Skip to main content

10 Topik Pembahasan Yang Selalu Menimbulkan Konflik

Salah satu kelebihan dunia digital atau Internet adalah sifat keterbukaannya yang sering menghasilkan berbagai argumentasi dan perdebatan, baik dalam forum, berita, artikel ataupun diskusi. Tapi pada semua hal itu ada beberapa topik pembicaraan atau pembahasan yang dijamin selalu menimbulkan argumen dan perdebatan tiada akhir.
Saya sebagai pembuat daftar ini berusaha untuk serasional mungkin tidak berpihak kemanapun, hanya membicarakan mengenai topik apa saja yang sering memulai argumen.
10. Takdir dan Nasib
fate and destiny
Topik yang dibahas di sini adalah mengenai apakah takdir (destiny) dan nasib (fate) semua sudah ditentukan dan memang benar-benar ada. Pihak pro mengatakan bahwa kita dan semua yang ada di sekitar kita adalah hasil dari takdir dan nasib yang memang sudah ditentukan. Sebelum kemunculan kita di dunia ini, semua jalan telah ditentukan dan setiap pilihan kita sudah memiliki hasil sebagai takdir dari pilihan yang kita ambil.
Pihak kontra mengatakan bahwa takdir dan nasib itu hanyalh sebuah kata yang menggambarkan bagaimana keadaan sebagaih hasil pilihan kehidupan yang kita ambil. Tidak ada apapun di dunia ini yang telah ditentukan, kita sebagai manusia berkuasa atas kehidupan kita sendiri dan tidak ada apapun seperti takdir ataupun nasib.
9. Vegetarian dan Pemakan Daging
vegetarian and meat eater
Topik ini membicarakan mengenai apakah seharusnya manusia mengikuti pola makan vegetarian. Bagi orang yang pro dengan perdebatan atau argumen ini mengatakan bahwa tindakan membunuh hewan yang merupakan mahluk hidup adalah sebuah tindakan tidak bermoral dan seharusnya ditinggalkan, mereka juga mengatakan dengan menjadi vegetarian maka manusia tersebut akan lebih sehat daripada mereka yang memakan daging. Memakan daging bukanlah sebuah keharusan, manusia dapat bertahan hidup tanpa perlu memakan daging.
Sedangkan pihak kontra mengatakan bahwa jika hewan dianggap sebagai mahluk hidup yang dapat merasakan rasa sakit apakah tumbuhan tidak dapat merasakan hal itu? Padahal ada penelitian yang mengatakan bahwa tumbuhan juga dapat merasakan hal yang begitu ia dipetik, ditarik dari akarnya, dan seterusnya. Sedangkan jika terkait kesehatan, hal ini adalah relatif, pada daging ada vitamin-vitamin yang juga bermanfaat bagi kesehatan manusia seperti ikan misalnya yang mengandung omega 3 dan vitamin D.
8. Kemampuan Supranatural (Seperti Meramal)
foresee future
Kemampuan-kemampuan supranatural sangatlah banyak, beberapa di antaranya yang paling sering dibahas adalah kemampuan meramal, indra keenam, dan melihat hal-hal gaib. Topik-topik yang terkait dengan kemampuan supranatural sering sekali menimbulkan perdebatan, salah satu perdebatan terkait topik ini yang pernah dan paling terkenal adalah mengenai ramalan kiamat 2012.
Yang menjadi perdebatan sebenarnya bukanlah topik dari kemampuan tersebut, melainkan apakah kemampuan ini benar-benar ada. Pihak pro mengatakan hal ini benar-benar ada dengan memberikan bukti-bukti di Internet dan sebagainya, sedangkan pihak kontra mengatakan semua hal itu hanyalah rekayasa dan hal ini tidaklah nyata.
7. Keberadaan Alien
Alien
Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar perkataan "Apakah kita sendirian di alam semesta ini?" (Are we alone in this universe). Arti dari perkataan ini sebenarnya adalah mengenaiapakah keberadaan alien itu memang nyata dan ada planet lain seperti bumi di luar sana.
Pihak pro mengatakan bahwa tidak mungkin di seluruh alam semesta ini, hanya bumi yang memiliki kehidupan pasti ada bentuk lain menyerupai manusia di luar sana, bukti-bukti ini ditutupi oleh NASA dan agen-agen pemerintah untuk mencegah kepanikan. Sedangkan pihak kontra mengatakan bahwa argumen seperti ini adalah hal yang tidak logis, hanya imajinatif bahkan NASA sendiri juga mengatakan bahwa alien itu tidak nyata.
6. Persamaan Gender
gender equity
Sejak dulu hingga sekarang, topik ini merupakan topik 'sensitif' yang selalu menimbulkan perdebatan, yakni "apakah kesetaraan gender dapat dicapai?" atau "apakah pria lebih superior daripada wanita?". Pihak pro mengatakan kesetaraan gender memang harus dicapai dan diskriminasi gender haruslah dihilangkan, karena baik wanita ataupun pria mempunyai hak asasi manusia dan peluang yang sama dalam hidup maupun kerja (diskriminasi gender paling sering terjadi di dunia kerja).
Pihak kontra mengatakan bahwa yang mereka lakukan bukanlah diskriminasi gender melainkan menghargai orang tersebut sebagai wanita. Jika memang para wanita ingin kesetaraan gender maka mereka juga harus siap kehilangan kelebihan yang mereka miliki, dimana para pria menganggap wanita adalah pihak harus dilindungi dan semua pekerjaan keras juga harus siap dilakukan oleh para wanita.
Uniknya, di sisi lain juga ada 'teriakan' dari kaum pria yang menginginkan kesetaraan gender, jika seorang wanita diperkosa oleh pria maka itu adalah sebuah tindakan pelanggaran hukum yang sangat keras, tapi bagaimana jika pria diperkosa oleh wanita (sudah pernah terjadi)? Jika pria memukul wanita itu adalah tindakan penganiayaan, tapi bagaimana jika wanita menampar pria? Pihak Kontra menganggap itu adalah karena si pria terlalu lemah dan jika ia ditampar oleh wanita itu mungkin memang kesalahannya.
5. Awal Mula Manusia dan Akhir Kehidupan
life and death
Setiap manusia pasti melalui siklus kelahiran dan pada akhirnya kematian. Itu merupakan kedua hal yang pasti dilalui dan juga merupakan topik yang selalu 'panas'. Walaupun kedua hal ini mempunyai perdebatan dengan latar belakang agama, kedua hal ini dipisahkan dari topik agama karena adanya berbagai teori lain yang memperdebati mengenai kedua hal ini. (Lihat artikel "10 Teori Asal Mula Keberadaan Manusia").
Pada topik ini tidak ada pihak pro ataupun pihak kontra, ini adalah perdebatan antara kaum penganut agama dan kaum pemercaya pengetahuan. Para penganut agama mengatakan bahwa awal dan akhir kehidupan selalu kembali ke tangan-Nya. Sedangkan para pemercaya pengetahuan mengatakan bahwa kehidupan manusia dimulai sebagai proses ilmiah (seperti evolusi) dan berakhir ke kekosongan.
4. Keberadaan Setan atau Hantu
ghost
Kepercayaan mengenai alam kematian dan penghuninya (para hantu) telah ada sejak lama bahkan pada zaman nenek moyang kita. Tetapi semakin modern peradaban manusia, maka topik "apakah hantu benar-benar ada?" menjadi salah satu topik yang selalu menimbulkan perdebatan. Pihak pro mengatakan bahwa hantu memang benar-benar ada dengan memberikan berbagai bukti dari Internet mengenai keberadaan hantu dan penampakannya.
Sama halnya seperti topik mengenai keberadaan Alien, pihak kontra mengatakan bahwa semua bukti itu hanyalah rekayasa dan tidak ada bukti yang secara ilmiah mengatakan bahwa hantu itu memang benar-benar ada.
3. Keberadaan Tuhan
God
Sama seperti topik mengenai takdir dan nasib, keberadaan setan atau hantu, dan awal mula serta akhir kehidupan, topik ini menjadi perdebatan bagi kaum yang mempercayai agama dan bagi mereka yang tidak. Pihak pro mengatakan bahwa Tuhan itu memang ada, jika ada orang yang ingin mencari-Nya dan mempercayai-Nya maka ia dapat menemukan-Nya karena Tuhan itu ada dimana-mana.
Sedangkan pihak kontra mengatakan bahwa kata "Tuhan" hanyalah hasil dari pikiran dan imajinasi kita. Tidak ada bukti nyata terkait penciuman, sentuhan atau penglihatan mengenai keberadaan dari Tuhan, bagaimana mungkin kita mengatakan sihir di film-film yang kita lihat itu palsu sedangkan Tuhan yang tidak pernah kita lihat dikatakan nyata? Dari sinilah kaum kontra menyimpulkan bahwa Tuhan itu tidak ada.
2. Aborsi
arbotion
Jika kita membicarakan mengenai aborsi, khususnya mengenai "apakah aborsi diperbolehkan?" Akan ada dua pihak berbeda yang satu berpihak sebagai pro mengatakan bahwa aborsi itu seharusnya diperbolehkan. Karena di negara modern (dimana seks bebas sering terjadi), si orang tua mungkin belum siap untuk memiliki anak, baik karena mereka terlalu muda ataupun si pasangan memang belum memiliki kematangan untuk menjadi orang tua dalam hal keuangan atau kemakmuran, serta si janin sampai minggu ke-9 belum dapat dibilang sebagai manusia.
Yang berpihak ke kontra mengatakan bahwa itu adalah tindakan pembunuhan manusia sebagai mahluk hidup yang bernyawa, dan merupakan sebuah tindakan sadis, penganiayaan, serta pelanggaran hukum yang sangat keras. Menurut mereka, tidak ada lagi yang perlu diperdebatkan jika sedang membicarakan pembunuhan.
1. Agama
religion
Topik yang selalu 'panas' dan paling sensitif adalah mengenai agama. Jika kita sudah menyinggung hal-hal terkait agama, maka berbagai argumen akan selalu ada. Jika Anda melihat baik-baik daftar ini, Anda akan menyadari bahwa Takdir dan Nasib, awal mula dan akhir kehidupan, keberadaan Setan atau Hantu, dan keberadaan Tuhan semuanya terkait dengan agama, dan semua topik ini memiliki tingkat sensitifitasnya sendiri.
Khususnya di negara Indonesia ini yang terdiri dari berbagai ragam suku, agama, dan ras, agama adalah topik yang sangat sensitif untuk disentuh. Apalagi menyentuh topik agama Islam (mungkin karena itu adalah agama mayoritas di Indonesia sebanyak 87% pada tahun 2010), menyentuh topik tersebut seperti melempar granat ke sarang lebah.

Comments

Popular posts from this blog

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Masa

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Muslim sebagai nabi Allah (Rasul) yang terakhir. Menurut biografi tradisional Muslimnya (dalam bahasa Arab disebut sirah), ia lahir diperkirakan sekitar 20 April 570/ 571, di Mekkah (“Makkah”) dan wafat pada 8 Juni 632 di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hejaz (Arab Saudi saat ini). Orang-orang yang saya sebutkan ini adalah orang-orang yang memang sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan Dunia. Mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh dibidang: agama,teknologi,sains,ilmu pengetahuan lainnya. Berikut 10 orang-orang yang paling berpengaruh di dunia: 1. Nabi Muhammad SAW Michael H. Hart, dalam bukunya The 100, menetapkan Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal agama maupun hal duniawi. Dia memimpin bangsa yang awalnya terbelakang dan te

6 Fakta tentang Omar, Pria Yang diusir gara-gara Terlalu Ganeng

Omar @madiunkingdom.blogspot.com Omar Borkan Al Gala merupakan satu dari tiga pemuda asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE) yang beberapa waktu lalu, diusir dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng. Omar beserta dua pria muda lainnya yang tidak disebutkan namanya, datang ke Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di ibukota Riyadh belum lama ini. Namun seperti dilansir The Sun , tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat. Polisi syariah di kota itu atau Mutaween, beralasan bahwa pemuda-pemuda tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu kaum wanita setempat. Menurut Mutaween, dikhawatirkan para wanita setempat tidak akan mampu menahan diri dan tergoda dengan ketiga pria tampan tersebut. Dalam fanpage milik Omar di Facebook, memang banyak yang mengagumi ketampanan pemuda ini. Sebagian mengaku kesengsem dengan mata dan bibir seksi yang dimiliki pemuda ini. Berikut penampilan Omar dalam berbagai pose: 1. Berprofesi s

10 Artis Hollywood Paling Montok

Artis Hollywood selalu menjadi perhatian publik. Mulai dari kehidupan pribadinya sampai keindahan tubuhnya. Artis - artis Dibawah ini memang sudah tidak muda namun inilah 10 Artis Hollywood Paling Montok dari era 80an  sampai sekarang. 1. Lynda Carter (38-D) 2. Jennifer Connelly (34-D)   3. Christina Hendricks (38-DDD) 4. Laetitia Casta 5. Shannon Elizabeth (36-D) 6.  Jessica Simpson (34-D) 7. Carmen Electra (36-D) 8. Holly Madison (36-D) 9. Deborah Caprioglio (38-D) 1o.  Kat Dennings (34-D)             http://inulmontok.blogspot.com/2012/06/10-artis-hollywood-yang-memiliki.html