Google memiliki ide bahwa pembayaran dapat dilakukan dimana saja, khususnya melalui mobile. Yang diperlukan hanyalah Anda mengisi semua fieldyang ditanyakan seperti alamat, credit card, kode zip dan sebagainya, lalu semua itu disimpan di akun Google Wallet Anda. Hal ini juga ditawarkan oleh PayPal dan MasterCard, hanya saja fitur khusus yang ditawarkannya adalah Anda dapat langsung melakukan pembayaran melalui mobile, bahkan email Anda.
Fitur terbaru yang ditawrakan Google adalah memperbolehkan Gmail untuk mengirimkan uang yang ada di Google Wallet seperti attachment biasa pada email. Ini adalah salah satu fitur unik yang tidak pernah ditawarkan PayPal ataupun MasterCard.
4. MOZILLA FIREFOX, INTERNET EXPLORER, DAN BROWSER LAINNYA - GOOGLE CHROME
Google Chrome Browser
Google Chrome adalah web browser berbasis WebKit yang dikembangkan oleh Google. Menurut StatCounter, pada Februari 2013 Google Chrome adalah browser paling banyak digunakan di dunia dengan 37%.
Salah satu fitur yang ditawarkan Google Chrome adalah ia mendukung sebuah format gambar (image) baru yang juga dikembangkan oleh Google, yakni WebP. WebP sendiri adalah ekstensi file gambar (image) yang dapat disandingkan dengan PNG dan JPEG, khususnya di web. Ukurannya-pun lebih kecil sampai 26% dengan kualitas yang sama dan juga mendukung animasi serta transparansi.
5. FACEBOOK DAN JARINGAN SOSIAL LAINNYA - GOOGLE PLUS
Google+ (Google Plus) merupakan jaringan sosial yang dioperasikan oleh Google dan merupakan jaringan sosial terbesar kedua di dunia setelah Facebook, mengalahkan Twitter di Januari 2013. Walaupun dengan keterlambatannya dalma dunia social networking, Google telah membuktikan bahwa Google+ adalah salah satu jaringan sosial terbaik di dunia.
Di akhir tahun 2012, diketahui bahwa pengguna Google+ adalah sekitar 500 juta orang, dan baru-baru ini sama halnya dengan Facebook yang merubah interfacenya, Google+ juga merubah penampilannya menjadi lebih menarik. Dengan tujuan menjadi social networking terbesar, Google+ terus diberikan fitur-fitur yang menarik dan dikatakan sudah memiliki lebih dari 40 fitur.
6. DROPBOX DAN CLOUD STORAGE LAINNYA - GOOGLE DRIVE
Dirilis pada 24 April 2012, Google Drive merupakan sebuah layanan penyimpanan cloud yang disediakan oleh Google. Google Drive menjadi salah satu cloud storage terbaik sejak Google menambahkan Google Docs ke dalam naungan Google Drive, hal ini memperbolehkan collaborative editing untuk dokumen, spreadsheet, presentation dan masih bnayak lainnya.
Di May 2013, Google mengintegrasikan Google+, Gmail dan Google Drive, hal ini memperbolehkan setiap orang untuk memiliki tempat penyimpanan sekitar 15GB di awal dan dapat ditingkatkan sampai 25GB atau bahkan 16TB (berbayar tentunya).
7. EVERNOTE - GOOGLE KEEP
Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah membaca artikel kami yang membahas mengenaiGoogle Keep. Google Keep adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Google dengan tujuan utuk web surfing dan note-taking, dirilis pada 20 Maret 2012. Anda dapat melihat artikel kami, yaitu "Google Keep: Simpan Apa yang ada Di Pikiran Anda".
8. YAHOO! MAIL, HOTMAIL DAN EMAIL LAINNYA - GMAIL
gmail google
Ya, Anda pasti sudah tahu jika kita membicarakan mengenail email yang disediakan oleh Google, yaitu Gmail. Tidak seperti layanan email lainnya, Gmail menawarkan layanan email yang bebas dari iklan dan dapat disinkronisasi dengan aplikasi email lainnya tanpa berbayar, tidak seperti Yahoo! Mail (Ymail).
Pada Juni 2012, Gmail merupakan email provider berbasis web yang paling banyak digunakan dengan penggunanya lebih dari 425 Juta orang dari berbagai belahan dunia. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan Gmail adalah attachmentnya dapat memuat hingga 25 MB dan tempat penyimpannya sendiri telah ditingkatkan sampai dengan 15GB bersamaan dengan integrasi Google Drive dan Google+ ke dalamnya.
9. SIRI - GOOGLE CONVERSATIONAL SEARCH
Jika Anda pernah melihat demonstrasi Google Glass maka Anda akan menyadari bahwa sebenarnya fitur-fitur yang disediakan menyerupai Siri yang diciptakan Apple, yakni sebuah software asisten pribadi yang dapat membantu Anda dalam banyak hal seperti mengirimkan pesan, melakukan pencarian dan sebagainya. Tetapi salah satu masalah utama Siri adalah pencariannya yang buruk, hal ini-lah yang menjadi kelebihan Google sebagai raksasa mesin pencari.
Dengan adanya Google Glass, maka berbagai hal dimulai dari merekam video, mengambil foto, mencari arti kata hingga melakukan pencarian semuanya dapat dilakukan hanya dengan berbasis suara atau dengan bantuan pergerakan jari.
10. FLICKR - GOOGLE+
Flickr adalah sebuah situs web untuk hosting gambar dan video dan telah menjadi komunitas online tersendiri. Seperti yang telah dibicarakan tadi, Google telah meningkatkan penyimpanannya dari 5GB hingga 15 GB di Google+, Gmail dan Google Drive. Ini dapat diibaratkan Anda memiliki tempat penyimpanan besar yang gratis dan ini adalah salah satu upaya yang telah menjadi kerja keras Flickr dalam menyediakan sarana hostingnya. Sejak Google menyediakan Google+ dan meningkatkan penyimpanannya maka itu menandakan bahwa Google siap bersaing dengan Flickr. Tapi mungkin Flickr menyadari hal ini dan baru-baru ini menyatakan bahwa Flickr telah mengembangkan penyimpanannya hingga 1 TB per user.
+ BONUS
Berikut kami berikan video sekilas mengenai 'Project Glass' yang dapat diibaratkan merupakan gabungan dari seluruh fitur yang disediakan Google dan merupakan impian Google dalam menciptakan Google Glass-nya.


Post a Comment

 
Top