Skip to main content

10 Universitas Terbaik Indonesia Tahun 2013

Pada tahun 2013 ini, Webometric kembali merilis daftar peringkat universitas-universitas terbaik dunia, termasuk untuk di Indonesia. Webometrics sendiri adalah lembaga yang memiliki afiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol yang mengumpulkan daftar seluruh perguruan tinggi di dunia. Berikut 10 univesitas terbaik di Indonesia tahun 2013, baik swasta maupun negeri.


10. Universitas Diponegoro (UNDIP) - Peringkat Dunia: 1455
Logo UNDIP: Universitas Diponegoro
Universitas yang lebih dikenal dengan singkatan UNDIP ini merupakan Perguruan Tinggi yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dan didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta hingga pada tahun 1961 mendapatkan status sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Memiliki berbagai fakultas seperti Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Politik, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Kelautan, dan Psikologi.
UNDIP tidak mengalami perubahan dengan daftar tahun 2012, ia masih menduduki peringkat ke-10 untuk Universitas Terbaik Indonesia. Namun mengalami penurunan dalam hal peringkat dunia dari yang sebelumnya menduduki peringkat ke-949 turun menjadi peringkat ke-1455.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: undip.ac.id
9. Universitas Airlangga (UNAIR) - Peringkat Dunia: 1404
Logo UNAIR: Universitas Airlangga
Universitas Airlangga, dikenal juga sebagai UA atau UNAIR, merupakan perguruan tinggi negeri yang berletakkan di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Berdiri pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Universitas ini memiliki tujuan untuk menjadi universitas mandiri, inovatif dan terkemuka dalam berbagai bidang pengetahuan, teknologi, kemanusiaan dan seni sesuai dengan moral agama.
Jika dibandingkan dengan daftar pada tahun 2012, pada tahun 2013 ini ada 3 Universitas 'baru' yang berhasil masuk ke dalam daftar Universitas Terbaik Indonesia. UNAIR atau UA adalah salah satu dari 3 Universitas itu dengan peringkat udnia 1404.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: unair.ac.id
8. Universitas Kristen Petra (UK Petra) - Peringkat Dunia: 1360
Logo UK Petra: Universitas Kristen Petra
Berdiri sjeak tahun 1961, UK Petra atau Universitas Kristen Petra telah memiliki mahasiswa sekitar 10 ribu orang dari berbagai daerah di Indonesia. Universitas ini memiliki berbagai Fakultas seperti Sastra, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, Ekonomi, Seni dan Desain, dan Ilmu Komunikasi. Terletak di Siwalankerto, Surabaya. UK Petra merupakan salah satu dari 2 Universitas Swasta yang masuk ke dalam daftar ini, satunya lagi adalah Universitas Gunadarma.
Pada daftar 2013 ini, UK Petra merupakan salah satu Universitas 'baru' yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 Universitas Terbaik Indonesia dengan peringkat dunia 1360, mengalahkan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang sebelumnya pada tahun 2012 menduduki peringkat ke-9 dan Universitas Diponegoro (UNDIP) yang menduduki peringkat ke-10.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: petra.ac.id
7. Institut Pertanian Bogor (IPB) - Peringkat Dunia: 1290
Logo IPB: Institut Pertanian Bogor
Sesuai namanya, perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi pertanian negeri yang terletak di Bogor. Pada awalnya merupakan bagian dari Universitas Indonesia (UI) dan akhirnya melepaskan diri pada tahun 1963. Pada Februari 2013 ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memutuskan bahwa PIB mendapatkan status akreditasi peringkat A dengan nilai 375.
Dalam peringkat Universitas Terbaik Indonesia, IPB tidak mengalami perubahan dengan tahun sebelumnya, ia masih berada dalam nomor 7 Universitas Terbaik Indonesia, tetapi mengalami penurunan yang cukup jauh dalam perihal peringkat dunia dari yang sebelumnya 765 turun menjadi 1290.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: ipb.ac.id
6. Universitas Brawijaya (UB) - Peringkat Dunia: 1254
Logo UB: Universitas Brawijaya
UB, UNBRA, UNIBRAW atau Universitas Brawijaya merupakan universitas negeri yang didirikan pada tahun 1963 dengan berbagai program pendidikan seperti Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Kampus UB berada di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia.
Dibandingkan tahun sebelumnya, UB mengalami peningkatan dari Universitas Terbaik Indonesia nomor 8 menjadi nomor 6. Sayangnya pada tahun ini banyak universitas papan atas yang mengalami penurunan dalam peringkat dunia, UB sendiri dari yang sebelumnya memiliki peringkat dunia 839 turun menjadi 1254 untuk perihal peringkat dunia.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: ub.ac.id
5. Universitas Gunadarma (UG) - Peringkat Dunia: 1165
Logo UG: Universitas Gunadarma
Gundar, UG atau Universitas Gunadarmana yang kampus utamanya terletak di Depok, Jawa Barat ini merupakan perguruan tinggi swasta Indonesia yang mempelopori peguruan tinggi lainya dengan membuka program Doktor Ilmu Ekonomi pada tahun 2011.
Universitas ini kembali merajai Universitas Terbaik Indonesia untuk kategori Universitas Swasta. Universitas lainnya yang berada di atas peringkat UG ini merupakan universitas negeri.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: gunadarma.ac.id
4. Universitas Padjadjaran (UNPAD) - Peringkat Dunia: 1084
Logo UNPAD: Universitas Padjadjaran
UNPAD atau lengkapnya Universitas Padjadjaran merupakan perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, yang memiliki dua kampus utama di Dipati Ukur dan Sumedang. Tapi selain dua kampus utama ini, UNPAD sendiri memiliki kampus-kampus lain yang tersebar di Kota Bandung bertotalkan lebih dari 12 unit. Didirikan pada tahun 1957 oleh Presiden RI Soekarno.
UNPAD mengalami perkembangan yang cukup baik karena pada daftar sebelumnya di tahun 2012, UNPAD tidak masuk ke dalam 10 Universitas Terbaik Indonesia.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: unpad.ac.id
3. Universitas Indonesia (UI) - Peringkat Dunia: 653
Logo UI: Universitas Indonesia
Universitas yang kampus-kampusnya terletak di Utara Depok, Jawa Barat dan Jakarta Pusat ini adalah salah satu lembaga pendidikan terdepan dan bergengsi di Indonesia. Hal itu sudah diketahui secara umum dimana ia bersama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan tiga (3) perguruan tinggi papan atas di Indonesia.
Bersamaan dengan dirilisnya daftar peringkat universitas dunia tahun 2013 ini, ketiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia tersebut juga mengalami penurunan dalam hal peringkat dunia. Dimana UI yang dari sebelumnya memiliki peringkat dunia 508 turun menjadi peringkat ke-653.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: ui.ac.id
2. Universitas Gajah Mada (UGM) - Peringkat Dunia: 640
Logo UGM: Universitas Gajah Mada
Merupakan Universitas negeri tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1949. Terletak di Yogyakarta dan sama halnya sebagai universitas negeri tertua, Universitas ini juga merupakan Universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah RI (Republik Indonesia) setelah Indonesia Merdeka.
Dibandingkan dengan peringkat universitas Webometrics pada tahun 2012, Universitas ini mengalami penurunan yang cukup jauh. Pada tahun 2012, UGM berdiri di peringkat satu untuk Universitas terbaik Indonesia dengan peringkat dunia 381, sedangkan sekarang menjadi peringkat kedua universitas terbaik Indonesia dengan peringkat dunia 640.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: ugm.ac.id
1. Institut Teknologi Bandung (ITB) - Peringkat Dunia: 600
Logo ITB: Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Bandung atau singkatnya lebih kita kenal dengan nama ITB merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Bandung. Resmi berdiri pada tahun 1959. ITB adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi ABET dari Amerika Serikat. Dengan fasilitas-fasilitas seperti perumahan dosen, laboratorium, bengkel, studio, galeri dan fasilitas olah raga, maka tidaklah mengherankan jika ITB masuk sebagai Universitas terbaik Indonesia tahun 2013.
Pada daftar sebelumnya mengenai "10 Universitas Terbaik Indonesia Tahun 2012," ITB mengalami peningkatan dari Universitas terbaik ke-3 menjadi universitas terbaik nomor satu. Sayangnya mengalami penurunan pada Peringkat Dunia dari yang sebelumnya 569, turun menjadi 600 pada tahun 2013 ini.
Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: itb.ac.id

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html